Home / Wawancara / Kumpulan Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali Dan Dilengkapi Dengan Jawabannya
Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali

Kumpulan Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali Dan Dilengkapi Dengan Jawabannya

Spesial buat Anda yang telah merampungkan pendidikan di bangku kuliah baik di sekolah tinggi maupun di Universitas, artinya adalah setelah itu Anda akan masuk ke dalam dunia pekerjaan. Biasanya, bagi sejumlah fresh graduate, interview atau wawancara kerja merupakan hal pertama yang akan mereka hadapi, sebab di periode sebelumnya belum memiliki pengalaman kerja.

Memperoleh suatu pekerjaan tentunya bukanlah perkara yang mudah. Terlebih, pada tahun sekarang ini, anda akan menghadapi sebuah kebijakan yang akan membebaskan masyarakat dari negara lain masuk ke wilayah Indonesia serta bersaing guna memperoleh pekerjaan atau sering dikenal dengan istilah pasar bebas. Hal ini tentunya akan menjadikan saingan pencari kerja semakin banyak.

Interview kerja merupakan salah satu bagian yang bisa menentukan Anda diterima atau tidak bekerja pada sebuah perusahaan. Anda wajib untuk dapat memberikan jawaban terhadap sejumlah pertanyaan yang diberikan pada sesi wawancara dengan tepat. Hindari untuk memberikan jawaban yang justru membuat penilaian semakin buruk terhadap diri anda.

Pertanyaan Interview Kerja Untuk Pertama Kali

Agar lebih jelas mengenai pertanyaan apa saja yang kerap kali dilontarkan pada saat interview atau wawancara kerja, Berikut ini adalah uraiannya.

1. Silakan Anda Jelaskan Tentang Diri Anda

Pada saat memberikan Jawaban pertanyaan di atas, hal yang wajib Anda kerjakan yaitu memberikan penjelasan mengenai diri anda. Siapakah nama lengkap Anda, lulusan dari perguruan tinggi mana serta Jurusan apa, lahir tanggal dan tahun berapa serta tinggal dimana. Sebagai tambahan, anda dapat mencoba untuk bercerita sedikit mengenai pengalaman anda berkaitan dengan bidang pekerjaan yang anda lamar di perusahaan tersebut.

Adapun pengalaman yang bisa anda sebutkan pada bagian ini tidaklah wajib pengalaman ketika anda bekerja pada sebuah perusahaan. Diijinkan untuk menyebutkan pengalaman anda ketika di bangku kuliah maupun pengalaman yang lainnya. Kesimpulannya, bagian yang paling penting adalah pengalaman yang tetap berkaitan dengan bidang pekerjaan, bukan menyebutkan pengalaman anda di dalam memperoleh pacar.

Baca Juga   Beberapa Pertanyaan Yang Sulit Dijawab Ketika Wawancara Kerja

2. Kenapa Anda Berkeinginan Bekerja Perusahaan Ini?

Hal yang cukup penting di dalam menjawab pertanyaan diatas yaitu memberikan jawaban dengan jujur. Sampaikan alasan yang paling mendasar mengapa anda lebih tertarik untuk bekerja pada perusahaan tersebut. Apabila anda menguraikan rasa ketertarikan anda dikarenakan perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang memiliki penghargaan atau achievement lumayan banyak di Indonesia lengkapi pula untuk menyebutkan apabila anda memiliki keinginan untuk menjadi di salah satu bagian yang ada didalamnya serta memiliki kesiapan untuk memberikan sesuatu yang terbaik Demi kemajuan perusahaan di dalam memperoleh penghargaan yang lainnya.

3. Apakah Yang Telah Anda Ketahui Mengenai Perusahaan Ini?

Sebelum Anda masuk ke dalam sesi wawancara, wajib bagi anda untuk membaca tentang perusahaan yang anda lamar tersebut. Pelajarilah Siapa CEO dari perusahaan, waktu perusahaan itu didirikan, bidang pekerjaan perusahaan, serta sejumlah hal yang lainnya seperti penghargaan yang telah diperoleh oleh perusahaan Apabila ada.

Agar bisa mengetahui hal-hal di atas bisa dilakukan dengan cukup mudah. Anda cukup mengunjungi halaman website resmi dari perusahaan yang anda lamar serta dapat pula mencari dari sejumlah pemberitaan baik di media konvensional maupun media online.

4. Sebutkan Kelebihan Anda

Jangan lupa memberikan jawaban atas pertanyaan di atas dengan jawaban yang paling jujur. Apabila boleh mencoba untuk memberikan jawaban, anda merupakan orang yang pantang menyerah, orang yang mau belajar, selalu on time, pekerja keras, mudah beradaptasi dan lain lain.

Akan tetapi, ingat, jawabannya harus jujur. Hindari pula memberikan jawaban yang pada dasarnya tidak terdapat pada diri anda serta tidak mampu untuk anda kerjakan. Sebab, pihak pewawancara nantinya akan menyesuaikan apa saja yang bisa anda jawab ketika wawancara dengan kehidupan yang nantinya akan terjadi setelah benda benar-benar diterima pekerja.

Baca Juga   Contoh Daftar Pertanyaan Wawancara

5. Sebutkan Kekurangan Diri Anda

Dilarang untuk memberikan jawaban atas pertanyaan di atas dengan jawaban “Saya adalah orang yang egois” ataupun “saya merupakan orang yang tidak dapat diam”. Berikan jawaban atas kekurangan diri Anda, namun sertakan pula langkah anda di dalam mengatasi kekurangan tersebut. Misalnya, “saya adalah orang yang tidak dapat dibilang pelupa, Oleh sebab itu, saya akan selalu berusaha membawa Catatan Kecil guna mencatat sejumlah hal yang harus saya kerjakan pada catatan tersebut”.

Demikianlah penjabaran singkat tentang sejumlah pertanyaan yang kerap kali ditanyakan ketika interview kerja. Lantas, Bagaimanakah pendapat anda? Secara umum, anda cukup mempelajari teknik Anda didalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan oleh pihak pewawancara sebaik-baiknya. Tidak perlu takut dan tidak perlu grogi. Apabila gugup, hal tersebut merupakan hal yang wajar, namun jangan membiarkan rasa gugup bisa mempengaruhi anda di dalam menjawab pertanyaan serta mengacaukan anda untuk tidak dapat meraih cita-cita yang telah di inginkan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Pertanyaan Yang Sulit Dijawab Ketika Wawancara Kerja

Beberapa Pertanyaan Yang Sulit Dijawab Ketika Wawancara Kerja

Untuk Anda yang baru saja menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi, pelaksanaan wawancara atau interview adalah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *