Home / Tips dan Trik / Kuasai Bentuk Soal Tes Psikotes Cpns

Kuasai Bentuk Soal Tes Psikotes Cpns

Hampir setiap lulusan perguruan tinggi menantikan adanya lowongan kerja atau penerimaan cpns. Dimana menjadi pegawai negeri hingga saat ini memang menjadi profesi yang didambakan setiap orang. Oleh karena itulah yang menjadikan peluang di terima sebagai cpns menjadi semakin kecil. Namun tetap saja mereka yang sedang membutuhkan pekerjaan tetap bersaing dalam mendapatkan posisi yang walaupun hanya di butuhkan dalam hitungan jari saja. Untuk itulah para pendaftar yang memenuhi passing grade lah yang mendapatkan posisi tersebut. Tes psikotes cpns merupakan salah satu bentuk ujian yang terdapat dalam tes ujian cpns. Ingin mengetahui lebih lanjut, silahkan simak contoh bentuk tes psikotes cpns

Kenali tes psikotes cpns

Selain tes tkd dalam mengikuti tes cpns, peserta akan disuguhi tes psikotes cpns, dimana terdapat beberapa bentuk tes psikotes yang harus dikerjakan. Salah satunya adalah tes logika aritmatika. Model dari tes ini adalah disediakan deret angka. Tujuan dari bentuk tes logika ini adalah untuk mengetahui kemampuan dalam menganalisa dan memahami pola atau kecenderungan deret angka dan dilajutkan dengan prediksi tertentu. Tips dalam mengerjakan soal logika ini adalah untuk lebih fokus ke deret angka secara keseluruhan, bukan pada 2 atau 3 angka dari deret saja.

Bentuk tes psikotes cpnsselanjutnya adalah penalaran. Dalam bentuk soal ini, diharapkan peserta ujian mampu memahami pola atau kecenderungan yang di tampilkan dalam 2 atau 3 gambar maupun sebuah dimensi. Dengan konsentrasi yang kurang dan terburu-buru soal semacam ini tentunya akan membingungkan. Tips menghadapi soal ini hanyalah berkonsentrasi, teliti dan hati-hati. Pasalnya soal yang di tawarkan sekilas nampak sama, namun sejatinya terdapat bagian yang tak sama.

Tes psikotes cpns selanjutnya adalah tes analog verbal. Umumnya jumlah soal yang di sediakan sebanyak 40 soal. Dimana terdapat soal yang menanyakan akan sinonim, antonym kata analog suatu kata. Dengan mengerjakan bentuk tes psikotes cpns anlog verbal akan diketahui kemampuan logika peserta dalam suatu kondisi. Tidak hanya itu dari jawaban soal jenis ini akan diketahui sejauh mana peserta ujian mampu memahami sebab akibat suatu peristiwa atau permasalahan.

Check Also

Menghadapi tes psikotes dengan tenang

Siapapun pastinya akan merasa tidak tenang ketika hendak menghadapi tes psikotes. Perasaan tidak tenang itulah yang kadangkala ...