Home / Materi Umum / Hal yang perlu dipertimbangkan ketika hendak pindah kerja

Hal yang perlu dipertimbangkan ketika hendak pindah kerja

Pindah kerja atau sering disebut juga dengan istilah resign merupakan sebuah kondisi dimana seseorang berpindah dari tempat kerja lama ke tempat kerja yang baru. Pindahnya tempat kerja seseorang biasanya disebabkan oleh banyak factor. Namun, sebelum memutuskan untuk pindah kerja, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Hal tersebut dikarenakan pindah tempat bekerja merupakan bagian yang sangat penting posisinya dalam kehidupan.

Hal yang perlu dipertimbangkan ketika hendak pindah kerja

Berbagai macam penyebab seseorang memutuskan untuk pindah kerja atau resign adalah :

  1. Tempat kerja yang lama tidak memberikan jaminan kesejahteraan hidupnya
  2. Banyak masalah yang ada pada tempat kerja
  3. Jumlah honor atau gaji yang tidak sesuai dengan kinerjanya
  4. Jenis pekerjaan yang ditanggungnya tidak sesuai dengan ketrampilan yang dimilikinya
  5. Tidak ada keharmonisan antar teman atau dengan pimpinan
  6. Dan alas an-alasan lainnya

Memang jika salah satu atau lebih dari penyebab seseorang ingin pindah kerja diatas sudah ada, kadang kita sudah tidak bisa mempertimbangkan berbagai macam hal yang sebenarnya perlu mendapatkan pertimbangan khusus. Hal tersebut tentunya supaya kita tidak menyesal nantinya ketika keputusan yang kita ambil meninggalkan tempat kerja yang lama benar-benar dilakukan.

Apa saja pertimbangan khusus yang harus kita pikirkan sebelum pindah tempat kerja? Berikut ulasannya:

  1. Pastikan tempat kerja yang baru memberikan prioritas yang lebih tinggi bagi anda dalam hal jaminan kesejahteraan. Jika tempat kerja yang baru ternyata belum berani memberikan jaminan kesejahteraan yang lebih baik dari tempat kerja yang lama, lebih baik anda urungkan niat untuk berpindah tempat kerja.
  2. Honor dari tempat kerja yang baru juga minimal adalah sama dengan yang lama.
  3. Pastikan bahwa jenis pekerjaan yang nantinya akan anda dapatkan adalah sesuai dengan ketrampilan dan kemampuan anda. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada saat wawancara.
  4. Tempat kerja yang baru harus bisa menambah motivasi dan semangat bekerja.
  5. Pastikan juga calon teman kerja di tempat kerja yang baru bisa diajak kerja sama dan memiliki rasa solideritas serta kekeluargaan yang bagus dan kuat. Ingat, ditempat kerja carilah teman sebagai keluarga, bukan hanya sekedar teman kerja saja.
  6. Pastikan juga tempat kerja yang baru merupakan tempat kerja yang kedepannya memiliki potensi berkembang yang cukup tinggi. Janganlah ada pindah ketempat kerja yang situasinya sudah tidak bagus dan kelihatan akan bubar atau bangkrut.
  7. Pastikan juga fasilitas akan didapat pada tempat kerja yang baru lebih bagus dibandingkan dengan fasilitas yang didapat di tempat kerja yang lama.

Demikiannlah beberapa pertimbangan yang harus anda perhatikan jika memang ingin berpindah tempat kerja atau resign. Semoga anda tidak salah langkah dalam memutuskan perpindahan tempat kerja tersebut. Terima kasih dan salam sukses untuk anda.

Check Also

Tes psikotes bergambar untuk mengasah kemampuan menggambar

Tes psikotes bergambar untuk mengasah kemampuan menggambar

Sejumlah orang tentunya menyukai kegiatan menggambar. Namun belum tentu tes psikotes bergambar bisa disukai oleh setiap ...