Home / Materi Umum / Memahami Jenis-Jenis Psikologi Tes

Memahami Jenis-Jenis Psikologi Tes

Seiring perkembangan zaman memang semakin banyak jenis ilmu yang berkembang, salah satunya psikologi. Psikologi menjadi sebuah ilmu untuk mempelajari dan memahami kepribadian seseorang. Berhubungan dengan hal ini, ternyata dunia kerja juga memanfaatkan ilmu ini untuk merekrut calon pegawainya dengan mengadakan psikotes kerja agar dapat merekrut calon pegawai yang sesuai dengan harapan perusahaan. Namun tahukah anda jika psikologi tes juga sangat ampuh digunakan untuk mengetahui kepribadian anda sesuai dengan jenis tes yang dilakukan. Nah tentu anda penasaran dengan macam-macam tes psikologi tersebut, maka simak ulasannya di bawah ini.

Berbagai jenis psikologi tes

Menyimak sedikit ulasan di atas mungkin membuat anda semakin penasaran dengan psikologi tes yang ada. Untuk itu langsung saja kita kupas jenis-jenisnya untuk anda berikut ini. Pertama untuk jenis tes yang masuk dalam tes kepribadian, di mana hal ini untuk mengetahui kepribadian asli anda. Tes PAULI yang bertujuan untuk mengukur bagaimana sikap kerja juga etosnya termasuk di dalamnya dalam menghadapi berbagai tekanan, kendali diri, daya tahan, penyesuaian dan berbagai hal lainnya. Selain itu juga ada psikotes menggambar orang yang mana anda diharuskan menggambar seseorang secara lengkap dari busana dan lainnya kemudian mempresentasikan hasil gambar anda secara detail. Tujuannya untuk mengetahui tanggung jawab, kestabilan dan ketahanan kerja, juga rasa percaya diri anda.

Selain beberapa jenis psikologi tes yang telah diuraikan di atas, masih ada jenis lainnya yang perlu anda ketahui. Culture fair intelegence tes yang mana bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana kemampuan mental anda secara umum. Tes kemampuan dasar juga sering ditemui yang mana bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar seseorang dalam menghadapi berbagai keadaan nantinya. Namun selain tes-tes yang telah diuraikan tadi masih banyak jenis tes lainnya yang umum dan khusus yang disiapkan oleh psikiater secara langsung.

Demikian ulasan lengkap mengenai psikologi tes yang dapat kami uraian untuk anda. Semoga informasi yang telah diberikan di atas akan dapat membantu anda dalam mempersiapkan diri ketika melamar pekerjaan, sehingga anda bisa lolos seleksi. Namun kerja keras dan do’a akan sangat berpengaruh dalam kesuksesan anda.

Check Also

contoh soal tes psikotes sma

Kumpulan soal tes psikotes

Setiap orang yang hendak mengikuti ujian tes psikotes tentunya mencari berbagai macam kumpulan soal tes ...