Home / Contoh Soal / Memahami Contoh Tes Psikotes Wartegg

Memahami Contoh Tes Psikotes Wartegg

Tes psikotes merupakan jenis tes yang dimaksudkan untuk mengukur tingkat emosional dan fungsi kognitif seseorang. Selain itu, tes ini juga bertujuan untuk mengetahui karakter dan kepribadian yang dimiliki seseorang. Tes psikotes umumnya diujikan oleh sebuah perusahaan kepada para calon karyawannya yang melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Jadi, tes psikotes ini merupakan salah satu dari serangkaian tahap seleksi yang diberikan perusahaan untuk menemukan karyawan yang tepat. Jenis tes psikotes yang banyak sekali dan salah satunya adalah tes psikotes wartegg. Apa itu tes psikotes warteg? Dan bagaimanakahcontoh tes psikotes wartegg tersebut?

Pada dasarnya, tes psikotes wartegg merupakan tes melengkapi beberapa gambar dalam kotak yang belum terselesaikan. Dalam hal ini sebaiknya anda melihat langsung contoh tes psikotes warteggagar lebih mudah memahaminya. Kemudian kembali lagi setelah anda selesai melengkapinya, anda akan diminta untuk memberikan nomor sesuai dengan urutan gambar yang anda kerjakan lebih dulu. Selain itu, anda juga akan diminta untuk memilih gambar yang menurut anda paling mudah, paling sulit, paling disukai dan juga paling tidak disukai berikut alasannya. Mungkin ini terdengar sepele, namun sebenarnya hal ini bisa menjebak. Nah untuk menghindarinya, simak tips mengerjakan tes psikotes wartegg berikut ini.

Tips Mengerjakan Tes Psikotes Wartegg

Ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam tes wartegg ini seperti menjaga kebersihan kertas. Kemudian jangan mulai mengerjakan secara urut karena ini menandakan anda orang yang kaku. Mulailah secara acak dengan gambar yang menurut anda paling mudah namun hindari memulai dari gambar nomor kelima jika anda adalah seorang pria karena hal ini menandakan anda mempunyai kelainan seksual. Mungkin untuk lebih memahaminya, anda bisa sambil mempraktekkan langsung pada contoh tes psikotes wartegg.

Selain itu, dalam mengerjakannya anda sebaiknya menggambar makhluk hidup dan sesuatu yang bersifat feminin pada nomor 1, 2, 7 dan juga 8. Sebaliknya untuk 3, 4, 5 dan juga 6 sebaiknya anda menggambar benda mati dan sesuatu yang bersifat maskulin. Nah itulah tes psikotes wartegg. Jangan lupa untuk banyak mempelajari contoh tes psikotes wartegg agar anda terbiasa ketika mengerjakannya pada saat tes berlangsung.

Check Also

Latihan tes psikotes online

Latihan tes psikotes online

Salah satu bentuk persiapan dari pelaksanaan tes psikotes adalah melaksanakan latihan tes psikotes online. Latihan tes psikotes online ini ...