Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Contoh Tes Psikotes Bank Lengkap Dengan Penyelesaiannya
Contoh Tes Psikotes Bank Lengkap Dengan Penyelesaiannya

Contoh Tes Psikotes Bank Lengkap Dengan Penyelesaiannya

Lama tidak mengupdate artikel pada tespsikotes.com, pada kesempatan yang baik ini penulis akan mencoba untuk mengupdate beberapa contoh soal tes Psikotes bank sebagai bagian dari bahan latihan di dalam mempersiapkan diri mengikuti pelaksanaan seleksi di lowongan kerja. Soal tes psikotes masuk bank yang akan penulis sharing isinya adalah tentang soal psikotes Matematika dan psikotes seri deret yang kerap kali keluar pada saat pelaksanaan ujian pada bank BTN, Bank Danamon, Bank BNI, Bank BCA, Bank Mandiri dan sejumlah bank yang lainnya.

Contoh soal tes Psikotes bank lengkap dengan pembahasannya

Adapun sejumlah kisi-kisi soal yang akan penulis sharing tentunya telah dilengkapi kunci jawaban lengkap dengan pembahasannya. Namun demikian, jumlah soal yang akan penulis bahas masihlah terbatas sehingga tidak akan mampu memberikan pemahaman secara menyeluruh kepada anda. Walaupun demikian, setidaknya contoh soal tes Psikotes bank ini mampu memberikan gambaran kepada anda mengenai bentuk dari soal tes Psikotes.

Baiklah, Berikut ini adalah beberapa contoh soal tes Psikotes bank yang bisa diterapkan pada bank BTN, Bank Danamon, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BCA dan beberapa bank yang lainnya.

Contoh Soal Nomor 1:

Sebuah deret angka 8,17,33,…,…,257. Berapakah bilangan yang pas untuk mengisi beberapa titik yang ada pada soal di atas?

A. 63 dan 127

B. 64 dan 128

C. 65 dan 129

D. 66 dan 130

Contoh Soal Nomor 2:

Sebuah deret angka 6,3,4,1,2,-1…. Bilangan yang sesuai untuk mengisi titik-titik pada soal tersebut sehingga menjadi deret angka yang tepat adalah….

A. -6

B. -4

C. -2

D. 0

Contoh Soal Nomor 3:

Sebuah deret angka 1,2,5… Bilangan yang sesuai untuk mengisi titik-titik pada soal tersebut sehingga menjadi deret angka yang tepat adalah….
A. 26

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Umum Dan Jawabannya

B. 27

C. 28

D. 29

Contoh Soal Nomor 4:

Apabila terdapat suatu bilangan a = 5 dan bilangan b = 2, maka hasil dari perhitungan a³-3a²b + 3ab²-b³ yang benar yaitu….

A. 24

B. 25

C. 26

D. 27

Contoh Soal Nomor 5:

Seorang penjual mengantarkan mangkuk soto ke suatu toko. Penjual tersebut hanya memiliki kemampuan untuk membawa 2 buah mangkok soto. Apabila terdapat 9 mangkok soto yang harus di antar, Berapa kalikah penjual tersebut harus pergi?
A. 4

B. 5

C. 6

D. 7

Pembahasan Soal Tes Psikotes Bank

Pembahasan Soal Nomor 1:

Bagian yang wajib Anda pikirkan terlebih dahulu yakni Bagaimana munculnya angka 17 setelah angka 8. Jika anda dapat mengalihkannya dengan angka 2, dan memperoleh hasil angka 8, maka kondisi tersebut tidak sesuai dengan bentuk soal yang ada. Selanjutnya, anda dapat mencoba mengerjakan soal tersebut dengan cara mengalikan dengan angka 2, dan selanjutnya menambahkan dengan angka 1. Contohnya adalah 8 * 2 + 1, kemudian hasil yang didapat adalah angka 17.

Lalu, Bagaimanakah dengan angka 33, angka 17 * 2 tidaklah memperoleh hasil 33. Oleh karena itu, dimungkinkan jawaban kemungkinan yang cukup besar adalah apabila angka 16 kali 2 + 1. Angka yang selanjutnya yaitu angka 65 dan angka 128. Dengan demikian, kunci jawaban adalah C.

Pembahasan Soal Nomor 2

Bagian pertama yang wajib Anda kerjakan yaitu dengan mencari hubungan 2 buah bilangan yang cukup berdekatan, lalu dari keseluruhannya disimpulkan pola yang paling masuk akal. Jika nomor 1 tidak dapat, maka anda bisa menganggap barisan angka tersebut terdiri atas 2 baris angka yang saling berselang seling dengan pola masing-masing. Sehingga, angka yang didapat adalah 6,3,4,1,2,-1,0. Kunci jawabannya adalah D.

Pembahasan Soal Nomor 3:

Rumus yang bisa anda gunakan pada soal tersebut yaitu n² + 1. Dengan demikian, maka angka yang selanjutnya yaitu 5² + 1 = 26 sehingga kunci jawaban yang tepat adalah A

Baca Juga   Pengalaman Wawancara Akhir Bank BRI

Pembahasan Soal Nomor 4:

Rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal nomor 4 yaitu a * b = c, a = c / b, b = c / a. Dengan demikian, soal a³-3a²b + 3ab²-b³ memiliki jawaban adalah sama dengan (a – b)³ sehingga didapat angka (5 – 2)³ = 3³ = 27. Kunci jawabannya adalah D.

Pembahasan Soal Nomor 5:

Jika di teori kan, maka 1 jam adalah 60 menit dan 1 menit adalah 60 detik. Dengan demikian, angka 9 jika dibagi 2 diperoleh hasil 4,5 sehingga dibulatkan menjadi angka 5. Jawabannya adalah B.

Sekian Uraian singkat tentang contoh soal tes Psikotes bank lengkap dengan penyelesaiannya. Dengan adanya pembahasan pada soal di atas, maka anda bisa lebih mudah untuk menentukan apakah jawaban atas soal yang Anda kerjakan sudah benar atau belum. Semoga saja, contoh contoh soal tes psikotes untuk beberapa bank di atas bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Soal Psikotes Kategori Ujian Wajib Bagi Yang Mau Daftar Jadi Pramugari

Pelajari Soal Psikotes Kategori Ujian Wajib Bagi Yang Mau Daftar Jadi Pramugari

Memiliki keinginan untuk menjadi seorang pramugari atau pramugara yang mempunyai pekerjaan bisa terbang ke berbagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *