Home / Materi Umum / Contoh Surat / Contoh Surat Lamaran Kerja Berbahasa Indonesia
Contoh Surat Lamaran Kerja Berbahasa Indonesia

Contoh Surat Lamaran Kerja Berbahasa Indonesia

Barangkali, anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya surat lamaran kerja. Berdasarkan bahasanya, surat lamaran kerja memang dibuat dengan cukup beragam, mulai dari bahasa nasional sampai dengan bahasa Inggris. Tentunya, masing-masing bahasa memiliki peranannya sehingga bisa membantu pihak pelamar kerja untuk memperoleh pekerjaan yang diharapkan.

Membahas mengenai penggunaan bahasa nasional atau bahasa Indonesia di dalam membuat surat, Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba berbagi contoh surat lamaran kerja yang menggunakan bahasa Indonesia. Tentunya, penggunaan bahasa Indonesia di dalam surat lamaran kerja bukanlah hal yang asing. Sebab, bahasa Indonesia hampir pasti digunakan oleh setiap pelamar kerja di dalam menulis surat lamaran kerja, di samping ada yang menggunakan bahasa daerah.

Penggunaan bahasa Inggris di dalam membuat surat lamaran kerja hanya cocok diperuntukan bagi Anda yang hendak melamar kerja pada perusahaan asing, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal tersebut dikarenakan surat lamaran kerja yang anda buat nantinya akan dibaca oleh orang asing yang rata-rata hanya memahami bahasa Inggris.

Begitu pula sebaliknya, apabila anda hendak melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan nasional, maka wajib hukumnya untuk menggunakan bahasa Indonesia di dalam menulis surat lamaran kerja. Dengan demikian, pihak HRD akan lebih mudah menangkap maksud dari pembuatan surat lamaran kerja yang anda buat.

Contoh Surat Lamaran Kerja Menggunakan Bahasa Indonesia

Secara umum, format dan penggunaan kalimat pada surat lamaran kerja yang memakai Bahasa Indonesia ini hampir sama dengan contoh surat lamaran kerja yang sudah pernah penulis bahas. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Pada kesempatan kali ini penulis mencoba kembali untuk menguraikannya.

Baca Juga   Contoh Surat Lamaran Kerja Menggunakan Email

Surabaya, 11 Juli 2019

Kepada YTH.

Direktur PT Indra Jaya

Jalan Letkol Isdiman nomor 17

Surabaya

Dengan hormat,

Berdasarkan penayangan iklan pada surat kabar Surabaya Post pada tanggal 1 Juli 2019, menyatakan bahwa PT Indra Jaya sedang membuka lowongan pekerjaan.

Berdasarkan iklan tersebut, saya bermaksud untuk mengajukan diri supaya bisa bergabung dengan perusahaan PT Indra Jaya yang sekarang ini sedang bapak/ Ibu Pimpin. Posisi yang saya lamar adalah bagian gudang.

Adapun identitas lengkap saya adalah sebagai berikut:

Nama lengkap                        :     Aris Prasetyo

Tempat dan tanggal lahir    :     Jakarta, 16 juni 1990

Pendidikan terakhir              :     S1 jurusan pemasaran

Jenis kelamin                           :     laki-laki

Nomor telepon                       :     081 365 478 963

Alamat lengkap                       :     Jalan Gurame nomor 17, RT 5 RW 2 Blok danmogot, Jakarta

Kondisi kesehatan saya sangatlah baik, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani. Selain itu, saya bisa berbicara serta mendengarkan dan menulis bahasa Inggris dengan cukup fasih. Pengalaman kerja saya di bidang arsip gudang sekitar 5 tahun.

Supaya bapak/ ibu memiliki pertimbangan, berikut ini saya lampirkan beberapa dokumen diantaranya adalah:

  1. Salinan surat pengalaman kerja
  2. Salinan ijazah terakhir
  3. Salinan transkrip nilai terakhir
  4. Salinan SKCK
  5. CV atau curriculum vitae
  6. Salinan kartu keluarga atau KK
  7. Salinan kartu identitas atau KTP

Sangat besar harapan saya untuk bisa bergabung dengan perusahaan yang Bapak/ Ibu Pimpin. Disamping itu, apabila dibutuhkan saya selalu siap untuk mengikuti wawancara. Atas perhatian yang Bapak/ berikan, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Aris Prasetyo

Demikianlah Uraian singkat tentang contoh surat lamaran kerja yang menggunakan bahasa Indonesia. Contoh surat lamaran kerja di atas bisa anda terapkan untuk membuat berbagai macam surat lamaran pekerjaan pada berbagai tempat. Anda cukup melakukan beberapa modifikasi saja supaya penggunaan bahasa bisa lebih sopan dan menarik. Terima kasih dan selamat beraktivitas, Salam sukses untuk anda.

Baca Juga   Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank Sesuai dengan Petunjuk Pihak Bank

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Surat Lamaran Kerja Paling Umum Dan Sering Digunakan

Contoh Surat Lamaran Kerja Paling Umum Dan Sering Digunakan

Apakah anda merasa penasaran bentuk dari surat lamaran kerja yang paling umum dan sering digunakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *