Home / Wawancara / Contoh Teks Wawancara Berita

Contoh Teks Wawancara Berita

Contoh teks wawancara berita kerapkali dimanfaatkan pada saat mewawancarai seseorang dengan materi berupa berita. Tentunya, proses wawancara adalah salah satu teknik yang cukup banyak dimanfaatkan guna bisa memperoleh data dan juga informasi dengan jalan mengajukan sejumlah pertanyaan secara langsung terhadap narasumber. Narasumber rata-rata merupakan orang yang cukup ahli pada bidangnya, pihak-pihak yang memiliki kewenangan maupun terkait pada bidang tertentu. Di dalam perspektif ilmu komunikasi atau kegiatan wawancara adalah salah satu bentuk komunikasi interaktif yang dilaksanakan secara langsung.

Contoh Teks Wawancara Berita

Jika dilihat dari dasar tingkat kebebasan pada saat mengajukan pertanyaan, proses wawancara dibedakan menjadi dua, yakni wawancara bebas dan wawancara terstruktur. Wawancara terstruktur merupakan kegiatan wawancara yang memiliki acuan pada sejumlah pedoman wawancara yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Sementara itu, proses wawancara bebas merupakan wawancara yang dilaksanakan dengan tidak adanya keterikatan oleh sejumlah pedoman wawancara maupun tidak memakai pedoman sama sekali.

Persiapan sebelum wawancara

Sebelum melaksanakan wawancara, ada baiknya kita mempersiapkan sejumlah hal sehingga nantinya pada saatnya pelaksanaan wawancara bisa berlangsung dengan lancar. Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum pelaksanaan wawancara:

  1. Silakan tentukan masalah atau topik yang hendak ditanyakan
  2. Susunlah materi-materi wawancara di dalam bentuk pertanyaan
  3. Pastikan narasumber bersedia untuk digali informasi atau datanya
  4. Langsung kontak bagian narasumber guna menentukan tempat dan waktu pelaksanaan wawancara
  5. Memulai kegiatan wawancara dengan cara memperkenalkan diri serta menyampaikan tujuan pelaksanaan wawancara
  6. Memperhatikan segala macam syarat yang diajukan oleh pihak narasumber
  7. Memohon izin kepada pihak narasumber apabila akan memakai kamera maupun alat perekam
  8. Mencatat berbagai macam informasi secara objektif dan cermat
  9. Meminta konfirmasi terhadap catatan yang dibuat di akhir sesi wawancara
  10. Ucapkan terima kasih atas kesediaan waktu dan pemberian informasinya

Contoh Teks Wawancara Berita

Baiklah, langsung saja, dibawah ini adalah contoh teks wawancara berita yang sudah pernah dilakukan di scTV antara presenter rosiana silalahi dengan presiden susilo bambang yudhoyono.

Rosiana silalahi: selamat pagi bapak presiden, kami ucapkan terima kasih sudah bersedia untuk meluangkan waktunya di nanggroe aceh darussalam bersama scTV. Bapak presiden kabarnya besok juga akan menuju ke meulaboh, sebagai hari perdana pada tahunibu lima. Adakah pesan yang hendak bapak presiden sampaikan di dalam kunjungannya besok?

Baca Juga   Pertanyaan Wawancara Pendidikan Yang Paling Banyak Digunakan

Susilo bambang yudhoyono: assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kepada saudara-saudaraku yang berada di aceh, saya sekarang ini berada di masjid istiqlal dengan saudara-saudara yang ada di jakarta, berdoa dan berdzikir bersama guna mendoakan seluruh saudara yang ada di aceh serta mendoakan seluruh bangsa indonesia untuk memasuki tahun baru besok. Insyaallah, besok saya akan menuju ke banda aceh serta akan melanjutkan perjalanan ke daerah meulaboh.

Rosiana silalahi: apakah ada pesan yang hendak bapak utarakan, mengingat di hari pertama pada tahun 2005 langsung berkunjung ke aceh?

Susilo bambang yudhoyono: justru pada tahun baru tersebut, saya hendak kembali untuk mengunjungi aceh guna memastikan bahwasannya sejumlah langkah yang telah kita laksanakan guna menangani aceh setelah bencana tetap berlangsung dengan baik. Saya baru kemarin berkunjung ke lhokseumawe serta banda aceh dan belum sempat untuk menuju ke meulaboh. Insyaallah, besok saya akan menuju ke sana. Sekali lagi, guna memastikan bahwa kegiatan evakuasi, proses perawatan saudara-saudara kita sebagai korban, proses pendistribusian bahan-bahan makanan dan juga obat-obatan, lalu proses penanganan pengungsi seluruhnya bisa berjalan dengan lancar.

Oleh sebab itu, saya manfaatkan momen tahun baru tersebut bersama-sama dengan seluruh saudara kita yang berada di aceh untuk ikut merasakan duka yang mereka rasakan. Namun demikian, kita juga tetap mendoakan supaya besok kita bisa bersama-sama untuk melangkah ke arah depan, terutama memohon ridho allah subhanahu wa ta’ala.

Rosiana silalahi: bapak presiden, salah satu bentuk permasalahan yang muncul pada beberapa hari terakhir yaitu bukanlah tentang pasokan, namun tentang koordinasi. Tenaga ada, pasokan ada, namun tanpa adanya koordinasi yang efektif, hal tersebut akan sia-sia. Bagaimanakah langkah bapak di dalam menangani masalah tersebut?

Susilo bambang yudhoyono: sebenarnya, masalah yang dihadapi cukuplah kompleks. Pada hari kedua serta hari ketiga saya di aceh, mengetahui betapa minimnya kendaraan untuk angkutan darat di kala itu, dengan bantuan yang begitu menumpuk, termasuk adalah para sukarelawan yang berada di bandar udara medan ataupun di banda aceh, maka terdapat sejumlah masalah untuk kelancaran kerjasama pada pendistribusian logistik yang ada.

Baca Juga   Contoh Berita Wawancara Dengan Narasumber

Namun, mulai sekarang ini kita coba lakukan penertiban, tadi malam saya telah membuat keputusan bahwasanya menteri koordinator kesejahteraan rakyat akan ada di aceh guna berkoordinasi atas seluruh kegiatan yang ada. Selanjutnya, menteri sosial juga akan berada di meulaboh, melaksanakan kegiatan yang sama. Ditambah lagi dengan gubernur sumatera utara yang ada di wilayah medan guna memberikan bantuan.

Pada pengerahan polri dan tni serta sejumlah aksi kemanusiaan yang lainnya, saya akan menunjuk kepala staf tni angkatan darat yang dibantu oleh sejumlah pejabat senior yang berasal dari kepolisian guna memastikan bahwa seluruh langkah penanganan pada lapangan berjalan dengan cukup lancar. Saya berharap, dengan struktur organisasi tersebut, dengan sejumlah pejabat yang langsung ada di lapangan serta 24 jam mereka bekerja mengkoordinasi sejumlah hal, maka akan berjalan dengan lebih baik. Pada akhirnya, seluruhnya bisa berjalan dengan baik pula.

Rosiana silalahi: bapak presiden, apakah telah mempunyai target untuk jangka pendek serta indikator keberhasilan di dalam proses penanggulangan bencana tersebut? Utamanya adalah untuk mereka yang selamat?

Susilo bambang yudhoyono: tentu,kita tetap memiliki prioritas, walaupun seluruhnya serba darurat pada minggu-minggu yang akan datang, yaitu kita wajib untuk menyelamatkan sebanyak-banyaknya saudara-saudara kita yang dapat kita selamatkan. Yang sakit hati yang luka, kita rawatsebaik-baiknya. Tentunya perawatan yang dilakukan di rumah sakit baik yang ada di depan maupun yang ada di belakang.

Yang paling penting tentunya mereka memperoleh perawatan serta obat-obatan yang cukup. Kita juga akan selalu melakukan pencarian karena kebesaran allah subhanahu wa ta’ala pasti nya selalu datang. Ada saja yang berhasil kita temukan di dalam kondisi selamat. Walaupun pada keadaan yang lemah, kita akan terus melakukan pencarian. Itu adalah prioritas utama. Selanjutnya, pada prioritas kedua, karena memang cukup sulit, maka kita harus memastikan mereka akan memperoleh persediaan pakaian, makanan, tenda, obat-obatan, dan lain sebagainya.

Baca Juga   Pertanyaan Interview Marketing Yang Wajib Anda Ketahui

Tidak kalah pentingnya yaitu para pengungsi yang jumlahnya sangat banyak haruslah kita kelola dan kita tata. Kita menempatkan mereka pada tempat yang layak dan baik sehingga mereka tidak akan terkena wabah penyakit, sambil kita akan dengan segera melakukan pengelolaan anak-anak yang prestoyatim piatu, keluarga keluarga yang sudah ditinggal oleh beberapa orang dikarenakan sudah ditinggal oleh yang lainnya.

Rosiana silalahi: bapak presiden, saya sedang berada di salah satu kampung para pengungsi. Malam ini tentunya kita bisa menikmati pergantian, setidaknya bisa merefleksikan apa yang sudah terjadi di sepanjang tahun ini serta berdoa semoga terdapat peristiwa yang cukup membahagiakan yang akan terjadi pada tahun mendatang. Apakah ada yang hendak bapak presiden sampaikan kepada masyarakat aceh?

Susilo bambang yudhoyono: kepada seluruh warga yang ada di aceh, baik yang ada di tempat pengungsian, yang ada di tempat penampungan sementara, yang ada di rumah sakit, kita semua merasa prihatin, kita semua merasa berduka. Namun demikian, justru di malam hari ini lah saatnya kita untuk selalu bertafakur. Kita berdoa, kita berdzikir, mengharap semoga allah subhanahu wa ta’ala memberi jalan yang mudah ke arah depan. Semoga saja kita dapat segera mengatasi kondisi di aceh, segera memulihkannya kembali menuju kondisi kehidupan yang lebih baik dan normal kembali.

Bangsa indonesia seluruhnya, tentunya kami sangat menyayangi serta mencintai seluruh saudara kita yang berada di aceh. Marilah kita menyambut tahun baru dengan berdoa saya meminta ridho allah subhanahu wa ta’ala. Saudara-saudaraku semuanya, allah selalu bersama kita. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Rosiana silalahi: waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, bapak presiden kami ucapkan terima kasih atas waktu untuk masyarakat aceh bersama kami di scTV.

Sekian ulasan singkat tentang contoh teks wawancara berita yang diambil dari berita yang pernah ditayangkan di stasiun televisi scTV yang merupakan hasil wawancara antara presenter rosiana silalahi dengan presiden susilo bambang yudhoyono pada waktu itu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Melaksanakan kegiatan wawancara di TV atau televisi bisa jadi menjadi hal yang cukup rumit untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *