Home / Materi Umum / Mengulik Contoh Dan Tujuan Tes Psikotes Kerja

Mengulik Contoh Dan Tujuan Tes Psikotes Kerja

Dunia kerja semakin memperlihatkan persaingan ketatnya. Sempitnya lapangan pekerjaan ditambah dengan tingginya angka pengangguran membuat suatu pekerjaan menjadi hal yang cukup langka. Tidak heran jika perusahaan mematok standar tinggi dalam menerima karyawannya, sehingga banyak wawancara juga tes yang diterapkan untuk menyaring calon pegawainya. Bagi anda yang sedang bingung untuk menghadapi psikotes kerja maka jangan khawatir, karena artikel ini akan menguraikan berbagai contoh tes psikotes kerja yang mungkin bisa dijadikan gambaran serta latihan sebelum anda bertemu dengan tes yang sebenarnya.

Tujuan adanya psikotes kerja

Setelah anda menyimak ulasan di atas mungkin bingung kenapa untuk masuk kerja saja banyak yang harus dilakukan, seperti melakukan tes psikotes itu sendiri. Untuk itu akan kami jabarkan tujuan dari psikotes ini sendiri. Psikotes kerja diadakan bertujuan untuk mengukur atas berbagai kemungkinan dengan bermacam-macam kemampuan dirinya dan apapun yang mendukungnya, termasuk di dalamnya prestasi, kepribadian, kemampuan, intelegensi hingga fungsi neurologisnya. Untuk itu agar anda dapat lolos sebaiknya pelajari contoh tes psikotes kerja terlebih dahulu untuk persiapan diri dan amunisi agar bisa lolos seleksi.

Setelah mengetahui tujuannya pasti anda akan semakin penasaran dengan contoh tes psikotes kerja yang akan diuraikan ini. Untuk itu tidak perlu lama lagi langsung saja simak ulasannya berikut ini. Dalam psikotes kerja ada beberapa hal yang akan diujikan, seperti soal psikotes antonim dan sinonim yang bertujuan mengasah pemahaman arti persamaan dan lawan kata. Psikotes aritmatika, psikotes perdana hubungan, psikotes watak, psikotes logika angka dan logika formil, psikotes deret angka, juga psikotes gambar. Selain beberapa psikotes tadi masih banyak jenis lainnya yang hal tersebut erat kaitannya dengan kebijakan perusahaan dan kepentingannya dalam merekrut calon karyawannya. Dengan terlebih dahulu memahami macam psikotes kerja maka saat menghadapinya secara langsung anda akan lebih mudah tanpa kebingungan.

Demikian ulasan yang dapat kami berikan pada anda tentang contoh tes psikotes kerja yang sering digunakan oleh berbagai perusahaan. Segala contoh yang telah diuraikan akan bermanfaat jika anda terus mencoba serta berfikiran optimis tidak lupa di selipi do’a agar bisa lolos seleksi.

Check Also

Tes psikotes lengkap dan gratis

Semenjak pelaksanaan tes psikotes diterapkan, banyak orang yang berburu contoh soal tes psikotes lengkap dan gratis. ...