Home / Wawancara / Contoh Tes Wawancara Masuk Universitas

Contoh Tes Wawancara Masuk Universitas

Apabila anda adalah salah satu calon mahasiswa yang hendak mengikuti tes interview atau tes wawancara, Alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk mempelajari contoh tes wawancara masuk Universitas sebagai salah satu bentuk persiapan lebih awal supaya Anda mampu untuk menjawab seluruh pertanyaan tes wawancara atau interview dengan sebaik-baiknya. Guna membantu anda di dalam mempersiapkan bahan referensi untuk belajar tes wawancara, maka saya akan mencoba sharing contoh tes wawancara masuk Universitas.

Contoh Tes Wawancara Masuk Universitas

Bisa dikatakan bahwa hampir seluruh perguruan tinggi yang bonafit menerapkan tes wawancara atau tes interview. Tujuannya adalah untuk menyaring calon mahasiswa mereka supaya bisa menyortir calon mahasiswa terbaik yang diberikan kesempatan untuk belajar disana. Tentu, sebagai calon mahasiswa yang menginginkan agar bisa kuliah di perguruan tinggi favorit sangat memiliki harapan besar untuk bisa diterima.

Contoh tes wawancara masuk universitas

Baiklah, langsung saja akan saya sampaikan sejumlah contoh tes wawancara masuk universitas yang bisa anda gunakan sebagai acuan serta bahan belajar sebelum anda mengikuti tes wawancara masuk Universitas. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Pertanyaan tentang identitas diri pribadi

Pertanyaan Perdana dan juga digunakan sebagai bagian pembuka teks wawancara yaitu kita akan ditanyakan nama lengkap, asal sekolah, tempat tanggal lahir, Pekerjaan orang tua, dan sejumlah pertanyaan perkenalan yang lainnya. Tentu, pertanyaan mengenai identitas diri pribadi Tidaklah terlalu sulit untuk menjawabnya karena hanya sebatas perkenalan diri saja.

2. Pertanyaan Tentang sejarah pendidikan

Pertanyaan berikutnya yang memiliki kemungkinan besar Untuk ditanyakan yaitu mengenai sejarah pendidikan kita. Biasanya memang tidak ditanyakan secara detail, namun hanya ditanyakan dua jenjang pendidikan terakhir, yaitu waktu di SMP dan SMA lengkap dengan jurusan yang diambil pada saat kita duduk di bangku SMA atau SMK. Selanjutnya, pihak pewawancara akan melakukan pencocokan jurusan sekolah kita dengan Jurusan yang kita daftar. Apabila jurusan pada saat sekolah cocok dengan jurusan yang kita daftar tersebut, maka tentu akan memiliki peluang yang cukup bagus.

Baca Juga   Pertanyaan Dan Jawaban Saat Wawancara Kerja Paling Sering Ditanyakan HRD

3. Pertanyaan tentang sumber informasi yang kita dapatkan tentang perguruan tinggi dimana kita mendaftar

Pihak wawancara akan melontarkan pertanyaan tentang sumber informasi dari mana kita mengetahui mengenai perguruan tinggi yang dilamar. Apakah berasal dari tetangga, dari teman, dari sekolah, atau dari internet. Pertanyaan di atas kerap kali disambungkan dengan pertanyaan mengenai teman, saudara, ataupun kenalan yang sedang atau pernah kuliah pada Universitas tersebut. Apabila ada jurusan apa akan dilanjutkan dengan pertanyaan Jurusan apa yang diambil oleh mereka. Tentunya dilengkapi dengan tahun angkatan mereka.

4. Pertanyaan tentang alasan kita kenapa memilih perguruan tinggi serta jurusan tersebut

Pertanyaan yang hampir pasti akan dikeluarkan yaitu alasan kenapa kita memilih perguruan tinggi serta jurusan yang kita ambil. Biasanya, pertanyaan tersebut juga akan disambungkan dengan sejumlah pertanyaan yang berhubungan dengan minat kita pada jurusan tersebut.

5. Pertanyaan tentang pengetahuan yang kita miliki berkaitan dengan perguruan serta jurusan yang kita daftar

Pertanyaan berikutnya yang sangat dimungkinkan untuk keluar yaitu Sejauh manakah kita memahami mengenai perguruan tinggi serta jurusan yang kita daftar tersebut. Contohnya adalah bagaimana perguruan tinggi abcd menurut anda secara garis besar? Jurusan apakah yang Anda ambil serta Bagaimanakah nantinya gambaran tentang pekerjaan Setelah Anda lulus kuliah?

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh tes wawancara masuk universitas yang bisa anda manfaatkan sebagai salah satu referensi untuk memahami sejumlah pertanyaan interview masuk Universitas atau perguruan tinggi. Dengan memahami sejumlah pertanyaan sekaligus teknik menjawab pertanyaan wawancara masuk perguruan tinggi, maka anda akan mendapatkan kemudahan di dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara. Terima kasih dan selamat beraktifitas, Semoga anda bisa lulus masuk perguruan tinggi favorit.

Baca Juga   Tips Mengikuti Interview Kerja Di Bank Mega

Check Also

Tips Saat Interview Pekerjaan

Tips Saat Interview Pekerjaan Dengan Baik Dan Benar

Saat anda sedang mengikuti interview atau wawancara kerja, apakah yang harus anda sampaikan? Tentu, cukup ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *