Home / Wawancara / Contoh Wawancara Beasiswa Paling Sering Keluar Dan Digunakan

Contoh Wawancara Beasiswa Paling Sering Keluar Dan Digunakan

Tidak hanya pada saat anda mendaftar bekerja maupun pada saat hendak masuk kuliah di kampus anda akan dihadapkan pada wawancara, namun ketika anda mendaftar beasiswa juga terdapat sesi wawancara sebagai salah satu bagian penentu keberhasilan Anda di dalam meraih beasiswa tersebut. Dari seluruh tipe wawancara, berdasarkan pendapat penulis bahwa pelaksanaan wawancara untuk mendapatkan beasiswa merupakan wawancara yang paling tidak terduga. Pertanyaan yang dikeluarkan dapat bersifat umum, filosofis, menguji wawasan, sampai dengan pertanyaan yang unik yang tidak disangka-sangka.

Contoh Wawancara Beasiswa

Untuk memberikan gambaran, penulis akan mencoba untuk Sharing 22 buah pertanyaan wawancara pada sesi mendapatkan beasiswa spesial untuk anda lengkap dengan maksud yang terkandung pada pertanyaan tersebut. Dengan demikian maka anda bisa mempelajari terlebih dahulu contoh wawancara beasiswa yang kerap kali keluar dan digunakan sebagai bagian persiapan untuk menjawab pertanyaan beasiswa yang sebenarnya.

Contoh Wawancara Beasiswa

Berikut ini adalah 22 buah pertanyaan wawancara beasiswa yang sering kali ditanyakan.

  1. Apakah yang anda ketahui tentang beasiswa ini? ( Apakah anda mengetahui tentang program, filosofi, tujuan di dalam penyelenggaraan beasiswa tersebut?)
  2. Mengapa anda lebih pantas untuk memperoleh beasiswa ini? ( Apakah anda adalah kandidat yang cocok untuk mendapatkan beasiswa? Apakah yang nantinya akan Anda lakukan dengan beasiswa tersebut?)
  3. Jelaskan kelebihan kelebihan pada diri Anda? ( sampaikan kekuatan yang ada pada diri anda yang relevan atau berkaitan dengan beasiswa tersebut)
  4. Kekurangan apakah yang ada di dalam diri anda? ( Semoga saja, anda dapat jujur di dalam mengenali serta mengakui kelemahan yang ada di dalam diri anda)
  5. Apakah Anda cukup layak untuk memperoleh beasiswa ini? (dari sisi ini, pihak wawancara hendak mengetahui bagaimana kepercayaan diri Anda)
  6. Untuk saat ini, apakah masalah yang sedang anda hadapi? ( pihak wawancara hendak memahami apakah Anda memang benar-benar sudah memahami berbagai macam isu yang sedang dihadapi di masyarakat sekarang ini)
  7. Sampaikanlah 5 kata yang bisa mewakili diri Anda? ( pihak pewawancara ingin mengetahui lebih jauh tentang diri Anda, tentunya di luar versi CV yang sudah anda buat. Buatlah mereka lebih terkesan)
  8. Jelaskan prinsip hidup apa saja yang anda pegang? ( Mereka ingin mengetahui sisi sisi kepribadian anda)
  9. Apakah anda pernah mengalami kegagalan? Silakan menceritakan pengalaman kegagalan anda! (Alangkah baiknya anda memiliki pengalaman pernah gagal, lalu silakan Anda bercerita tentang pelajaran yang bisa anda ambil dari kegagalan yang anda alami tersebut)
  10. Pencapaian Apa sajakah yang anda dapatkan Sampai dengan saat ini? ( Tentunya, tidak perlu Terlalu bombastis. Mereka akan menilai usaha yang sudah anda kerjakan)
  11. Siapakah idola anda? ( idola bisa menunjukkan anda ingin seperti mereka)
  12. Apakah anda dapat hidup sendiri serta bisa jauh dari orang tua? ( jawaban terbaik adalah dengan mengatakan iya, Terlebih jika anda sedang mendaftar untuk memperoleh beasiswa ke luar negeri)
  13. Setelah lulus, apakah yang hendak Anda lakukan? ( Apa sajakah manfaat yang dapat Anda berikan untuk masyarakat)
  14. Dalam 10 tahun kedepan, apakah yang akan Anda lakukan? ( mereka tentunya ingin mengetahui apakah anda mempunyai goal realistis serta Apakah anda sudah memikirkan rencana untuk mewujudkan hal tersebut)
  15. Apakah buku paling akhir yang sudah anda baca? ( Mereka ingin mengetahui seperti apakah diri Anda, usahakan Jangan berbohong)
  16. Di luar sekolah, apa sajakah kegiatan anda? ( mereka ingin lebih jauh mengenal anda, Oleh sebab itu maka silakan Anda bercerita mengenai aktivitas anda. Usahakan untuk menjawab cukup banyak, jangan terlalu sedikit )
  17. Apabila Anda bertemu dengan orang yang memiliki beda pandangan hidup, apakah yang akan Anda lakukan? ( Mereka ingin mengetahui bagaimana Anda berhadapan dengan perbedaan-perbedaan serta potensi konflik)
  18. Apakah yang akan anda lakukan jika anda bertemu dengan orang yang tidak suka dengan diri Anda? ( mereka cukup penasaran Bagaimanakah langkah anda di dalam menghadapi tekanan serta konflik)
  19. Apakah yang akan anda lakukan apabila anda bisa terpilih menjadi ketua kelas atau ketua mahasiswa? ( Silakan anda berpikir lebih kreatif dan buatlah mereka lebih terkesan)
  20. Apakah yang akan anda lakukan apabila anda terlalu sibuk di dalam aktivitas mahasiswa atau kegiatan ekstrakurikuler sehingga berakibat nilai akademik Anda Mengalami penurunan? ( Mereka ingin mengetahui Sejauh manakah Anda memikirkan berbagai macam solusi serta Sejauh manakah Anda serius di dalam menuntut ilmu)
  21. Mengapa anda memerlukan beasiswa ini? ( silakan Anda jawab dengan sejujur-jujurnya)
  22. Silahkan bercerita pengalaman anda ketika menjadi leader? ( Mereka ingin mengetahui potensi yang ada dalam diri anda serta kemampuan kepemimpinan anda. Tentunya tidak harus pada organisasi formal.Anda tentunya dapat menjadi seorang leader pada saat mengatur kerja kelompok maupun pada saat mengelola suatu proyek)
Baca Juga   Contoh Wawancara Kerja Di Bank

Demikianlah 22 contoh wawancara beasiswa yang sering kali keluar dan digunakan sebagai panduan awal dan bahan belajar bagi anda untuk mempersiapkan berbagai macam jawaban sehingga jawaban-jawaban yang akan Anda berikan nantinya bisa lebih berbobot dan bermakna serta memberikan kesan baik pada pihak penguasa cara sehingga pada akhirnya tujuan anda untuk memperoleh beasiswa tersebut bisa tercapai. Terima kasih dan selamat belajar, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Melaksanakan kegiatan wawancara di TV atau televisi bisa jadi menjadi hal yang cukup rumit untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *