Home / Wawancara / Contoh Tugas Wawancara Antara Siswa Dengan Pengusaha Pempek

Contoh Tugas Wawancara Antara Siswa Dengan Pengusaha Pempek

Wawancara adalah salah satu bagian di dalam mata pelajaran bahasa Indonesia yang kerap kali bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Pada kesempatan yang baik ini, penulis akan mencoba untuk memberikan contoh tugas wawancara antara siswa dengan pengusaha pempek, di mana nantinya hasil wawancara bisa digunakan sebagai bagian dari pemenuhan tugas membuat wawancara pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Contoh Tugas Wawancara Antara Siswa Dengan Pengusaha Pempek

Contoh tugas wawancara

Baiklah, Berikut ini adalah contoh dari wawancara yang dilaksanakan oleh siswa yang berasal dari SMA Negeri 1 Jakenan dengan pengusaha sekaligus pemilik usaha pempek. A merupakan pihak pewawancara dengan nama Agus, sementara B adalah narasumber yang bernama Diah dan Joko Saputra.

A : Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

B : waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh

A : Kami adalah siswa yang berasal dari SMA Negeri 1 Jakenan, perkenankan untuk mewawancarai ibu dan bapak selaku pengusaha dari pempek. Apakah kami diijinkan untuk mewawancarai ibu dan bapak?

B : Ya tentu saja boleh. Silakan.

A : Siapakah nama ibu dan bapak?

B : Nama saya adalah Joko Saputra dan ini adalah istri saya bernama Diah.

A : Kapankah Ibu dan Bapak memulai usaha pembuatan pempek ini?

B : kami membuka usaha pempek mulai tahun 2008

A : Bisakah di ceritakan awal mula ibu dan bapak menjadi pengusaha dari pempek tersebut?

B : kami mulai dari pengalaman pribadi, sehingga kami memiliki pikiran untuk bisa mendirikan usaha dari pempek tersebut.

A : Mengapa ibu dan bapak lebih memilih usaha pempek tersebut?

B : sebab, keahlian yang kami miliki hanyalah dari usaha pempek

A : Apakah ibu dan bapak pernah mengalami kegagalan di dalam usaha pempek tersebut?

B : Alhamdulillah, kami belum pernah mengalami kegagalan

A : Kalau boleh tahu, Apa sajakah bahan-bahan yang diperlukan di dalam pembuatan pempek tersebut?

B : telur, bawang putih, penyedap rasa, garam, tepung tapioka Dan tepung sayur.

A : Di dalam pembuatan pempek, Berapakah waktu yang diperlukan?

B : sekitar 30 menit

A : kalau boleh tahu, Bagaimanakah langkah-langkah atau tahapan di dalam pembuatan pempek?

B : langkah yang pertama, kita tuangkan terlebih dahulu tepung terigu pada wadah, kemudian tambahkan dengan air panas serta aduk sampai dengan merata. Selanjutnya, diamkanlah adonan tersebut, lalu aduk kembali secara merata. Selanjutnya, masukkanlah tepung tapioka serta seluruh bahan yang lainnya pada wadah yang sudah berisi adonan tadi, kemudian aduklah kembali dengan perlahan sampai dengan seluruh bahan bisa tercampur dengan rata.

Baca Juga   Alasan Ingin Bekerja Di Perusahaan, Pertanyaan Yang Kadang Sulit Untuk Dijawab

Selanjutnya, setelah seluruh bahan bisa tercampur dengan rata, barulah dibentuk bulatan-bulatan pempek yang berikutnya bisa ditambahkan dengan kuning telur. Berikutnya, masukkanlah bulatan tersebut ke dalam panci yang sudah terisi dengan air, lalu Panaskan. Setelah bulatan-bulatan tadi mengembang, maka hal tersebut berarti bahwa sudah matang dan harus diangkat. Berikutnya, Apabila ada yang membeli pempek, maka barulah pempek yang masih mentah tersebut digoreng, kemudian disajikan untuk pelanggan.

A : Pempek tersebut kan ada kuahnya, bahan-bahan apa sajakah yang diperlukan di dalam membuat kuah pempek?

B : bahan untuk membuat kuah pempek adalah bawang putih, asam, gula merah, dan cabai.

A : Untung berapakah Bapak dan Ibu yang bisa diperoleh di setiap bulannya?

B : setiap bulan, kami bisa memperoleh keuntungan sekitar 1 juta rupiah.

A : Berapakah jumlah modal ibu dan bapak di dalam usaha penjualan pempek tersebut?

B : model yang kami perlukan hanyalah sekitar Rp. 150.000

A : dari Jam berapakah Ibu dan Bapak mulai berjualan pempek?

B : kami mulai berjualan dari jam 10.00 sampai dengan jam 20.00

A : Apakah ibu dan bapak telah memiliki karyawan untuk membantu pekerjaan?

B : Sampai dengan saat ini kami belum memiliki karyawan

A : Apakah nama atau merek usaha pempek Milik ibu dan bapak?

B : Namanya adalah pempek dua saudara

A : Apakah langkah ibu dan bapak untuk bisa bertahan di dalam usaha pempek tersebut?

B : kami mempertahankan usaha ini dengan langkah selalu menjaga kualitas dari sisi rasa supaya pelanggan tetap setia

A : Apakah terdapat bagian yang sangat sulit di dalam pembuatan pempek tersebut?

B : Iya, ada. Adapun bagian yang paling sulit di dalam pembuatan pempek yaitu pada proses mengaduk adonan

A : kenapa proses pengadukan adonan adalah bagian yang paling sulit?

B : sebab, ketika mengaduk adonan membutuhkan tenaga yang sangat kuat supaya seluruh adonan bisa tercampur dengan bahan yang lainnya secara merata

Baca Juga   Bagaimana Cara Interview Yang Baik

A : Apakah ibu dan bapak merasa senang di dalam menjalankan usaha pempek tersebut?

B : tentunya ia. Kami merasa sangat senang dengan usaha pempek yang kamu geluti selama ini

A : kenapa ibu dan bapak memberikan larangan kepada pelanggan yang ingin berpacaran maupun janjian di dalam usaha ini?

B : kami tentunya ingin menghindari supaya para pelanggan terjauh dari pergaulan bebas atau perzinaan, sehingga usaha yang kami geluti menjadi lebih barokah dan bisa terhindar dari fitnah

A : harapan Apa sajakah dari ibu dan bapak terhadap usaha pempek tersebut?

B : Harapan kami tentunya agar usaha pempek ini bisa berjalan lebih lancar serta lebih maju lagi, Sehingga nantinya bisa memiliki pelanggan lebih banyak yang dapat menikmati pempek kami.

A : Baik, Terima kasih ibu dan bapak atas waktunya yang sudah mengijinkan kami untuk mewawancarai usaha pempek

B : iya sama-sama

A : kami mohon pamit, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

B : silakan, Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Ringkasan tentang pempek dua saudara

Pempek Dua Saudara letaknya adalah di kawasan Desa Winong, berada di kecamatan Winong, Kabupaten Pati. Pempek 2 saudara tersebut mempunyai cita rasa yang sangat enak, sehingga pempek 2 saudara tersebut memiliki nama yang sangat terkenal di wilayah Winong. Usaha dari pempek 2 saudara tersebut didirikan di tahun 2018 nanti ibu Diah dan bapak Joko Saputraselaku pemilik dari usaha pempek Dua Saudara selalu berkomitmen untuk menjaga kualitas rasa serta bahan dari pempek buatannya.

Mereka berdua mendirikan usaha pempek Dua Saudara hasil dari pengalaman dan keahlian yang mereka miliki di dalam pembuatan pempek. Pempek dua saudara Buka setiap hari mulai dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 20.00.

Setiap bulan, ibu Dyah dan Bapak Joko Saputra memperoleh keuntungan sekitar 10 juta. Adapun jumlah pelanggan pempek Dua Saudara asalnya adalah dari kalangan remaja. Guna bisa menghindari pergaulan bebas serta perzinaan, pada tempat usahanya ibu Diah dan Bapak Joko Saputra membuat larangan untuk remaja sehingga mereka tidak pacaran maupun janjian di pempek Dua Saudara.

Pempek dua saudara memiliki tempat yang cocok dan bagus untuk nongkrong para remaja. Di jam pulang sekolah, pempek Dua Saudara tentunya Selalu ramai dikunjungi oleh sejumlah anak sekolah. Ibu Diah dan Bapak Joko Saputra sebelum menyajikan pempek tentunya selalu menggoreng terlebih dahulu supaya hangat ketika disajikan kepada para pelanggan sehingga pada akhirnya akan membuat ketagihan.

Baca Juga   Contoh Wawancara TV Pada Beberapa Stasiun TV Swasta

Mereka berjualan pempek dua saudara di rumah. Ibu Diah dan Bapak Joko Saputra merubah rumah mereka menjadi tempat usaha pempek yang cukup terkenal di wilayah Winong. Meskipun tempatnya Tidaklah terlalu luas, namun mereka selalu berupaya untuk menjadikan usaha mereka semakin maju dan lancar. Di permulaan, ibu Diah dan Bapak Joko Saputra di dalam mendirikan usaha pempek hanyalah memiliki modal Rp150.000, namun mereka tetap berusaha serta pantang menyerah di dalam membuat usaha pempek supaya semakin disukai dan semakin terkenal di Winong.

Mereka berdua tidaklah mematok harga di dalam berjualan pempek. Apabila pelanggan hanya ingin membeli 3000, maka ibu Diah dan Bapak Joko Saputra tetap membuatkan pempek dengan harga 3000. Mereka tentunya membuatkan sesuai dengan permintaan Para pelanggannya. Mereka tidak memiliki karyawan di dalam membantu pekerjaan pempek tersebut sehingga setiap harinya mereka harus membuat pempek sendiri.

Di samping usaha pempek, mereka juga menjual sejumlah minuman yang segar dan nikmat sehingga cocok untuk dinikmati pada cuaca yang panas. Mereka tentunya selalu memiliki harapan supaya usaha pempek dua saudara lebih dikenal dan lebih maju lagi. Apabila anda ingin menjajal kenikmatan dari pempek Dua Saudara, maka anda bisa datang sendiri maupun bersama teman-teman, sebab tempatnya cukup cocok untuk kalangan pelajar serta anak muda, namun Dilarang membawa pacar, sebab pempek Dua Saudara sudah membuat peringatan dilarang janjian ataupun membawa pacar.

Demikianlah Uraian singkat tentang contoh tugas wawancara antara siswa dengan pengusaha pempek yang bisa saya Tuliskan di kesempatan kali ini. Wawancara di atas sudah dilengkapi dengan ringkasan dalam bentuk narasi sehingga bisa lebih mudah untuk ditangkap isi materinya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Melaksanakan kegiatan wawancara di TV atau televisi bisa jadi menjadi hal yang cukup rumit untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *