Home / Materi Umum / Gambaran Umum Tes Psikotes Bumn

Gambaran Umum Tes Psikotes Bumn

Bumn adalah perusahaan milik negara yang beroperasi dalam berbagai bidang. Untuk masuk dan bekerja di perusahaan negara tersebut anda harus mengikuti seleksi yang di laksanakan. Selain mengirim syarat syarat administrasi anda juga harus mengikuti seleksi dengan mengerjakan soal psikotes. Soal tes psikotes bumn ada beberapa tahapan tes psikotes yang harus dilakukan oleh para pelamar. Mungkin tahapan tersebut tidak semuanya sama untuk perusahaan bumn satu dengan yang lainnya, namun hampir semua bumn menjalankan tes psikotes berikut ini.

Cara menyiasati tes psikotes bumn

Ada beberapa sesi yang dilaksankan untuk tes psikotes bumn. Sesi pertama merupakan tes pengetahuan umum, persamaan dan perbedaan kata serta hubungan kata, pengertian dan logika. Selain itu untuk sesi kedua, tes yang dilakukan adalah tes aritmetika dasar, deret angka, kemudian angka yang diberi kertas kosong untuk dicoret coret. Sesi dua ini umumnya waktu yang di berikan sangat cepat. Selanjutnya sesi 3, tes potongan gambar. Tes ini merupakan sebuah tugas dimana anda membuat potongan potongan menjadi bangun ruang. Tes ini menuntut anda untuk bisa membayangkan bangun yang bisa dibuat dengan berbagai bidang dalam pikiran.

Tes psikotes bumn untuk sesi empat adalah hafalan. Anda disuruh untuk menghafal setiap lembar tersebut. Umumnya dari masing-masing kertas tersebut terdiri dari 5 hingga 6 kata. Untuk tes sesi ini cukup mudah. Tes ini mengandalkan ingatan dan hafalan yang ada di dalam kertas. Misalnya di kertas 1untuk kategori bunga : dahlia, soka, yasmin, melati, flamboyan. Perkakas : cangkul, kikir, palu, wajan, jarum. Kesenian : arca, gamelan, opera, quintet, ukiran. Binatang : burung, harimau, rusa, kerbau, macan.

Contoh tes psikotes bumn tersebut wajib anda pelajari. Karena bisa dijadikan acuan untuk tes psikotes bumn bagi anda yang akan melamar kerja di bumn. Salah satu hal yang perlu anda persiapkan selain cv dan lamaran yang bagus adalah mengerjakan tes psikotes ini. Banyak banyaklah berlatih untuk mengerjakan psikotes. Karena dengan banyak berlatih akan mengasah kepercayaan diri dan pemahaman anda mengenai soal soal psikotes yang diberikan .

Check Also

contoh soal tes psikotes sma

Kumpulan soal tes psikotes

Setiap orang yang hendak mengikuti ujian tes psikotes tentunya mencari berbagai macam kumpulan soal tes ...