Home / Wawancara / Contoh Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Contoh Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Kemampuan seseorang di dalam menggunakan bahasa inggris sangatlah mempengaruhi diterima atau tidaknya lamaran dia pada sebuah perusahaan. Bisa dikatakan, bahasa inggris di saat sekarang ini menjadi syarat mutlak guna bisa menambah nilai pelamar kerja supaya dapat dipertimbangkan untuk menempati sebuah posisi di sebuah perusahaan. Terdapat cukup banyak lowongan pekerjaan yang memiliki persyaratan mampu menggunakan bahasa inggris dengan baik dan benar. Oleh sebab itulah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan contoh wawancara kerja bahasa inggris yang bisa anda gunakan sebagai bahan acuan untuk belajar.

Contoh Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Tentunya, sejumlah hal kecil seperti informasi mengenai pekerjaan lama, kegiatan memperkenalkan diri, posisi yang diharapkan, tentunya bisa dilakukan dengan berkomunikasi menggunakan bahasa inggris secara aktif. Oleh sebab itulah, alangkah baiknya apabila anda memiliki persiapan dini guna dapat lebih tenang di dalam memulai memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa inggris. Pada posting kali ini penulis akan mencoba untuk mengenalkan contoh wawancara kerja yang menggunakan bahasa inggris. Walaupun sifatnya hanya merupakan pertanyaan serta jawaban yang cukup sederhana, namun anda harus tetap memperhatikan penggunaan grammar di dalam berbahasa inggris.

Tips di dalam memperkenalkan diri menggunakan bahasa inggris

Di bawah ini adalah sejumlah tips supaya anda bisa lancar di dalam memperkenalkan diri menggunakan bahasa inggris pada saat wawancara kerja atau interview, di antaranya adalah:

  1. Selalu berikan salam kepada pihak pewawancara anda
  2. Jangan lupa untuk selalu bersikap tenang dan jangan lupa untuk selalu senyum
  3. Tingkatkan rasa kepercayaan diri anda
  4. Mulailah untuk memperkenalkan diri pada saat anda sudah yakin siap
  5. Silakan sampaikan mulai dari nama lengkap,,, umur, serta dapat pula mengenai keluarga secara perlahan-lahan
  6. Akhiri sesi perkenalan diri dengan mengucapkan terima kasih

Silahkan anda buat supaya sesi perkenalan menjadi salah satu sesi yang bisa membuat pihak pewawancara terkesan dengan anda. Menggunakan bahasa seperti pada kegiatan percakapan sehari-hari guna dapat lancar pada saat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Silakan anda bersikap dengan tenang supaya apa saja yang hendak anda sampaikan bisa diterima oleh pihak pewawancara.

Cukup banyak orang yang mengalami kegagalan di dalam sesi perkenalan diri disebabkan karena kurang tenang. Oleh sebab itu, letak kesuksesan di dalam perkenalan diri yaitu bagaimana supaya tetap terlihat tenang ketika wawancara kerja sedang dimulai. Siapkan pula vocabullary serta kosa kata berbahasa inggris yang nantinya akan digunakan.

Baca Juga   Daftar Pertanyaan Wawancara Kerja

Di bawah ini adalah sejumlah pertanyaan yang seringkali diajukan dengan menggunakan bahasa inggris, mulai dari memperkenalkan diri sampai dengan beberapa pertanyaan yang lebih bersifat personal. Silakan disimak.

1. Selamat pagi, dapatkah anda memperkenalkan diri anda dengan singkat? Jika diterjemahkan kedalam bahasa inggris maka akan berbunyi “good morning, could you introduce yourself briefly?”

Jawaban yang bisa anda berikan yaitu “hi, my name is purwanto. Please call me wanto. I am 27 years old. I have done my bachelor degree in technique from semarang university last year. I apply for marketing manager position. I believe i am proper for this position because i have some experiences about marketing from my last job”. Jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia maka akan berbunyi “hai perkenalkan nama saya adalah purwanto, silakan panggil saya dengan wanto. Saya berusia 27 tahun. Saya merupakan lulusan sarjana teknik dari universitas semarang di tahun yang lalu. Saya melamar pekerjaan sebagai manager marketing. Saya memiliki keyakinan cocok pada posisi tersebut disebabkan saya mempunyai sejumlah pengalaman pada bidang penjualan dari pekerjaan saya yang terakhir”.

2. “good morning, my name is asmiranda. You can call me asmi. I am 27 years old. I am fresh graduate bachelor degree in public relation from surabaya university. I was red in internet that your company need an assistant manager. I love to meet a new people. I fluent in english, france and korean, france and english language”.

Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia, maka kalimat diatas memiliki arti “selamat pagi, nama saya adalah asmirandah. Anda bisa memanggil saya azmi. Saya memiliki umur 27 tahun. Saya merupakan lulusan dari universitas surabaya. Saya membaca informasi dari internet bahwa perusahaan anda sedang membutuhkan asisten manager. Saya tentunya orang yang sangat menyukai bertemu dengan orang-orang baru. Selain itu, saya juga lancar menggunakan bahasa korea, perancis dan inggris”.

3. Apa alasan anda tertarik melamar pekerjaan pada posisi tersebut? “why do you interested to apply on this position?”

Jawaban yang diberikan yaitu “i interested to apply on this position because i have experience and that is my passion and i am love to working with team”yang diterjemahkan kedalam bahasa indonesia akan memiliki arti “saya cukup tertarik untuk melamar pada posisi tersebut disebabkan saya mempunyai pengalaman pada posisi itu dan merupakan satu buah kesenangan bagi saya dan tentunya saya sangat menyukai bekerja pada sebuah tim”.

Baca Juga   Contoh Pertanyaan Wawancara Masuk Organisasi

Silakan anda berikan sejumlah penjelasan yang dapat memberikan gambaran akan ketertarikan anda pada pekerjaan yang anda lamar tersebut. Supaya pihak pewawancara melihat tingkat keseriusan anda untuk dapat berada pada posisi yang dilamar tersebut.

4. Apa alasan anda meninggalkan pekerjaan yang lama? “why did you leave your last job?”

Anda bisa menjawab pertanyaan di atas dengan “i leave my last job because i want more experiences”yang mana, apabila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia akan berbunyi “saya keluar dari pekerjaan yang lama disebabkan saya menginginkan pengalaman lebih banyak”

Jangan lupa untuk selalu memberikan kesan bernada positif bahwa anda merupakan orang yang mempunyai semangat yang cukup tinggi pada perubahan. Rata-rata, pihak perusahaan akan menyenangi setiap orang yang mempunyai sifat mudah berkembang dan dinamis.

Apa saja kelebihan yang anda miliki? Mohon sebutkan tiga buah saja? “what are your strengths? Please specify three of them?”. Jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah “my strengths are, i am a good planer, i like to learn new thing, and i can work in underpressure condition”yang mana, apabila kalimat tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia akan berbunyi “kelebihan yang saya miliki yaitu saya merupakan seorang perencana yang cukup baik, saya menyenangi belajar akan sesuatu yang baru serta saya bisa bekerja pada kondisi dengan penuh tekanan”

Silakan anda sampaikan sejumlah kelebihan tanpa harus terlalu terlihat berlebihan. Tetap jaga supaya bersahaja walaupun anda mempunyai cukup banyak kelebihan. Silakan anda berikan kesan yang menyenangkan kepada pihak wartawan.

5. Sebutkan kelemahan anda, mohon sebutkan tiga macam saja? “what are your weakness? Please specify three of them?”

Jawaban atas pertanyaan di atas yaitu “my weakness are, i often need more time to finish a job because of i am a perfectionist, i am a person that easily to get bored if i didn’t anything, and the last i am an introvet”. Apabila diartikan kedalam bahasa indonesia, maka akan berbunyi :”kelemahan yang saya miliki yaitu saya kadangkala membutuhkan waktu yang lebih lama guna bisa menyelesaikan pekerjaan disebabkan karena saya merupakan seorang yang cukup menyenangi sesuatu hal dengan hasil yang lebih sempurna. Saya merupakan seorang yang cukup mudah untuk bosan dan tentunya yang terakhir saya merupakan salah satu orang yang pendiam.

Baca Juga   Cara Membuat Guide Wawancara

Tentunya, anda tidak perlu untuk takut di dalam menyebutkan kelemahan yang anda miliki tersebut. Bahkan sebaliknya, hal tersebut tentu menunjukkan bahwasanya anda merupakan orang yang mengetahui sisi kelemahan yang ada pada diri anda sendiri serta mampu untuk menangani sejumlah kelemahan yang anda miliki supaya tidak begitu mengganggu anda di dalam melaksanakan pekerjaan pada posisi yang dilamar.

6. Apa yang anda pahami mengenai perusahaan ini? “what do you know about this company?”

Jawablah pertanyaan di atas dengan kalimat “that i knew your company is a big company in smartphone production”di mana apabila diterjemahkan kedalam bahasa indonesia akan berbunyi “apa yang saya ketahui tentang perusahaan ini yaitu merupakan perusahaan yang cukup besar di dalam proses produksi ponsel pintar”.

Tentunya, pengetahuan anda tentang perusahaan dimana anda melamar memiliki peranan yang cukup penting. Oleh sebab itulah, sebelum anda menuju ke proses wawancara atau interview kerja, alangkah baiknya anda mencari berbagai macam informasi yang bersifat mendasar tentang perusahaan yang dilamar.

Setelah anda berhasil melewati sesi perkenalan dengan cukup baik, maka rata-rata anda akan dilanjutkan untuk memasuki sesi pertanyaan tentang sejumlah hal yang berhubungan dengan posisi yang anda lamar tersebut. Contohnya adalah:

  1. Alasan mengapa anda memilih posisi tersebut
  2. Apa saja yang anda pahami mengenai profil perusahaan yang anda lamar
  3. Alasan mengapa anda keluar dari pekerjaan yang lama
  4. Apa saja kekuatan yang sudah dimiliki untuk tetap dapat berjuang pada posisi yang tersedia
  5. Apa saja kelemahan yang anda miliki serta teknik di dalam mengatasinya
  6. Alasan perusahaan untuk mau menerima anda bekerja
  7. Dan sejumlah pertanyaan yang lainnya.

Semoga saja, sejumlah contoh wawancara kerja bahasa inggris serta jawabannya diatas bisa membantu anda yang sekarang ini sedang mencari pekerjaan maupun yang telah memperoleh panggilan wawancara kerja di dalam waktu yang cukup dekat. Silakan manfaatkan dan pakailah terus tenses berbahasa inggris yang tepat guna menjawab sejumlah pertanyaan.

Check Also

Tips Wawancara Beasiswa Masuk Sekolah Maupun Kuliah

Tips Wawancara Beasiswa Masuk Sekolah Maupun Kuliah Dan Terbukti Berhasil

Apabila kita mendengar kabar bahwa sudah berhasil menempuh sejumlah tahapan pada seleksi penerimaan beasiswa pastinya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *