Home / Materi Umum / Manfaat dan fungsi pelaksanaan tes psikotes

Manfaat dan fungsi pelaksanaan tes psikotes

Tempat kerja dalam mendapatkan calon pegawainya selalu melaksanakan tes psikotes. Tes tersebut merupakan sebuah tes yang dilakukan guna mengetahui keadaan psikolog seseorang. Untuk memaksimalkan hasil, biasanya perusahaan besar akan menggunakan jasa psikolog ahli, supaya hasil tes psikotes yang didapat bisa lebih bagus dan maksimal. Lalu, apa sebenarnya manfaat dan fungsi dari pelaksanaan tes psikotes tersebut ?

Bagi sejumlah orang, pastinya akan bertanya-tanya, apa sebenarnya manfaat dari dilaksanakannya tes psikotes tersebut. Apalagi jenis tes psikotes yang cukup banyak dan beragam serta hamper semuanya sulit untuk dilalui atau dikerjakan. Namun, dari tingkat kesulitan dalam mengerjakan tes psikotes tersebutlah seseorang bisa diukur kemampuan psikolognya.

Manfaat dan fungsi pelaksanaan tes psikotes

Sebagai gambaran umum Manfaat dan fungsi pelaksanaan tes psikotes bisa dijabarkan sebagai berikut:

  1. Dengan melakukan tes psikotes dapat bergunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan seseorang, baik itu kecerdasan IQ maupun kecerdasan EQ. 2 jenis kecerdasan tersebut merupakan kecerdasan yang sangat dibutuhkan dalam bekerja dan bekerja sama.
  2. Bisa digunakan juga sebagai tolak ukur sejauh mana seseorang memiliki jiwa kepeminpinan. Tentunya proses tes tersebut menggunakan metode bakat dan minat.
  3. Tes psikotes bisa dijadikan alat ukur seseorang dalam melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi, misalnya dari SD ke SMP, SMP ke SMA/K, dan lain-lain. Pemilihan jenjang sekolah biasanya berdasarkan tingkat IQ anak.
  4. Dengan menggunakan jenis tes psikotes kepribadian, maka bisa digunakan untuk mengetahui kepribadian, sifat-sifat serta karakteristik dari seseorang.
  5. Dengan tes psikotes, seseorang juga bisa diketahui potensi yang ada dalam dirinya. Perusahaan tidak perlu untuk melakukan percobaan kerja bagi seseorang, karena resikonya yang cukup besar. Namun untuk bisa mengetahui potensi dirinya, proses tes psikotes juga harus dilakukan dengan sebaik-baiknya dan dikerjakan oleh orang yang ahli dibidangnya.
  6. Pelaksanaan tes psikotes juga akan mengetahui dari berbagai macam pertanyaan umum, mulai dari APA, SIAPA, DIMANA, BAGAIMANA, KAPAN, dan lain sebagainya.
  7. Psikolog dengan metode tertentu akan bisa mengetahui “Sesuatu” yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dan sifat hemat, percaya diri, menghormati orang lain, toleransi dan lainnya bisa diketahui pada saat tes psikotes.
  8. Tes psikotes merupakan bagian penguat yang dikerjakan pada tahap wawancara.

Demikianlah gambaran umum mengenai Manfaat dan fungsi pelaksanaan tes psikotes yang bisa didapat oleh tempat kerja yang melaksanakan tes psikotes pada proses perekrutan calon pegawai. Tentunya jika memang tes psikotes dilakukan dengan sungguh-sungguh maka hasil kerja dan kinerja yang akan didapat dari pegawai pasti akan maksimal dan bagus. Namun jika asal-asalan, apalagi proses perekrutan pegawai masih menggunakan konsep kekeluargaan/persaudaraan, ada kemungkinan kinerja dari pegawai tersebut tidaklah maksimal. Istilahnya untung-untungan. Jika ternyata yang bersangkutan memang memiliki IQ dan EQ yang bagus tidak akan menjadi masalah. Akan tetapi jika sebaliknya bisa dipastikan kinerjanya pasti akan kurang bagus.

Check Also

Tes psikotes lengkap dan gratis

Semenjak pelaksanaan tes psikotes diterapkan, banyak orang yang berburu contoh soal tes psikotes lengkap dan gratis. ...