Home / Wawancara / Motivasi Kerja Saat Interview Paling disukai pihak HRD Perusahaan

Motivasi Kerja Saat Interview Paling disukai pihak HRD Perusahaan

Terdapat jutaan bekerja di Indonesia yang memiliki berbagai macam motivasi kerja saat interview. Tentunya, motivasi kerja interview tersebut akan sangat menentukan apakah kandidat pelamar kerja tersebut pantas untuk diterima atau tidak. Seluruh tolak ukur penerimaan karyawan baru tentu ada pada pihak HRD atau pewawancara itu sendiri. Namun demikian ada sejumlah jawaban motivasi kerja saat interview yang bisa digunakan sebagai patokan untuk memberikan jawaban ketika pertanyaan tersebut dilontarkan.

Motivasi Kerja Saat Interview

Dari sejumlah pengalaman yang telah penulis miliki bekerja sebagai pegawai selama 10 tahun pada perguruan tinggi negeri serta pada perusahaan swasta milik asing, maka ada sejumlah motivasi kerja interview yang perlu Anda pahami dan bisa jadi Anda manfaatkan sebagai salah satu bagian di dalam meloloskan diri pada saat pelaksanaan wawancara kerja.

Motivasi kerja saat interview

Baiklah, Mari kita bahas satu demi satu motivasi kerja saat interview apa saja yang dimiliki oleh para calon karyawan maupun para karyawan yang sudah menetap bekerja pada perusahaan.

1. Memperoleh gaji bulanan

Motivasi paling awal yaitu memperoleh gaji setiap bulan. Tentu kondisi tersebut tidak mempedulikan Apakah anda merupakan karyawan tetap, pegawai negeri sipil maupun karyawan kontrak. Penghasilan bulanan merupakan salah satu hal yang sangat anda harapkan. Kenapa? Sebab dengan adanya gaji bulanan tentu anda bisa memenuhi kebutuhan serta keinginan hidup keluarga anda.

Beberapa contoh kebutuhan hidup diantaranya yaitu membayar kredit rumah, membiayai pendidikan anak, untuk biaya hidup keseharian. Sementara itu, contoh dari keinginan diantaranya adalah dapat berekreasi di berbagai macam tempat wisata ternama baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri, serta bisa membeli rumah baru maupun mobil baru.

Baca Juga   10 Pertanyaan Wawancara Yang Sering Digunakan Saat Interview

Adapun sisi negatif dari motivasi jenis ini yaitu Anda hanyalah mengejar gaji setiap bulan sehingga mungkin saja Anda hanya berangkat kerja untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan yang anda miliki. Dengan demikian, pada akhirnya Anda bisa pergi kerja pagi hari dan pulang kerja sore hari.

2. Mendapatkan sasaran karier

Motivasi kerja yang berikutnya yaitu mendapatkan sasaran karir. Bagi mereka yang mempunyai motivasi semacam itu tentu akan bisa bekerja dengan baik dan kadangkala melebihi deskripsi pekerjaan yang mereka miliki, sebab terdapat posisi yang lebih tinggi yang sedang diincarnya. Disamping itu, mereka juga akan selalu memperhatikan serta meningkatkan kemampuan yang mampu mendukung karir yang dimilikinya, contohnya adalah mengelola anggaran, mengelola waktu, memimpin orang dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi.

Bisa dikatakan bahwa motivasi seperti ini sangatlah bagus, kenapa? Sebab anda selalu akan dipaksa maupun dengan kesadaran dirinya sendiri bisa bersaing dengan teman kerja demi mendapatkan sasaran karir anda. Di samping itu, perilaku kerja dan keterampilan yang anda miliki akan selalu meningkatkan produktifitas anda maupun bisa berguna di dalam mendapatkan pekerjaan pada perusahaan lain apabila anda memutuskan untuk resign.

3. Berkarya

Disamping memperoleh gaji serta mendapatkan sasaran karier, motivasi kerja saat interview yang berikutnya adalah berkarya. Bagi mereka yang mempunyai motivasi tersebut merupakan orang yang mampu untuk menghayati makna dari seorang karyawan, yakni orang yang bisa berkarya, bukanlah pekerja maupun buruk. Dengan begitu, mereka akan bisa memberikan sesuatu yang terbaik sehingga pada akhirnya karya yang mereka miliki akan memiliki kontribusi cukup besar terhadap kemajuan perusahaan.

4. Mencari pengalaman

Kegiatan mencari pengalaman adalah salah satu motivasi kerja yang rata-rata dimiliki oleh mereka oleh para fresh graduate atau yang baru saja lulus atau mereka yang bekerja sebagai karyawan honorer, Karyawan kontraktor maupun karyawan magang. Dengan memiliki pengalaman kerja, tentunya mereka akan mempunyai nilai tambah guna mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Contohnya, penulis mempunyai motivasi ketika bekerja sebagai seorang karyawan honorer pada sebuah laboratorium di almamater ketika tahun 2004 sampai dengan 2006. Penghasilan yang diterima pada saat itu hanyalah mencukupi untuk biaya hidup satu bulan yakni di antara 600 ribu sampai dengan 1 juta rupiah setiap bulannya.

Baca Juga   Contoh Tugas Wawancara Antara Siswa Dengan Pengusaha Pempek

Walaupun demikian, penulis memiliki tekad untuk mendapatkan pengalaman banyak supaya penulis memiliki kemampuan di dalam bekerja yang lebih baik di tempat kerja yang lainnya.

5. Beribadah

Adapun motivasi yang terakhir yang kerapkali dimiliki oleh karyawan di dalam bekerja yaitu beribadah. Motivasi seperti ini Tentunya dimiliki oleh mereka yang mana memiliki tingkat spiritualitas yang cukup tinggi. Untuk mereka, bekerja merupakan ibadah sebab menafkahi keluarga serta mampu memberikan manfaat untuk pihak yang lainnya. Di samping itu, mereka tentunya amat memberikan perhatian kepada tingkat keberkahan uang yang akan mereka terima sehingga tentunya mereka tidak akan mau untuk memakan gaji buta maupun uang yang sifatnya tidak halal.

Lalu, Bagaimanakah pada sisi karir? Tentu mereka tetap memperhatikan hal tersebut, akan tetapi tidak cukup ngotot untuk mendapatkannya sehingga mereka tentu tidak akan sikut sikutan atau tidak akan merasa iri kepada rekan kerja yang lainnya. Mereka hanyalah bekerja dengan sebaik-baiknya serta mempercayai bahwa kondisi tersebut akan memperoleh hal yang baik pula.

Demikianlah Uraian singkat tentang motivasi kerja saat interview yang bisa anda aplikasikan ketika anda sedang mengikuti interview atau wawancara kerja. Selain itu, sejumlah motivasi kerja di atas juga tetap bisa anda terapkan Ketika anda sudah bekerja di sebuah tempat kerja sehingga Anda akan memperoleh tujuan dari pekerjaan yang anda lakukan rutin setiap harinya. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Melaksanakan kegiatan wawancara di TV atau televisi bisa jadi menjadi hal yang cukup rumit untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *