Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Inilah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Banyak Dirahasiakan Pihak HRD
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Banyak Dirahasiakan Pihak HRD

Inilah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Banyak Dirahasiakan Pihak HRD

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk bisa bekerja pada perusahaan idaman, disamping harus mempersiapkan soft skill dan hard skill yang anda miliki, sesuatu yang tidak kalah pentingnya yaitu pembuatan surat lamaran pekerjaan. Bisa dikatakan bahwa surat lamaran kerja adalah sebuah gerbang utama yang nantinya bisa menentukan apakah anda layak untuk diterima di bagian yang anda lamar atau tidak.

Intinya, anda yang berperan sebagai job seeker wajib bisa mempromosikan diri supaya pihak perusahaan tertarik untuk bisa merekrut anda. Sebagai salah satu dari fresh graduate yang hendak masuk ke dalam dunia kerja, ternyata cukup banyak yang masih merasa bingung Bagaimana teknik di dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Sejumlah hal yang kerap kali ditemukan di dalam membuat surat lamaran kerja yaitu dibuat dengan berbelit-belit dan menjadikan staff HRD justru merasa bosan. Apabila terjadi seperti itu, maka kesempatan anda untuk bisa masuk pada perusahaan idaman dapat bilang begitu saja.

Hampir pasti, anda tidak mengharapkan kondisi tersebut akan terjadi bukan? Oleh sebab itulah, di bawah ini penulis akan mencoba rangkum dari sejumlah sumber cara cara menulis surat lamaran kerja yang baik supaya pihak perusahaan bisa lebih tertarik.

1. Menuliskan Nama Lengkap Dengan Alamat Surat Yang Hendak Dituju

Silakan Anda Tulis nama surat yang hendak dituju serta lengkapi alamat perusahaan. Lengkapi pula untuk menulis tanggal Kapan surat lamaran tersebut dibuat. Menuliskan tanggal Kapan surat tersebut dibuat rata-rata terletak pada bagian pojok kanan sebelah atas. Apabila anda tidak mengetahui nama pihak HRD suatu perusahaan, anda cukup mengosongkan kolom tersebut. Artinya, anda dapat menuliskan dengan kalimat “Yth. Bapak/Ibu”.

Baca Juga   Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Guru SD

Contoh:

Cilacap, 17 Desember 2019

Kepada            

Yth. Bapak/ Ibu

HRD PT. Merdeka raya

Jalan dipokusumo nomor 17, Cilacap

2. Menuliskan Salam Hormat Serta Pembukaan

Pada kata pengantar maupun bagian pembuka di dalam surat lamaran kerja diwajibkan untuk dicantumkan Dari mana Anda memperoleh informasi tentang lowongan kerja perusahaan yang dibuka. Contohnya adalah dari surat kabar atau pun internet atau bahkan dari teman anda. Selanjutnya, Sebutkan pula posisi dari jabatan pekerjaan yang anda lamar pada perusahaan tersebut.

Contoh:

Berdasarkan informasi adanya lowongan pekerjaan yang yang diupload lewat website jobstreet, saya memiliki maksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/ Ibu Pimpin untuk bisa menduduki posisi sales manager di PT Merdeka Raya.

3. Lengkapi Biodata Pribadi

Silakan Anda menuliskan dengan rinci mulai dari nama lengkap, nomor telepon, nomor handphone, alamat lengkap, email dan lain-lain. Apabila anda berkeinginan untuk mencantumkan Latar belakang pendidikan, silakan Anda Tulis latar belakang pendidikan yang paling tinggi.

Contoh:

Nama lengkap : Aris Munandar

Tempat dan tanggal lahir : Cilacap 17 Desember 1998

Alamat email : Aris_Munandar@gmail.com

Nomor telepon : 086 032 456 789

4. Kemampuan Dan Pengalaman Kerja Yang Anda Miliki

Apabila anda merupakan fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman bekerja, anda dapat mencantumkan pengalaman kerja apabila anda sudah pernah kerja magang pada suatu perusahaan. Anda tentunya dapat meneruskan organisasi mana saja yang pernah diikuti dan kira-kira memiliki keterkaitan dengan posisi pekerjaan yang anda lamar.

Tulis pula kemampuan yang sekiranya diperlukan pada perusahaan tersebut. Anda bisa menulis dalam bentuk kalimat yang padat dan singkat, akan tetapi mampu menjelaskan semuanya. Harap untuk diingat bahwa anda sedang menulis surat, bukan mengarang artikel. Pada bagian akhir kalimat, silakan Anda menulis bagi pembaca bahwasanya anda memiliki keinginan yang cukup kuat supaya bisa diterima bekerja pada perusahaan tersebut.

Baca Juga   Contoh Soal Logika Dan Jawabannya

Contoh:

Saya memiliki kemampuan bekerja pada sebuah tim, memiliki rasa keingintahuan yang cukup tinggi, serta mempunyai tingkat kemampuan berkomunikasi dengan cukup baik. Pada masa perkuliahan, saya juga aktif mengikuti Sejumlah organisasi, Salah satunya yaitu Himpunan Mahasiswa komunikasi serta menjabat untuk bagian humas atau hubungan masyarakat. Adapun posisi yang yang saya ajukan Yaitu sesuai dengan pengalaman dan minat saya. Saya memiliki kepercayaan bahwa saya nantinya bisa menjadi anggota yang baik bagi perusahaan.

5. Bagian Penutup

Silakan Anda tulis suatu kalimat penutup yang cukup manis bagi surat lamaran kerja yang anda tulis. Jangan lupakan pula untuk menyampaikan ucapan terima kasih.

Contoh:

Sekian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, saya memiliki harapan besar agar diberikan kesempatan untuk bisa ikut di dalam seleksi interview kerja supaya saya bisa menerangkan sejumlah potensi yang ada pada diri saya secara rinci. Atas perhatian bapak/ Ibu saya ucapkan terima kasih.

6. Bagian Lampiran Pada Surat Lamaran Pekerjaan

Supaya pihak perusahaan yang Anda kirim surat semakin tertarik serta bisa menerima Anda, bagian lampiran juga merupakan hal yang bisa menambah nilai jual anda. Namun, terdapat sejumlah perusahaan yang akan meminta anda untuk melampirkan hal yang tidak umum, misalkan transkip nilai, surat kesehatan dan yang lainnya.

Pada bagian ini, Anda harus mencermati Syarat apa sajakah yang wajib dilampirkan Pada saat Anda hendak melamar pekerjaan. Sejumlah contoh yang sebaiknya Anda lampirkan pada surat lamaran pekerjaan yaitu:

  • Pas foto/ foto paling baru
  • CV atau curriculum vitae atau daftar riwayat hidup
  • Sejumlah salinan sertifikat kompetensi, baik hasil dari pelatihan atau kursus yang sudah pernah anda ikuti
  • Portofolio
Baca Juga   Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar Sesuai Petunjuk HRD Perusahaan

7. Bagian Hormat Saya Yang Berupa Tanda Tangan Serta Nama Lengkap

Bagian tanda tangan serta nama lengkap letaknya berada di bagian pojok sebelah kanan surat.

Contoh:

Hormat saya

—- tanda tangan—-

Aris Munandar

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana cara membuat atau menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar serta masih cukup dirahasiakan oleh pihak HRD. Jika anda bisa menerapkan beberapa panduan menulis surat di atas, maka besar kemungkinan pihak HRD bisa menerima surat lamaran anda dan bisa meloloskan anda ketahap wawancara atau interview kerja. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Soal Psikotes Hakim Atau Calon Hakim

Latihan Soal Psikotes Hakim Atau Calon Hakim Terbaru Dan Paling Populer

Barangkali, sekarang ini anda sedang mencari berbagai macam bahan rujukan untuk mendukung pelaksanaan tes psikotes ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *