Home / Materi Umum / Contoh Surat / Contoh Surat Lamaran Kerja Menggunakan Email
Contoh Surat Lamaran Kerja Menggunakan Email

Contoh Surat Lamaran Kerja Menggunakan Email

Dijaman yang serba modern sekarang ini, semakin bertambah media yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan. Dahulu, banyak pelamar kerja yang memanfaatkan surat via Pos untuk menyampaikan lamaran mereka ke suatu perusahaan. Namun sekarang ini, dengan bertambah pesatnya teknologi internet menjadikan email menjadi salah satu media untuk melamar pekerjaan.

Hanya dengan memanfaatkan email, anda sudah bisa mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan yang dituju. Teknik ini tentunya sangat efektif, sebab selain menghemat waktu juga menghemat biaya. Jika menggunakan kantor pos surat lamaran Anda sampai ke tempat tujuan mencapai 3 hari, dengan menggunakan email hanya memerlukan waktu beberapa detik saja.

Biaya yang dibutuhkan juga tergolong cukup murah, Dimana anda cukup membayar koneksi internet saja. Anda sudah tidak lagi membutuhkan media kertas untuk menulis surat lamaran kerja. Cukup menuliskan surat lamaran di Microsoft Word atau langsung di editor email, anda sudah bisa membuat surat lamaran kerja.

Lalu, Apakah ada perbedaan surat lamaran kerja menggunakan email dan surat lamaran kerja manual yang menggunakan kertas? Tentu, terdapat sedikit perbedaan surat lamaran kerja yang ditulis dan dikirim lewat email dan surat lamaran kerja manual menggunakan kertas. Agar anda bisa paham perbedaan kedua surat lamaran tersebut, Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba memberikan contohnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Menggunakan Email

Karena dikirim menggunakan email, maka terdapat beberapa komponen pada surat tersebut. Silakan anda perhatikan contoh dari surat lamaran kerja yang dikirim via email di bawah ini.

To: HRD@majumakmur.com

Cc: contact.majumakmur@majumakmur.com

Subjek: lamaran pekerjaan

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan pada website majumakmur.com, sekarang ini sedang membuka lowongan kerja di bidang marketing. Berdasarkan informasi tersebut, bersamaan dengan surat lamaran ini saya bermaksud mengajukan diri untuk dapat bekerja pada perusahaan yang Bapak/ Ibu Pimpin.

Baca Juga   Inilah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Banyak Dirahasiakan Pihak HRD

Adapun identitas saya adalah sebagai berikut:

Nama lengkap                        :     Siti Aminah

Alamat lengkap                       :     jalan mata Permai Blok D Nomor 5, jalan baru, kota Jakarta

Tempat dan tanggal lahir    :     Jakarta, 12 Desember 1996

Pendidikan terakhir              :     S1 jurusan marketing

Sebagai pertimbangan bapak/ Ibu, berikut ini saya lampirkan beberapa berkas, diantaranya adalah:

  1. Pas foto terbaru ukuran 4 * 6 sebanyak 4 lembar
  2. Salinan ijazah terakhir
  3. Salinan transkrip nilai
  4. Salinan kartu keluarga
  5. Salinan kartu identitas atau KTP
  6. CV atau curriculum vitae

Saya berharap untuk mendapatkan panggilan interview sehingga saya dapat menjelaskan sejumlah potensi yang ada didalam diri saya secara lengkap. Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian bapak/ Ibu saya ucapkan banyak terima kasih

Hormat saya,

Siti Aminah

Demikianlah contoh surat lamaran kerja yang bisa dikirim menggunakan email. Tentunya, memanfaatkan media internet, salah satunya email untuk mengirim surat lamaran pekerjaan ke sebuah perusahaan sangatlah efektif dan efisien dari sisi waktu dan biaya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda mencoba Teknik ini. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Surat Lamaran Kerja Paling Umum Dan Sering Digunakan

Contoh Surat Lamaran Kerja Paling Umum Dan Sering Digunakan

Apakah anda merasa penasaran bentuk dari surat lamaran kerja yang paling umum dan sering digunakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *