Home / Tips dan Trik / Kumpulan Tips Melamar Kerja Untuk Fresh Graduate Yang Baru Selesai Kuliah Atau Sekolah
Tips Melamar Kerja Untuk Fresh Graduate

Kumpulan Tips Melamar Kerja Untuk Fresh Graduate Yang Baru Selesai Kuliah Atau Sekolah

Sebagai salah satu bagian dari fresh graduate, target paling utama setelah menyelesaikan pendidikan yaitu bekerja. Pada saat anda berkeinginan untuk menjajaki dunia pekerjaan, Sudah barang tentu anda wajib untuk melewati kegiatan seleksi karyawan baru atau kerap kali dikenal dengan istilah recruitment. Namun, kadangkala tahapan ini dapat menjadi bagian yang menegangkan sekaligus menyenangkan bagi sejumlah fresh graduate. Sebab, pada bagian itulah secara umum kemampuan fresh graduate akan diuji, apakah sudah layak atau belum untuk dapat diterima bekerja pada perusahaan yang dilamar.

Dengan dasar sejumlah pengalaman yang penulis miliki ketika menjadi seorang recruiter, penulis cukup banyak menjumpai sejumlah hal yang begitu menarik. Sebagai contoh ketika penulis menerima aplikasi atau CV dari fresh graduate. Kelihatannya, lumayan banyak teman-teman fresh graduate yang belum memahami Bagaimana teknik melamar pekerjaan dengan baik dan benar.

Tips Di Dalam Melamar Kerja Untuk Para Fresh Graduate Yang Baru Menyelesaikan Kuliah Atau Sekolah

Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis ingin mencoba untuk berbagi sejumlah tips yang berkaitan dengan aktivitas melamar pekerjaan. Semoga saja, tulisan sederhana ini mampu memberikan manfaat bagi rekan-rekan, utamanya bagi para fresh graduate.

1. Mengecek Tempat Kerja Serta Memastikan Akses Untuk Menuju Ke Lokasi

Sebelum anda mengirimkan curriculum vitae atau CV, disarankan untuk memahami tempat kerja tersebut. Lokasinya di mana, Bagaimanakah menuju ke lokasi tersebut, serta estimasi waktu yang diperlukan untuk dapat mencapai ke lokasi tersebut. Penulis pernah mendapati kandidat karyawan yang mundur dari pelaksanaan interview. Alasannya yaitu tempat kerja terlalu jauh dari kediamannya.

Oleh karena itu, daripada telah terlanjur masuk proses, namun di kemudian hari Anda justru mengundurkan diri disebabkan oleh alasan tempat tinggal yang terlalu jauh dari tempat kerja, alangkah baiknya anda mempertimbangkan terlebih dahulu jarak tempuh serta waktu tempuh sebelum anda memasukkan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang diinginkan.

Baca Juga   Tujuan Wawancara Menurut Beberapa Ahli Paling Terbaru

2. Lakukan Pengecekan Kemana Kita Dapat Mengirim Lamaran Kerja Serta CV.

Alangkah baiknya jika anda mencari informasi ke mana anda dapat mengirim lamaran kerja dan CV anda. Pada umumnya, anda dapat mengirimkan surat lamaran kerja lewat situs resmi perusahaan yang dituju, email recruiter/ direct apply dan juga lewat portal karir.

3. Mengirim Lamaran Pekerjaan Menggunakan Etika Yang Sopan Dan Baik

Penulis kerap kali menerima lamaran pekerjaan tanpa adanya body email ataupun subject. Isinya hanyalah lampiran kurikulum vitae saja. Tentunya tidak sopan bukan? Di bawah ini penulis coba sampaikan sejumlah item yang wajib ada ketika Anda mengirimkan lamaran kerja secara langsung ke email recruitment perusahaan..

* Cantumkan posisi yang anda inginkan pada bagian subject email. Contohnya adalah apli for asisten produksi atau apply for kantor finance. Jangan membiarkan kolom tersebut kosong, sebab akan menjadikan pihak recruiter mengalami kebingungan mengenai posisi yang dilamar oleh kandidat tersebut.

* cantumkan pula surat lamaran pekerjaan Anda pada body email. Sama halnya dengan subjek, bagian ini tidak boleh dibiarkan kosong. Disarankan untuk menuliskan informasi yang cukup jelas tentang data pribadi anda secara singkat akan tetapi jelas. Disarankan pula untuk mencantumkan kalimat yang sifatnya persuasif, Kenapa Anda merasa layak untuk masuk ke proses berikutnya. Hal tersebut bertujuan supaya pihak recruiter merasa yakin untuk bisa memilih anda sebagai seorang kandidat yang memiliki potensi.

* lampirkan pula ijazah terakhir, transkip nilai, serta curriculum vitae terbaru yang dilengkapi dengan foto terbaru pula. Pada bagian ini, anda tidak perlu untuk melampirkan kartu keluarga atau KK, Surat Keterangan Sehat dan yang lainnya, sebab pada umumnya belum diperlukan di proses cleaning screening. Disarankan untuk memakai ukuran yang tidak terlalu besar serta tulisan yang enak dibaca.

Baca Juga   Bagaimana Cara Interview Yang Baik

4. Memastikan Nomor Ponsel Serta Email Yang Anda Berikan Aktif Serta Bisa Dihubungi

Bagian ini pastinya sudah sangat jelas, sebab sewaktu-waktu Anda bisa dihubungi lewat SMS, telepon dan email oleh pihak recruiter. Usahakan pula agar email anda terkoneksikan ke smartphone, supaya bisa dilakukan pengecekan sewaktu-waktu.

5. Jika Anda Mendapatkan Undangan Untuk Wawancara, Usahakan Memberikan Konfirmasi Kehadiran Anda Dengan Cara Membalas SMS Atau Email Dari Pihak Recruiter Yang Menghubungi Anda.

Pada bagian ini cukup penting untuk dilakukan, sebab konfirmasi atas kehadiran anda rata-rata akan dipakai pihak recruiter guna melakukan konfirmasi untuk user yang akan melakukan interview.

6. Apabila Anda Tidak Bisa Hadir Atau Mengundurkan Diri/ Menolak Dari Sesi Wawancara, Apakah Anda Perlu Melakukan Konfirmasi?

Wajib hukumnya. Apabila anda tidak bisa menghadiri di jadwal wawancara yang diberikan, disarankan memberikan balasan email serta mengajukan untuk dijadwalkan ulang, supaya pihak recruiter dapat membuat jadwal di hari lain untuk melakukan wawancara. Apabila anda berniat untuk mengundurkan diri atau tidak bersedia mengikuti wawancara, disarankan pula untuk memberikan balasan email serta mengabarkan bahwa anda mengundurkan diri. Dengan melakukan konfirmasi tersebut, para recruiter akan kembali mendata kandidat yang mana saja yang bersedia hadir dan yang tidak bersedia hadir di sesi wawancara, sehingga dapat diperkirakan durasi waktu yang diperlukan pada sesi wawancara tersebut.

7. Usahakan Untuk Mengecek Undangan Via Email Secara Teliti

Pengecekan dilakukan dengan memperhatikan waktu pelaksanaan, lokasi dan juga person in charger di waktu pelaksanaan wawancara. Hindari untuk salah lokasi maupun salah waktu. Disamping itu, perhatikan pula jika anda memperoleh attachmet pada undangan wawancara, mungkin saja ada yang harus diisi serta dibawa di pelaksanaan wawancara perhentian

Baca Juga   Kumpulan Cara Ampuh Didalam Mengatasi Rasa Gugup Dalam Interview Kerja

8. Berusahalah Untuk Bisa Hadir Paling Telat 15 Menit Sebelum Wawancara

Tujuan dari hal ini yaitu agar anda mempunyai waktu supaya dapat bersiap-siap serta menenangkan diri putih interview kerja.

Sekian pembahasan singkat tentang tips melamar kerja untuk para fresh graduate yang baru saja menyelesaikan pendidikan, baik di bangku kuliah maupun sekolah. Semoga saja, artikel sederhana ini bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *