Home / Contoh Soal / Contoh tes psikotes polisi

Contoh tes psikotes polisi

Contoh tes psikotes polisi  – Siapa sih yang tidak ingin bisa bekerja sebagai polisi? Bisa bekerja sebagai polisi adalah hal yang sangat membanggakan, namun untuk bisa masuk bekerja sebagai polisi dibutuhkan berbagai macam hal yang cukup sulit untuk dikerjakan. Salah satu bagian yang cukup sulit untuk dilalui pada saat kita hendak masuk pendidikan polisi adalah pelaksanaan tes psikotes polisi. Tentunya berbagai macam soal yang digunakan untuk melakukan penyaringan calon polisi cukup berbeda dengan soal tes psikotes untuk keperluan yang lainnya.

Contoh tes psikotes polisi

Oleh sebab itulah tentu dibutuhkan contoh tes psikotes polisi sehingga bagi anda yang kebetulan saat ini memang memiliki cita-cita ingin menjadi seorang polisi, atau bahkan anda sedang pada posisi hendak melaksanakan ujian tes psikotes polisi. Sekarang ini, contoh tes psikotes polisi dibedakan menjadi berbagai macam kategori. Berbagai macam kategori tes psikotes polisi tersebut tentunya digunakan untuk mengukur berbagai macam hal yang terkait dengan kepribadian dari masing-masing personal calon polisi yang dites.

Contoh tes psikotes polisi yang pertama dilakukan untuk mengukur seberapa cermat ketelitian seorang calon polisi yang. Tes tersebut disebut dengan tes kecermatan. Di dalam tes kecermatan berisi tes dimana kita diminta untuk mencari beberapa soal yang mengalami huruf tidak lengkap. Soal jenis ini tentunya juga masih mengandalkan kecermatan dan ketelitian di dalam mengerjakannya. Soal berikutnya adalah soal yang berisi simbol hilang. Tugas dari kita tentunya adalah mencari bagian simbol yang hilang tersebut.

Contoh tes psikotes polisi yang berikutnya adalah tes psikotes kepribadian atau sering disebut dengan istilah personality test. Biasanya tes jenis ini hanya berisi pilihan atas persetujuan dan ketidak persetujuan. Namun tentunya perang antara setuju dengan tidak setuju dibagi menjadi beberapa kategori yang biasanya di mulai dari sangat setuju dan diakhiri dengan sangat tidak setuju. Contoh untuk tes kepribadian ini misalnya adalah apakah anda suka memancing di kolam ikan tetangga? Lalu di bawahnya akan diberikan pilihan mulai dari sangat setuju sampai dengan sangat tidak setuju.

Contoh tes psikotes polisi yang lain adalah tes minat epps yang memiliki kepanjangan edward personal preference schedule. Tes jenis ini juga masih memiliki kesamaan dengan tes kepribadian. Perbedaannya adalah anda diminta untuk memilih pernyataan yang paling cocok dengan karakteristik anda. Biasanya pernyataan yang diberikan hanya ada dua jenis saja.

Contoh tes psikotes polisi yang berikutnya adalah tes kecerdasan dimana tes tersebut digunakan untuk melogika dari pola pikir seseorang. Tes kecerdasan ini meliputi tes analogi atau atau hubungan arti, tes matematika dasar, tes pengetahuan umum, tes sinonim dan antonim, tes soal cerita serta tes logika gambar. Semua jenis tas tersebut wajib anda pelajari supaya anda lebih mantap mati di dalam mempersiapkan pelaksanaan tes psikotes polisi.

Demikianlah beberapa hal yang perlu saya sampaikan terkait dengan contoh tes psikotes polisi supaya anda bisa mendapatkan gambaran secara umum apa saja yang perlu dipersiapkan pada saat hendak melaksanakan tes psikotes polisi. Mudah-mudahan bisa berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian. Terima kasih dan selamat belajar.

Check Also

Latihan tes psikotes online

Latihan tes psikotes online

Salah satu bentuk persiapan dari pelaksanaan tes psikotes adalah melaksanakan latihan tes psikotes online. Latihan tes psikotes online ini ...