Home / Materi Umum / Inilah Syarat Dan Cara Lengkap Pendaftaran Pada SBMPTN Terbaru
Syarat Dan Cara Lengkap Pendaftaran Pada SBMPTN

Inilah Syarat Dan Cara Lengkap Pendaftaran Pada SBMPTN Terbaru

Apakah anda sekarang ini sudah memiliki nilai UNBK? Apakah anda sudah paham perkiraan akan mendaftar pada Universitas serta jurusan apa? Setelah adanya pengumuman pelaksanaan UNBK atau Ujian Nasional berbasis komputer, anda nantinya melanjutkan pada proses pendaftaran di perguruan tinggi lewat SBMPTN. Lantas, Kapan kah anda bisa mendaftar? Harap diingat bahwa SBMPTN biasanya akan dibuka pada bulan Juni setiap tahunnya.

Seperti yang Setelah Anda pahami bahwa cara mendaftar SBMPTN dari tahun ketahun biasanya mengalami perbedaan. Syarat yang diperlukan ketika masuk ke lembaga tes masuk perguruan tinggi atau LTMTP yaitu calon peserta wajib untuk ikut pelaksanaan UNBK serta nilainya dijadikan bekal pada pendaftaran-sbmptn.

Syarat Untuk Ikut SBMPTN

Dengan melihat informasi resmi pada website SBMPTN, terdapat 8 syarat yang wajib anda penuhi, diantaranya adalah:

  1. Peserta merupakan siswa SMA, SMK dan Ma maupun yang sederajat pada lulusan 2 tahun sebelumnya dan telah memiliki ijazah
  2. Untuk siswa SMA, SMK dan MA ataupun sederajat yang lulus di tahun terakhir harus memiliki surat keterangan Lulus pendidikan menengah, minimal berisi informasi tentang jati diri serta pasfoto berwarna terbaru, ditandatangani kepala sekolah serta diberikan Stempel yang sah
  3. Peserta mempunyai nilai UNBK
  4. Peserta memiliki kesehatan yang cukup, Sehingga nantinya tidak akan mengganggu proses studi
  5. Peserta mempunyai nomor induk siswa nasional atau NISN
  6. Untuk peserta yang yang memilih program studi olahraga dan bidang seni harus mengunggah portofolio. Penjabaran tentang portofolio bisa dilihat pada website resmi SBMPTN
  7. Pembiayaan UNBK ditanggung oleh peserta serta disubsidi oleh pemerintah

Langkah-Langkah Pendaftaran SBMPTN

Setelah anda berhasil memenuhi syarat-syarat di atas, maka anda bisa melanjutkan untuk mendaftar. Berikut ini adalah urutannya.

Baca Juga   Sejumlah Bidang Kerja Bagi Jurusan Astronomi Yang Perlu Diketahui
  1. Pendaftaran SBMPTN bisa dimulai dengan mengakses halaman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id/
  2. Peserta mengisi identitas, kecuali peserta yang telah terdaftar pada SNMPTN
  3. Peserta menentukan PTN dan juga program studi. Masing-masing peserta hanya bisa memilih maksimal 2 PTN serta memilih maksimal 2 program studi
  4. Untuk peserta yang mendaftar pada program studi di bidang olahraga dan seni, diharuskan untuk mengupload portofolio. Jenis dari portofolio dibagi menjadi 9, yaitu kriya, desain, seni rupa, film dan televisi, fotografi, etnomusikologi, seni karawitan, musik, teater, tari dan olahraga.

Program Studi Serta Ketentuan Jumlah Yang Dipilih

Program studi yang terdapat pada PTN dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok soshum dan kelompok saintek Anda bisa memilih program studi berdasarkan keinginan, dengan jumlah paling banyak atau maksimal 2 program studi, dengan aturan:

  1. Jika memilih program studi pada kelompok saintek, maka peserta harus mengikuti kelompok ujian saintek
  2. Jika memilih program studi pada kelompok soshum, maka peserta harus mengikuti kelompok ujian soshum
  3. Jika memilih program studi pada kelompok saintek dan soshum, maka peserta wajib mengikuti kelompok ujian saintek dan juga kelompok ujian soshum.

Bagian yang perlu mendapatkan perhatian bahwa masing-masing peserta diharapkan lebih teliti ketika memasukkan urutan pada saat memilih program studi, sebab urutan yang ada nantinya digunakan sebagai prioritas pilihan. Semoga saja, formasi di atas bisa memberikan gambaran secara umum kepada anda yang baru lulus dari SMA atau SMK dan MA yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri. Terima kasih.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Manfaat Magang Kerja Pada Perusahaan Startup

Sejumlah Manfaat Magang Kerja Pada Perusahaan Startup

Sejumlah Mahasiswa memiliki anggapan bahwa perusahaan yang besar merupakan perusahaan yang paling pas untuk mereka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *