Home / Tips dan Trik / Kenali Karakteristik Dan Trik Pengerjaan Tes Psikotes Wartegg

Kenali Karakteristik Dan Trik Pengerjaan Tes Psikotes Wartegg

Tes psikotes wartegg merupakan salah satu tes psikotes yang sering diujikan oleh perusahaan untuk seleksi karyawan baru. Tes ini tidak seperti jenis tes psikologi lainnya, yang meminta anda untuk memilih jawaban soal yang sesuai. Hampir sama dengan draw test atau tes menggambar yang pada umumnya peserta diminta untuk menggambar pohon, rumah maupun orang. Pada tes ini peserta diminta untuk menuangkan kreatifitas dan imajinasinya untuk menggambar pada kotak yang disediakan, dimana dalam setiap kotaknya terdapat sebuah karakter yang harus dikembangkan.

Karakteristik Tes Psikotes Wartegg

Tes psikotes wartegg merupakan sebuah tes yang dibuat untuk mengetahui kepribadian para calon karyawannya melalui hasil gambar yang mereka buat dan mereka inginkan. Pada tes ini terdapat 8 kotak, yang di setiap kotaknya terdapat bentuk atau pola tertentu yang harus dilanjutkan oleh para peserta tes sesuai dengan keinginan peserta. Dalam tes wartegg ini ada dua kategori pola gambar, yakni pola garis lurus yang terdapat pada kotak nomor 3,4,5,6 dan pola garis melengkung yang terdapat pada kotak nomor 1,2,7,8.

Tips Mengerjakan Tes Psikotes Wartegg

Untuk dapat mengerjakan tes psikotes wartegg dengan hasil yang baik, anda dapat mengerjakan pola yang paling mudah terlebih dahulu. Selanjutnya urutan gambar secara urut dan acak. Anda dapat mengerjakannya dengan urutan 1,2,3,4,8,7,6,5. Namun sesuaikan juga dengan instruksi pengerjaan. Urutan ini cukup penting karena dipandang sebagai skala sikap dan prioritas seseorang dalam pekerjaannya. Selanjutnya terkait dengan pola gambar sebaiknya anda menggambar objek hidup untuk pola lengkung dan objek mati untuk pola garis lurus agar tidak terkesan kaku.

Selain itu, yang perlu anda ketahui beberapa orang juga berpendapat bahwa bagi mereka yang berjenis kelamin laki-laki akan dianggap mengalami kelainan seks apabila mengerjakan gambar nomor 5 terlebih dahulu. gambarlah sekreatif mungkin untuk menunjukkan kecerdasan anda, dan sebaiknya hindari terlalu sering menghapus gambar karena akan menonjolkan sisi keraguan anda. Itulah beberapa trik dalam mengerjakan tes psikotes wartegg, semoga bermanfaat..

Check Also

Lulus tes psikotes termudah dan tercepat

Lulus tes psikotes termudah dan tercepat

Siapa sih yang tidak ingin lulus tes psikotes dengan mudah dan cepat? Siapapun pasti menginginkan hal ...