Home / Wawancara / Inilah Kumpulan Jenis Jenis Wawancara Paling Baru

Inilah Kumpulan Jenis Jenis Wawancara Paling Baru

Pembahasan mengenai wawancara atau interview cukuplah banyak. Termasuk pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk mengulasjenis-jenis wawancara yang masih diaplikasikan pada berbagai macam kegiatan. Dengan memahami beragam jenis wawancara, maka nantinya masing-masing pihak yang terlibat pada wawancara tersebut akan bisa memposisikan diri sebaik mungkin serta bisa melaksanakan wawancara dengan baik dan benar sehingga pada akhirnya akan didapat hasil wawancara sesuai dengan harapan.

Jenis Jenis Wawancara

Jenis-jenis wawancara

Di bawah ini adalah beberapa jenis wawancara yang perlu anda ketahui bersama, diantaranya adalah:

  1. Wawancara terstruktur, yaitu sebuah kegiatan wawancara yang dikerjakan dengan cukup terencana dan menggunakan pedoman pada sejumlah daftar pertanyaan yang sudah dibuat sebelumnya.
  2. Wawancara tidak terstruktur, yaitu sebuah kegiatan wawancara yang tidak memiliki pedoman pada kumpulan pertanyaan.
  3. Wawancara terpimpin, yaitu sebuah kegiatan wawancara yang menggunakan pedoman pada sejumlah daftar pertanyaan yang sebelumnya sudah dipersiapkan
  4. Wawancara bebas, yaitu kegiatan wawancara yang tidak menggunakan pedoman pada daftar pertanyaan.
  5. Wawancara individu, yaitu kegiatan wawancara yang dikerjakan oleh pihak pewawancara dengan jumlah responden atau narasumber hanyalah satu orang.
  6. Wawancara kelompok, yaitu kegiatan wawancara yang dikerjakan oleh pihak pewawancara dengan jumlah responden, narasumber lebih dari 1 orang dan bisa berbentuk dalam sebuah kelompok dalam tempat dan waktu yang sama
  7. Wawancara konferensi, yaitu sebuah wawancara yang dikerjakan oleh 1 orang pewawancara dengan jumlah narasumber ebih dari satu serta dilaksanakan pada satu waktu dan satu tempat secara bersamaan. Selain itu, wawancara konferensi juga dapat dikerjakan oleh sejumlah pewawancara dengan jumlah narasumber adalah 1 orang pada waktu dan tempat yang sama.
  8. Wawancara terbuka adalah kegiatan wawancara yang dilaksanakan dengan dasar pertanyaan yang tidak terikat atau tidak terbatas jawabannya.
  9. Wawancara tertutup yaitu sebuah kegiatan wawancara yang dilaksanakan dengan dasar pertanyaan yang terbatas atau terkait jawabannya.
Baca Juga   Etika Wawancara Kerja

Langkah-langkah melaksanakan wawancara

Setelah kita memahami berbagai macam jenis wawancara yang sekarang ini masih berlaku, berikutnya kita pelajari sejumlah langkah pelaksanaan wawancara.

  1. Memilih topik atau tema wawancara
  2. Memilih responden atau narasumber
  3. Membuat daftar pertanyaan dengan menggunakan konsep 5w + 1h
  4. Melaksanakan wawancara dengan menggunakan bahasa yang baik atau benar serta santun
  5. Melakukan pencatatan terhadap sejumlah pokok informasi berdasarkan jawaban dari narasumber dan dapat dilakukan dengan memakai alat perekam sebagai alat bantunya
  6. Membuat laporan hasil wawancara

Contoh laporan hasil wawancara

Berikut ini adalah format dari contoh laporan hasil wawancara yang bisa anda buat. Silahkan disimak.

Laporan pelaksanaan hasil wawancara

  1. Tema/ topik :…………………………….
  2. Responden/ narasumber :…………………………….
  3. Waktu pelaksanaan :…………………………….
  4. Tempat pelaksanaan :…………………………….

Hasil pelaksanaan wawancara

Judul wawancara

Pertanyaan pertama:

Jawaban pertanyaan pertama:

Pertanyaan kedua:

Jawaban pertanyaan kedua:

Dan seterusnya

Demikianlah pembahasan singkat tentang jenis-jenis wawancara yang bisa saya ulas pada posting di kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda sekalian yang sekarang ini sedang membutuhkan sejumlah informasi yang berkaitan dengan jenis wawancara serta langkah-langkah di dalam melaksanakan wawancara. Terima kasih dan selamat bekerja.

Check Also

Tips Wawancara Beasiswa Masuk Sekolah Maupun Kuliah

Tips Wawancara Beasiswa Masuk Sekolah Maupun Kuliah Dan Terbukti Berhasil

Apabila kita mendengar kabar bahwa sudah berhasil menempuh sejumlah tahapan pada seleksi penerimaan beasiswa pastinya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *