Home / Wawancara / Contoh Tes Wawancara Kerja

Contoh Tes Wawancara Kerja

Wawancara kerja atau job interview merupakan sebuah proses yang wajib untuk Anda lalui sebelum Anda bisa diterima bekerja pada perusahaan yang anda lamar. Guna mensukseskan kegiatan wawancara kerja, tentu Anda membutuhkan contoh teks wawancara kerja yang akan anda gunakan sebagai salah satu media pembelajaran guna meningkatkan kemampuan anda di dalam menjawab berbagai macam pertanyaan yang dilontarkan oleh pihak pewawancara.

Contoh Tes Wawancara Kerja

Hantu, banyak orang yang akan merasakan nerves begitu mendengar wawancara kerja atau job interview. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan karena pelaksanaan wawancara kerja atau job interview kerapkali cukup sulit untuk dilalui dengan lancar dan memiliki berbagai macam pertanyaan yang kerap kali membuat bingung para kandidat karyawan baru.

Apabila anda dengan rutin mempelajari contoh tes interview maka tentunya hal diatas bisa diminimalisir. Dengan mempelajari berbagai macam contoh tes kerja yang sudah cukup banyak beredar saat ini, baik secara online maupun offline, maka bisa dipastikan anda akan memperoleh gambaran umum bagaimana proses wawancara kerja berlangsung serta Bagaimana pula memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara tersebut.

Lantas, Seperti apakah contoh teks masuk kerja tersebut? Apabila anda merasa penasaran tentang contoh tes wawancara yang kerap kali digunakan oleh perusahaan di dalam menggali sejumlah informasi dari para kandidat calon karyawan baru, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi kumpulan contoh tes perusahaan. Contoh soal tes masuk kerja perusahaan yang akan saya sajikan merupakan salah satu pengalaman yang pernah saya dapatkan, ditambah dengan sejumlah referensi yang saya peroleh baik secara online maupun offline. Silakan disimak.

Pertanyaan tentang data pribadi

Pertanyaan wawancara kerja berkaitan dengan data pribadi rata-rata terdiri atas sejumlah pertanyaan pencair suasana atau Ice Breaker. Walaupun sifatnya adalah untuk mencairkan suasana pada kondisi interview yang cukup pegang, namun tentunya Anda dilarang untuk meramaikan tahapan ini. Silakan anda sampaikan jawaban dengan antusias dan percaya diri sehingga pihak pewawancara semakin meyakini anda.

Pertanyaan tentang data diri pribadi berisi beberapa bagian, yaitu:

1. Silakan menceritakan mengenai diri anda?

“perkenalkan, Nama saya Wawan, saya merupakan salah satu lulusan jurusan Teknik Informatika dari Politeknik serak-serak. Sekarang ini, saya sedang bekerja pada PT maju mundur sebagai bagian IT consultant. Saya telah bekerja pada perusahaan tersebut mulai awal tahun 2014”

2. Bagaimana langkah anda di dalam membiayai kuliah?

“apabila boleh berkata jujur, saya masih mendapatkan bantuan dana dari orang tua ketika saya kuliah. Akan tetapi, saya juga terus Mencoba Untuk meringankan beban orang tua dengan cara bekerja sampingan sebagai salah satu guru mata pelajaran bahasa Inggris pada sebuah lembaga pendidikan di Surabaya”

Baca Juga   Contoh Berwawancara Dengan Narasumber

3. Setelah bekerja, Apakah Anda masih memiliki Rencana untuk melanjutkan pendidikan?

“Iya, saya memiliki harapan, setelah saya bekerja Kurang lebih 3 tahun, saya dapat menyisihkan sebagian hasil yang telah saya peroleh untuk pembiayaan kuliah. Disebabkan karena sebelumnya saya hanya lulusan D3, maka saya memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan sampai dengan S1. Dengan demikian, saya tentu akan mempunyai pengetahuan yang lebih luas serta membuka kesempatan yang jauh lebih lebar Ketika saya bekerja pada masa yang akan datang”.

Pertanyaan tentang keterampilan dan pengalaman kerja

Pada tahapan di atas, pihak perusahaan hendak menggali informasi mengenai motivasi anda di dalam bekerja, seberapa loyal Anda kepada perusahaan, cara anda berkarir, Bagaimana Respon yang anda miliki ketika memiliki sebuah masalah, dan sebesar Apakah anda dapat berkontribusi kepada perusahaan. Tentu, bagian ini memiliki peranan yang cukup vital disebabkan karena jawaban anda kepada pihak pewawancara dapat menilai Apakah memang Anda merupakan kandidat yang tepat atau tidak.

Pertanyaan mengenai keterampilan serta pengalaman kerja terdiri atas beberapa bagian, yaitu:

1. Jelaskan kekurangan dan kelebihan yang anda miliki?

“Adapun kelebihan saya yaitu jujur, cepat belajar serta mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Sementara itu, kekurangan yang saya miliki yaitu kadang saya cukup kritis dengan pekerjaan saya. Akan tetapi, di saat sekarang ini saya selalu berusaha untuk dapat mengatasi masalah tersebut dan bagian positifnya adalah saya menjadi lebih teliti pada saat bekerja”

2. Dapatkah Anda bekerja pada sebuah tim?

“Jika boleh jujur, saya lebih senang bekerja sendiri disebabkan karena merasa cukup mampu menyelesaikan segala macam pekerjaan dengan cukup efisien seorang diri. Akan tetapi, apabila dibutuhkan, saya juga tentu dapat bekerja pada sebuah tim dan mampu berkontribusi secara aktif dan efektif”.

3. Apakah anda mampu bekerja dibawah tekanan?

“Iya, di pekerjaan yang sebelumnya, saya memiliki kewajiban untuk memenuhi target setiap bulannya. Walaupun cukup sulit untuk dilaksanakan, akan tetapi kondisi tersebut memberikan Efek positif kepada saya sehingga saya menjadi lebih terpacu guna selalu memberikan apa yang paling baik supaya dapat mencapai target yang diminta”.

4. Apabila ada kritik yang berasal dari seseorang, Bagaimana respon anda?

“secara umum, ada dua jenis kritikan.kan yang pertama adalah kritikan yang bersifat membangun. Apabila Kebetulan saya mendapat kritikan sehingga saya dapat memperbaiki diri saya untuk bisa lebih baik lagi, maka dengan senang hati saya akan menerimanya. Akan tetapi, apabila kritikan tersebut memiliki ketidakjelasan ujung dan pangkalnya, maka Tentu saya akan mengabaikannya.

Baca Juga   Contoh Teks Wawancara Terbaru

5. Bagaimana sikap anda jika anda mempunyaibahan dan dia melakukan sejumlah kesalahan?

“kesalahan memang sudah sewajarnya dilakukan oleh seseorang. Bagian pertama yang akan saya kerjakan adalah melakukan identifikasi terhadap kesalahan yang dilakukan oleh bawahan saya, kemudian mencari dampak apa saja yang ditimbulkan dan juga mencari solusi guna bisa memperbaikinya. Selanjutnya, saya juga akan menentukan tindakan Tindakan antisipasi apa saja sehingga ke arah depan kesalahan yang sama bisa diminimalisir. Tentunya, saya akan selalu memberikan kesempatan kepada bawahan saya untuk bisa memperbaiki kesalahan yang dilakukannya”.

6. Apakah langkah yang akan Anda ambil Ketika anda menghadapi masalah yang cukup besar di dalam pekerjaan?

“langkah pertama, saya akan mencoba untuk mengidentifikasi inti permasalahan supaya saya dapat menentukan langkah apa saja yang wajib untuk saya ambil ke arah berikutnya. Selanjutnya, setelah saya memperoleh solusi, saya akan mencoba untuksana kan ya. Kemudian, saya juga tentunya akan menyiapkan beberapa Tindakan antisipasi guna menghindari supaya kesalahan yang sama tidak akan Diulangi kembali”.

7. Apakah alasan anda keluar dari tempat kerja sebelumnya?

Saya merupakan salah satu orang yang sangat suka dengan tantangan serta pengalaman baru. Saya merasakan pada perusahaan ini saya dapat memperoleh banyak pelajaran baru dan juga banyak tantangan”.

8. Siapkah anda untuk bekerja secara lembur?

“Saya bersedia apabila hal tersebut diperlukan”

9. Apa saja yang Anda pahami mengenai perusahaan kami?

“menurut apa yang saya ketahui, saya melihat bahwasanya perusahaan anda sudah beroperasi kurang lebih sekitar 20 tahun, dan memiliki reputasi yang cukup Gemilang pada sisi software manajemen data dan karyawan. Disamping itu, reputasi yang baik pula ada pada sistem yang mengatur proses pembagian gaji pekerja kontrak maupun pekerja tetap. Terdapat berbagai macam variasi client, mulai dari badan usaha yang kecil sampai dengan ke badan pelayanan kesehatan yang cukup besar di wilayah Indonesia”.

10. Dalam 5 tahun kedepan, Apa rencana Anda?

“apabila saya berhasil diterima kerja pada perusahaan ini, maka saya akan mencoba meniti karir dan juga berusaha supaya dapat menduduki posisi supervisor pada lima tahun kedepan. Oleh karena itulah, saya akan terus belajar dengan giat serta memahami berbagai macam seluk-beluk perusahaan, serta kinerja nya supaya dapat masuk kualifikasi sebagai supervisor”.

11. Mengapa Kami mau mempekerjakan anda?

“tentunya, saya cukup mendalami bahasa pemrograman dan saya memiliki sejumlah pengalaman sebagai salah satu itu konsultan. Saya tentunya juga telah mengikuti sejumlah workshop yang berkaitan dengan produk-produk programming paling baru”

Baca Juga   Daftar Pertanyaan Wawancara Kerja

12. Apabila harus ditempatkan di luar kota Apakah anda siap?

Apabila hal tersebut dibutuhkan, maka saya siap. Bekerja pada perusahaan ini Tentunya memiliki arti saya harus memiliki kesiapan dengan segala macam konsekuensi serta tanggung jawab yang dibebankan kepada saya”.

13. Pada pekerjaan sebelumnya, Apakah kendala yang paling besar yang pernah anda jumpai?

“Adapun benda yang paling besar yang pernah saya rasakan pada pekerjaan yang sebelumnya yaitu ketidakjelasan pembagian tugas. Ketika Saya hendak melaksanakan tugas yang sudah dibebankan kepada saya, disebabkan karena tidakjelaskan instruksi, maka kadangkala Saya cukup takut untuk melangkah ke atasan”.

14. Bagaimanakah anda tahu mengenai lowongan kerja ini?

“saya memperoleh informasi tentang lowongan kerja ini dari teman-teman kuliah yang sekarang ini bekerja pada perusahaan ini pula di bagian marketing”.

Pertanyaan mengenai besarnya honor atau gaji

Pertanyaan wawancara kerja atau interview berkaitan dengan gaji rata-rata disampaikan pada sesi paling akhir. Apabila anda sudah menginjak Pada tahapan ini, maka sangat besar kemungkinannya pihak wawancara memiliki ketertarikan kepada anda. Walaupun jumlah pertanyaan tidak terlalu banyak, akan tetapi tahapan ini tentu sangatlah penting disebabkan menyangkut besarnya gaji yang nantinya akan diterima dari perusahaan tersebut

Adapun beberapa pertanyaan mengenai besarnya honor atau gaji bisa dilihat pada bagian di bawah ini:

1. Berapakah gaji anda pada perusahaan sebelumnya?

“pada tempat kerja saya sebelumnya, gaji pokok yang saya terima adalah Rp. 4.000.000. Kemudian, jika ditambahkan dengan bonus dan tunjangan transportasi, maka total gaji yang saya dapatkan mencapai kurang lebih Rp. 5.000.000”

2. Berapakah angka gaji yang anda inginkan dari perusahaan ini?

“saya memiliki harapan dapat mengantongi gaji setiap bulan sebesar Rp. 7.000.000”

3. Apakah anda bisa menurunkan tawaran anda karena permintaan anda tidak dapat kami penuhi?

“Baiklah kalau begitu, Bagaimanakah jika gaji saya adalah Rp6.000.000 setiap bulannya?”.

Ketika anda sudah mempelajari sekitar 20 contoh teks wawancara kerja di atas, maka setidaknya anda tidak perlu lagi untuk grogi atau nerves dan juga merasa stress ketika hendak mengikuti Tes wawancara kerja atau interview. Justru sebaliknya, Ketika anda sudah mampu memahami berbagai macam pertanyaan wawancara kerja di atas, maka anda akan semakin percaya diri karena sudah memiliki gambaran gambaran umum tentang pertanyaan Pada pelaksanaan wawancara kerja. Anda tentunya juga dapat melakukan modifikasi dengan cara menambah jawaban-jawaban sesuai dengan kondisi serta situasi diri anda. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Check Also

Tips Wawancara Beasiswa Masuk Sekolah Maupun Kuliah

Tips Wawancara Beasiswa Masuk Sekolah Maupun Kuliah Dan Terbukti Berhasil

Apabila kita mendengar kabar bahwa sudah berhasil menempuh sejumlah tahapan pada seleksi penerimaan beasiswa pastinya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *