Home / Wawancara / Contoh Teks Wawancara Berita Terbaru Dan Terupdate

Contoh Teks Wawancara Berita Terbaru Dan Terupdate

Apakah anda sedang mencari teks wawancara berita terbaru? Teks wawancara berita adalah salah satu bentuk materi yang cukup banyak dicari untuk berbagai macam keperluan, salah satunya adalah pada bidang pendidikan. Namun sebelumnya perlu diketahui bersama bahwa wawancara merupakan sebuah Interaksi yang dilakukan antara narasumber dengan pewawancara yang memiliki tujuan guna mendapatkan data dan informasi tertentu.

Contoh Teks Wawancara Berita Terbaru

Artinya, wawancara tentu akan memiliki banyak pertanyaan dan juga jawaban baik yang dilakukan oleh pihak pewawancara sebagai bagian penanya serta pihak narasumber sebagai bagian penjawab. Dengan istilah lain, kegiatan wawancara adalah sebuah kegiatan yang memiliki tujuan untuk mencari informasi dari pihak narasumber lewat tanya jawab. Tentunya, kegiatan wawancara cukup berbeda dengan kegiatan konferensi pers, di mana teknik yang digunakan juga berlainan.

Wawancara rata-rata dikerjakan pada semua profesi serta berkaitan dengan berbagai macam topik pembahasan. Contohnya adalah wawancara mengenai kesehatan, wawancara mengenai pendidikan, dan wawancara mengenai bencana alam. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan contoh teks wawancara yang bertemakan bencana alam, khususnya adalah banjir.

Contoh teks dialog wawancara

Teks dialog wawancara yang pertama adalah wawancara bersama pemerintah Kabupaten. Silakan disimak.

Pewawancara: Selamat siang Bapak, saya Gunawan dari suara kabar mingguan, Bolehkah saya meminta waktunya guna melaksanakan wawancara?

Narasumber: Selamat siang Mas Gunawan, silahkan, dengan senang hati.

Pewawancara: Terima kasih atas waktunya Bapak, Bagaimanakah tanggapan dari bapak tentang banjir yang belakangan ini sering terjadi di wilayah kabupaten ini?

Narasumber: rasa prihatin tentunya kami sampaikan kepada semua warga. Padahal sebenarnya kami sudah melaksanakan berbagai macam upaya supaya banjir tidak lagi melanda wilayah ini

Baca Juga   Etika Wawancara Kerja

Pewawancara: teknik apa saja yang sudah pernah dilakukan pemerintah Kabupaten sebagai upaya guna mengatasi permasalahan banjir tersebut?

Narasumber: sudah cukup banyak yang dikerjakan Pemerintah Kabupaten. Kami telah menghimbau kepada seluruh warga guna tidak membuang sampah secara sembarangan, khususnya adalah yang ada di sekitar wilayah Sungai. Hal tersebut adalah salah satu dari penyebab inti terjadinya banjir musiman di kabupaten ini. Kami juga sudah berupaya untuk melakukan penggalian kembali sungai yang berada di sekitar wilayah kabupaten guna menghilangkan seluruh sampah yang menghambat aliran sungai. Akan tetapi, faktor utama yaitu karena Sungai masih dijadikan warga sebagai tempat membuang sampah.

Pewawancara: Baiklah, Selanjutnya apa saja langkah Bapak guna mengatasi permasalahan warga yang sering kali membuang sampah secara sembarangan di sungai?

Narasumber: Mungkin, kami nantinya akan memberikan sebuah langkah Tegas yang ditujukan kepada warga dengan adanya sanksi khusus apabila ketahuan membuang sampah secara sembarangan di sungai

Pewawancara: contohnya sanksi Seperti apa Bapak?

Narasumber: misalnya adalah dengan pemberian denda Rp50.000 setiap sampah apabila ketahuan dibuang di sungai secara sembarangan. Seluruh warga tentunya harus mampu untuk menjaga kondisi kebersihan lingkungan secara bersama karena pada akhirnya sehat juga akan bisa dinikmati secara bersama.

Nantinya, kami akan memberikan langkah tegas untuk keluarga yang tidak mau mematuhi segala macam aturan yang sudah dibuat. Disamping itu, Kami juga akan merancang sebuah program supaya masing-masing Desa bisa mengaktifkan kembali gotong royong guna membersihkan lingkungan. Apabila ada warga yang tidak mau, maka sanksi siap-siap akan mereka dapatkan.

Pewawancara:  Baiklah Bapak, semoga saja program-program yang sudah direncanakan bisa terealisasikan dan permasalahan banjir pada Kabupaten bisa secepatnya teratasi. Terima kasih banyak atas waktu yang diberikan Bapak, kami mohon diri.

Baca Juga   Contoh Daftar Pertanyaan Wawancara

Narasumber: Baiklah, terima kasih kembali

Berikutnya, di bawah ini juga akan saya tampilkan contoh naskah wawancara yang lain di mana Masih membahas permasalahan seputar banjir Dimana narasumbernya adalah salah satu korban banjir. Silakan disimak.

Pewawancara: Selamat siang Bapak, saya Gunawan dari harian Kabupaten. Bolehkah saya mohon waktu Sebentar untuk menanyakan beberapa hal kepada bapak?

Narasumber: oh, Silahkan mas

Narasumber: Baiklah, terima kasih. Bagaimanakah perasaan yang Bapak miliki ketika menjadi salah satu korban banjir pada Kabupaten ini?

Pewawancara: sudah tentu sangat sedih Mas, banyak terjadi kerusakan di rumah yang disebabkan oleh banjir. Bisa dipastikan, saya cukup banyak kehilangan harta dan benda.

Narasumber: Kalau boleh tahu, apa sajakah barang-barang yang mengalami kerusakan di rumah bapak?

Pewawancara: cukup banyak yang mengalami kerusakan Mas. Contohnya adalah banyak baju yang hanyut, perabotan rumah rusak, termasuk perihasan yang hilang. Sekarang ini, kami sudah tidak memiliki apa-apa. Kondisi rumah juga sudah cukup rusak. Untungnya, anak dan istri saya selamat.

Narasumber: kemudian, Bagaimanakah kondisi bapak serta sejumlah korban bencana banjir yang lainnya pada pengungsian yang telah disediakan oleh pemerintah?

Pewawancara: Alhamdulillah, kami dalam kondisi baik. Pihak pemerintah telah memberikan bantuan berupa makanan dan sandang yang cukup untuk kami semuanya. Hanya saja, jumlah pakaian memang masih belum mencukupi, termasuk adalah alat untuk tidur. Terlebih, bagi yang mempunyai bayi, Pasti sangat kasihan.

Narasumber: Baiklah Bapak, kemudian Apakah harapan Bapak kedepan bilamana Bapak dapat aspirasi secara langsung untuk pemerintah?

Pewawancara: saya memiliki harapan di pengungsian untuk segera memperoleh baju beserta keperluan yang lainnya serta pemerintah mampu untuk menanggulangi masalah banjir supaya tidak terulang kembali

Baca Juga   Cara Menginterview Pelamar Kerja

Narasumber: Baiklah Bapak, semoga saja harapan bapak segera bisa terlaksana. Terima kasih banyak atas waktunya

Pewawancara: Aamiin, Terima kasih juga Mas, sama-sama

Demikianlah dua buah contoh teks wawancara berita terbaru yang bisa saya posting pada kesempatan yang baik ini. Semoga saja bisa memberikan manfaat bagi pengunjung sekalian, terutama yang Sedang membutuhkan materi pembelajaran tentang teks dialog wawancara, dengan tema banjir. Selamat beraktifitas dan semoga sukses.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Pertanyaan Wawancara Bertema 17 Agustus

Contoh Pertanyaan Wawancara Bertema 17 Agustus

Tanggal 17 Agustus adalah sebuah tanggal yang bisa dipastikan cukup banyak dikenal oleh warga masyarakat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *