Home / Materi Umum / Psikotes / Pelajari Kumpulan Tips Cari Kerja Bagi Yang Masih Susah Diterima Kerja
Tips Cari Kerja Bagi Yang Masih Susah Diterima Kerja

Pelajari Kumpulan Tips Cari Kerja Bagi Yang Masih Susah Diterima Kerja

Pada dasarnya, mencari pekerjaan sekarang ini bisa dianggap lebih mudah Apabila dibandingkan dengan mencari pekerjaan di zaman dahulu. Sejumlah media baik berbasis sosial maupun media cetak cukup banyak membagikan beragam info mengenai lowongan pekerjaan. Tetapi, Mengapa cukup banyak yang masih merasakan Betapa sulitnya untuk bisa diterima di tempat kerja yang baru?

Dari permasalahan itu, penulis akan mencoba memberikan sejumlah tips khusus mencari kerja bagi yang merasa cukup susah untuk diterima. Harapannya, semoga saja Anda dapat menemukan pekerjaan yang cukup layak sesuai dengan kualifikasi Pendidikan anda.

Tips Mencari Pekerjaan Bagi Yang Masih Susah Diterima Kerja

Sangat disarankan untuk mengerjakan tips berikut ini dengan sebaik-baiknya supaya masing-masing prosesnya bisa berjalan dengan lancar dan benar.

1. Memperbaiki Kurikulum Vitae Atau CV

Banyaknya peluang pekerjaan yang masuk pada sebuah instansi menjadikan pihak HRD cukup kewalahan dan kesulitan di dalam proses menyeleksi para calon pegawai baru yang hendak dipanggil mengikuti interview. Tahapan paling mudah yang kerapkali mereka lakukan yaitu dengan melihat isi kurikulum vitae, misalnya indeks prestasi atau IP, Kehilangan yang didukung dari sertifikat, pengalaman kerja dan beberapa informasi yang lain.

Oleh karena itu, Alangkah baiknya apabila anda lakukan perbaikan CV sebelum lamaran Anda masukkan. Berikan keterangan mengenai sejumlah pengalaman kerja, yang pernah diikuti, keahlian yang dibuktikan menggunakan sertifikat pulang serta Tunjukkan juga nilai IP yang anda peroleh. Dengan demikian, pihak HRD akan lebih merasa yakin dan sangat dimungkinkan anda akan dihubungi oleh mereka.

2. Memulai Dari Magang Sebelum Melamar Kerja

Untuk Anda yang sekarang ini masih berstatus mahasiswa atau siswa, P3K ada salahnya jika anda ada memanfaatkan tempat magang anda menjadi salah satu tempat bekerja anda setelah selesai kuliah atau sekolah. Tentunya, sangat dimungkinkan anda akan diterima atau dipilih Apa sebab anda sudah pernah pekerja magang pada tempat kerja tersebut. Silakan Anda manfaatnya tempat kerja magang menjadi di tempat kerja yang sebenarnya supaya peluang untuk bisa diterima bekerja pada perusahaan tersebut semakin lebar.

Baca Juga   Apa Yang Dimaksud Dengan Psikotes? Bagaimana Cara Mengerjakan Soal-Soal Tes Psikotes

3. Memiliki Sifat Baik Ketika Magang Kerja

Masih berkaitan dengan magang kerja, lebih baik pada saat Anda diberi kesempatan untuk bekerja magang pada sebuah perusahaan, anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya waktu yang diberikan untuk bekerja dengan sebaik-baiknya, sebab hal tersebut adalah bagian dari pekerjaan anda nantinya.

Agar anda bisa diterima magang di tempat kerja lebih terbuka lebar, anda bisa mencoba untuk memiliki sikap yang baik, perilaku yang tidak menyimpang dan aktif bekerja serta baik dalam bersikap akan dikenal secara baik oleh pihak pimpinan atau direktur pada perusahaan tersebut.

4. Menyesuaikan Pengalaman Dengan Pendidikan Anda Cukuplah Penting

Silakan ambil kesempatan pekerjaan yang tersebar di sejumlah media, misalnya media internet. Bagian yang paling penting yaitu memilih berdasarkan tingkat pendidikan serta pengalaman pekerjaan yang sudah anda miliki. Kondisi tersebut sangat membantu Anda supaya bisa lebih mendapat pertimbangan untuk diterima pada perusahaan yang anda lamar. Hindari untuk melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan jenjang pendidikan Anda, sebab peluang dan harapan untuk diterima lebih kecil.

5. Jagalah Bahasa Tubuh Anda

Barangkali tidak Anda sadari bahwa bagian dari proses melamar dan mencari pekerjaan yaitu gerakan dan bahasa tubuh ketika sedang dilaksanakan wawancara kerja. Perkenalan perdana antara anda dengan pihak pewawancara dapat dimulai dari gerak-gerik dan penampilan yang Anda kerjakan. Pastikanlah bahwa anda bisa terlihat lebih kompetensi, jangan minder dan murah tersenyum.

Proses penelitian sudah memberikan bukti bahwa hanya terdapat 30% manajer mengeliminasi calon karyawan yang tidak murah senyum serta tidak tertarik pada pelaksanaan tes wawancara. Selanjutnya, hindarilah aktivitas menyilang tangan layaknya orang yang sedang kedinginan, hindari pula kondisi tubuh yang membungkuk, sedikit majukan posisi tubuh anda ke arah pewawancara, mengangguk lah sebanyak 3 kali serta tersenyum ketika diperlukan. Intinya, jangan pelit dengan senyuman.

Baca Juga   Contoh Soal Assessment Karyawan

6. Perhatikan Pakaian Yang Digunakan

Ketika wawancara sedang dilaksanakan, Anda harus memastikan tidak memakai perlengkapan pakaian yang terlalu berlebihan. Tentunya, anda juga tidak perlu menggunakan parfum dan make up yang terlalu mencolok. Tunjukkanlah kepada pihak pewawancara bahwa pakaian dan tampilan terbaik yang anda miliki memang telah disesuaikan pada tempatnya. Penggunaan pakaian yang tidak tepat tentu akan memberikan kesan negatif di pihak pewawancara.

7. Mematok Besaran Gaji Sesuai Dengan “Tarif” Anda.

Di bagian akhir atau Tengah, terdapat pertanyaan pihak pewawancara yang menanyakan tentang gaji yang diharapkan. Sebelumnya tentu anda wajib memahami berapakah perkiraan gaji yang pas untuk anda. Kondisi ini dapat anda Ukur Berdasarkan pengalaman dan jenjang pendidikan yang anda miliki.

Selanjutnya, anda dapat mengecek menggunakan internet tentang kisaran rata-rata besaran gaji yang pas sesuai dengan posisi pekerjaan yang anda lamar. Apabila anda menginginkan gaji sebesar Rp4.000.000, Silakan anda sampaikan bahwa kisaran gaji anda adalah 4 juta sampai dengan 5 juta.

8. Menyesuaikan Resume Berdasarkan Keinginan Perusahaan

Ketika sedang menyusun resume, jangan lupakan satu hal yakni menulis resume berdasarkan keinginan perusahaan, bukan sesuai dengan yang anda inginkan. Tulislah lamaran pekerjaan sesuai dengan syarat yang diharapkan dilengkapi dengan berbagai macam dokumen yang dibutuhkan. Apabila anda sebelumnya telah mempunyai format surat lamaran pekerjaan lebih baik ditinjau kembali sebelum anda mengirimnya.

9. Pekerjaan Yang Relevan

Menyusun pengalaman kerja yang pernah anda miliki usahakan dibuat seringkas ringkasnya, padat dan singkat supaya lebih ih mudah untuk dipahami serta tidak membuat sakit kepala pihak HRD selaku panitia seleksi penerimaan karyawan baru. Sebab, informasi pengalaman kerja yang terlalu bertele-tele dan panjang tidak dapat memberikan jaminan Anda bisa diterima pada perusahaan yang dilamar. Cantumkan sejumlah pengalaman kerja yang paling pas dan paling relevan dengan posisi yang anda lamar perusahaan.

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Masuk Polisi

10. Gali Informasi Sebanyak-Banyaknya Mengenai Perusahaan

Galilah informasi dan hal penting pada perusahaan sebelum Anda masuk tahap wawancara. Anda dapat memperoleh informasi yang diinginkan lewat website resmi perusahaan yang anda lamar maupun dari orang yang sudah anda kenal dan bekerja di perusahaan tersebut.

Beberapa hal yang anda perlu ketahui diantaranya yaitu sejarah mengenai perusahaan, bidang pekerjaan pada perusahaan tersebut, peraturan dan culture secara singkat, serta beberapa hal lain penting yang lainnya tentang perusahaan tersebut.

Manfaat atau tujuan an Ketika anda sudah memahami mengenai perusahaan yang dilamar Yaitu anda bisa tampil dengan percaya diri, sebab telah memahami berbagai macam hal mengenai perusahaan walaupun Anda belum bekerja pada perusahaan tersebut.

11. Memperbaiki Keahlian Wawancara

Pada kegiatan wawancara kerja, ada waktunya Anda tampil “menjual diri” melalui presentasi yang anda lakukan di depan HRD. Aktivitas menjual diri dapat anda kerjakan dengan cara mengajukan pertanyaan yang bagus, lalu mendengar jawabannya dengan sebaik-baiknya.

Ketika anda memberikan pertanyaan, maka anda akan kelihatan lebih pintar. Terlebih, jika pertanyaan yang anda ajukan sesuai, maka anda bisa menemukan bagian lain dari perusahaan yang sebelumnya belum Anda pahami.

12. Mintalah Kepastian

Pada saat anda mengirim surat lamaran pekerjaan namun tidak memperoleh respon tentunya akan merasa cukup penasaran dan memiliki pertanyaan di dalam hati. Apabila telah 1 minggu anda mengirim surat lamaran akan tetapi belum direspon atau ditanggapi, maka anda dapat mencoba untuk menghubungi perusahaan yang dilamar. Tentunya, anda memerlukan kepastian, sebab tidak ada satu orang pun yang mau “digantung” pada ketidakpastian.

13. Fokuslah Pada Sejumlah Peluang Besar Yang Lainnya

Jika sudah dipastikan bahwa anda tidak diterima bekerja pada perusahaan yang dilamar, Janganlah patah semangat atau harapan. Tentunya Anda dapat mencoba untuk melamar pekerjaan di perusahaan lainnya yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

Kerjakanlah Seluruh tips diatas supaya Anda memiliki peluang lebih besar untuk diterima bekerja pada perusahaan yang anda lamar. Manfaatkanlah media internet guna mencari informasi lowongan pekerjaan. Dengan memanfaatkan media internet, anda dapat langsung mengirim berbagai macam dokumen lamaran kerja. Semoga saja, anda dapat diterima pada perusahaan yang dilamar.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Soal Psikotes Masuk Polisi

Contoh Soal Psikotes Masuk Polisi

Apakah sekarang ini anda sedang mencari referensi dan contoh soal psikotes masuk polisi karena anda ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *