Home / Wawancara / Pelajari Tips Didalam Menjawab Pertanyaan Jebakan Saat Wawancara Kerja
Tips Didalam Menjawab Pertanyaan Jebakan Saat Wawancara Kerja

Pelajari Tips Didalam Menjawab Pertanyaan Jebakan Saat Wawancara Kerja

Waktu kali pertama Anda melamar kerja adalah waktu yang cukup mendebarkan. Kerap kali anda dikawatirkan mengenai kualifikasi yang anda miliki sudah sesuai atau belum. Selanjutnya, akan muncul pula sejumlah pertanyaan, apa saja yang nantinya akan ditanyakan ketika pelaksanaan wawancara kerja. Hampir pasti, seluruh pelamar kerja memiliki harapan bisa lolos pada ada sesi wawancara dengan mudah. Oleh sebab itu apabila anda tertarik memahami tips dan trik mengikuti wawancara kerja atau interview, Silakan anda Simak tips bagaimana menjawab 10 buah pertanyaan jebakan ketika wawancara kerja.

Mengapa disebut sebagai jebakan? Wawancara Seperti apakah yang kerap kali memberikan pertanyaan-pertanyaan jebakan? Barangkali, pikiran anda sekarang ini ini sudah cukup cemas dan mulai lemas. Namun, tidak usah khawatir, pertanyaan jebakan pada intinya hanyalah satu trik saja dari pihak HRD guna mendapatkan informasi lebih jauh di dalam diri anda. Oleh karena itu, apabila anda telah mempersiapkan diri di sesi interview dengan matang, maka proses interview atau wawancara tersebut bisa berjalan dengan cukup lancar.

Tips Di Dalam Menjawab Pertanyaan Jebakan

Di bawah ini adalah sejumlah tips dan trik menjawab pertanyaan jebakan pada sesi interview atau wawancara kerja

1. Gambarkanlah Tentang Diri Anda

Pada pertanyaan ini, apakah yang terbesit di dalam pikiran anda ketika tim HRD sebuah perusahaan menanyakan mengenai diri Anda sendiri? Apakah terdapat gambaran positif atau justru negatif? Anda harus hati-hati, pertanyaan semacam ini memiliki tujuan guna mengetahui karakter dasar dari diri anda.

Dari seorang pekerja adalah aspek yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Setiap calon karyawan yang memiliki karakter kuat sudah pasti bisa menarik perhatian dari perusahaan. Utamanya adalah apabila karakter pas dengan nilai-nilai yang ada di dalam perusahaan.

Oleh karena itulah, silakan Anda memilih 3 kata yang bisa menggambarkan diri anda. Anda bisa menyesuaikan dengan posisi jabatan yang anda inginkan. Ungkapkan gambaran karakter yang pas dan gunakan pula kata-kata positif. Contohnya adalah bisa berkomunikasi dengan baik, mudah bekerja sama di dalam tim, memiliki komitmen tinggi, antusias, pekerja keras, jujur dan yang lainnya. Anda harus memastikan bahwa karakter yang disebutkan benar-benar sesuai dengan daftar yang anda miliki.

2. Apakah Yang Anda Ketahui Mengenai Perusahaan Ini?

Pertanyaan model ini sangatlah penting, sebab harus memahami setiap pelamar kerja perusahaan atau tempat yang dia tuju. Oleh sebab itu, pada umumnya pertanyaan seperti ini ditanyakan guna mengetahui Seberapa jauh para pelamar kerja mengenali visi dan misi dari perusahaan.

Adapun tips didalam menjawab pertanyaan ini adalah memfokuskan diri pada bagian positif perusahaan yang anda lamar. Dilarang untuk membandingkan kan dengan perusahaan tempat kerja anda sebelumnya. Anda bisa menunjukkan bahwasanya perusahaan yang anda lamar tersebut mempunyai sejumlah keunggulan yang menjadikan Anda cukup tertarik untuk bergabung di dalamnya. Hal inilah yang bisa menjadikan pihak perusahaan tertarik kepada diri anda dan pada akhirnya akan memilih anda untuk bisa bergabung pada perusahaan tersebut.

Baca Juga   Artikel Wawancara Tentang Kesuksesan Dalam Berwirausaha

3. Apa Alasan Tertarik Untuk Bergabung Pada Perusahaan Ini?

Ini rata-rata, cukup banyak orang yang memberikan jawaban karena kondisi kerja yang cukup nyaman dan memiliki gaji lumayan tinggi. Janganlah terkecoh dengan jawaban tersebut. Pada dasarnya, pertanyaan semacam ini berguna untuk mengetahui motivasi yang sebenarnya dari calon karyawan. Hampir pasti, masing-masing perusahaan mengharapkan pekerja yang cukup loyal. Oleh karena itulah, Anda harus memastikan bahwa jawaban yang diberikan tidaklah termasuk jawaban yang remeh, contohnya adalah mengenai kenaikan gaji.

Terlebih, apabila anda sampai menyampaikan rasa ketidaknyamanan pada perusahaan yang sebelumnya. Pihak perusahaan yang baru bisa jadi memberikan penilaian kepada anda merupakan orang yang enggan untuk bekerja keras.

Usahakan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan ini dengan berbagai macam alasan positif. Contohnya saja Yaitu anda memiliki keinginan untuk bisa berkontribusi lebih jauh di dalam menyalurkan bakat yang anda punya. Bisa pula disebabkan karena posisi yang anda lamar tersebut telah sesuai dengan jurusan pendidikan yang sebelumnya Anda ambil. Intinya, anda harus memastikan bahwa alasan untuk bergabung pada perusahaan tersebut disebabkan adanya motivasi membangun.

4. Prestasi Apa Sajakah Yang Sudah Pernah Didapat Di Dalam Karir Anda?

Tentunya, sangat wajar sahaan mengharapkan apabila masing-masing calon pegawai yang paling baik. Oleh karena itu, pada umumnya perusahaan menginginkan untuk memahami capaian calon karyawannya di karir sebelumnya. Dengan begitu, perusahaan akan bisa mengukur tingkat kesuksesan anda apabila perusahaan tersebut mengambil keputusan untuk menerima anda sebagai karyawan.

Guna bisa menjawab pertanyaan ini, Anda bisa menjelaskan dengan baik masing-masing pekerjaan yang sudah anda rampungkan pada perusahaan tempat kerja anda sebelumnya. Anda bisa memberikan contoh keberhasilan apa saja yang sudah didapat sebelumnya. Berikan bukti kepada perusahaan bahwa anda merupakan orang yang cukup layak untuk diterima sebagai karyawan pada perusahaan tersebut.

5. Uraikan Rencana Anda Di Masa Yang Akan Datang

Pengertian atas pertanyaan ini adalah guna mengetahui Berapa lamakah anda ingin bekerja pada perusahaan tersebut. Pihak perusahaan tentunya tidak ingin memiliki karyawan yang merupakan “kutu loncat” maupun pegawai yang gemar berpindah-pindah tempat kerja.

Supaya bisa menjawab pertanyaan tersebut, jabarkanlah untuk tujuan panjang. Anda bisa memastikan diri Anda akan melibatkan pihak perusahaan yang dilamar sebagai salah satu bagian dari rencana yang sudah dibuat. Berikan jawaban bijak serta pikirkanlah dengan sebaik-baiknya. Usahakan untuk tidak memberikan jawaban sekenanya.

6. Uraikan Gambaran Mengenai Pekerjaan Yang Anda Lamar

Begitu penting memahami posisi pekerjaan yang anda lamar. Hal ini disebabkan karena berhubungan dengan pekerjaan pada perusahaan tersebut jika Anda benar-benar diterima bekerja. Pihak perusahaan hampir pasti tidak menyukai karyawan yang yang tidak memahami apa saja tugas-tugas yang harus dikerjakan nya. Sebab, kondisi tersebut akan memerlukan waktu lebih lama lagi guna menjadikan karyawan baru tersebut bisa beradaptasi dengan lingkungan di dalam perusahaan, khususnya pada bagian pekerjaan.

Baca Juga   Beberapa Pertanyaan Yang Sulit Dijawab Ketika Wawancara Kerja

Oleh karena itulah, pastikan anda sudah mencari sejumlah informasi tentang apa saja yang akan menjadi beban pekerjaan jika diterima bekerja. Dengan memakai jawaban yang pas, maka pihak perusahaan akan menilai anda sebagai orang yang pas pada posisi yang anda lamar.

7. Terlalu Banyak Pengalaman Kerja

Pertanyaan ini kerap kali mengecoh banyak pelamar kerja berhati secara umum, pertanyaan tersebut diberikan guna menguji karakter yang anda miliki. Sebab, ada kemungkinan pula anda terjebak di dalam menjawab pertanyaan tersebut dengan sedikit sombong.

Oleh karena itulah, usahakan menjawab pertanyaan ini dengan sangat bijaksana. Jaga agar tetap rendah hati serta sampaikan rasa Terima kasih atas pujian yang diberikan. Jagalah agar watak asli dari Manusia, contohnya sombong serta cepat puas tidak muncul. Pada umumnya, pihak perusahaan cukup malas mengambil pegawai yang memiliki sifat sombong. Sebab, sifat seperti itu bisa membuat susah untuk diajak kerjasama dengan karyawan yang lainnya.

8. Kenapa Berhenti Dari Tempat Kerja Yang Lama?

Pertanyaan ini juga merupakan pertanyaan yang cukup penting. Sebab, berdasarkan jawaban yang anda berikan, pihak perusahaan bisa mengetahui karakter serta orientasi anda. Sebab, pada umumnya motivasi karyawan berhenti Kerja sangat berkaitan erat dengan orientasi dan karakter manusia.

Oleh karena itulah, usahakan untuk menghindari jawaban adanya masalah pribadi sebagai alasannya. Usahakan untuk memberikan alasan yang disebabkan oleh sesuatu hal yang sifatnya profesional. Usahakan pula bukan disebabkan oleh konflik. Selalu fokus pada jawaban-jawaban anda di mana anda sedang menginginkan posisi yang lebih baik agar bisa berkembang sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya.

9. Jabarkan Pendapat Anda Mengenai Lembur

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang berguna untuk memahami komitmen calon karyawan. Oleh karena itulah, usahakan untuk memberikan jawaban yang sesuai dan pas. Tidak berlebihan juga tidak kekurangan.

Jika dianalisa, lumayan banyak karyawan yang yang tidak nyaman dengan bekerja secara lembur. Akan tetapi, pada kenyataannya, sebuah komitmen guna menyelesaikan sebuah pekerjaan cukuplah besar. Apabila musti bekerja secara lembur, Anda harus memastikan bahwasannya waktu untuk bekerja lembur Masih pada batas yang ditoleransi. Dengan demikian, hindari untuk menjawab pertanyaan yang terkesan hanya sekedar basa-basi saja.

10. Berapakah Besaran Gaji Yang Anda Minta?

Pertanyaan model ini sangatlah sulit untuk dijawab, sebab, Ada kemungkinan pada posisi yang sama memiliki permintaan gaji yang berlainan. Rata-rata, di dalam menentukan besaran gaji memerlukan proses pemikiran dan perenungan yang lebih lanjut.

Oleh Karena itulah, anda bisa mempelajari terlebih dahulu mengenai standar besaran gaji pada perusahaan yang dilamar. Anda juga bisa memperhitungkan sejumlah faktor, contohnya adalah tingkat kesulitan dan pengalaman bekerja. Uraikan ekspektasi anda, akan tetapi pastikanlah masih pada area kemampuan dari standar perusahaan. Dengan demikian, anda akan memperoleh nilai optimal dari standar yang sudah ditetapkan oleh pihak perusahaan yang dilamar.

11. Hobi Atau Kebiasaan Apa Yang Anda Gemari?

Jangan anggap remeh, sebab pertanyaan tersebut tidaklah termasuk ke dalam kategori pertanyaan random atau pertanyaan basi yang berguna untuk mencairkan suasana. Pertanyaan seperti itu akan berguna untuk mengetahui lebih jauh mengenai kepribadian anda apakah telah sesuai dengan budaya kantor atau belum. Berikan jawaban yang serius, detail serta disertai pula dengan sejumlah alasan yang masuk logika. Contohnya adalah:

Baca Juga   Form Wawancara Karyawan Baru

“Saya begitu senang di dalam membaca buku dengan tema teka-teki dan misteri. Oleh sebab itu, saya dapat sedikit mempelajari mengenai cara di dalam memecahkan permasalahan pada situasi khusus”.

Contoh dari Jawaban yang kurang pas atas pertanyaan di atas adalah:

“Saya menyenangi aktivitas membaca buku dengan tema sains disebabkan bisa menambah wawasan saya”. Jawaban tersebut merupakan jawaban yang sangat sederhana serta memiliki kesan bahwa anda sedang berbohong ataupun tidak serius.

12. Sebutkan Apa Yang Dapat Anda Kerjakan Guna Memenangkan Diri Apabila Sedang Pada Kondisi Stress Serta Penuh Tekanan Didalam Bekerja?

Pertanyaan semacam ini berfungsi untuk mengetahui kesabaran anda pada saat menghadapi pekerjaan yang lumayan banyak serta mendadak serta Apakah anda merupakan tipe ah karyawan yang yang cepat menyerah serta tidak memiliki tanggung jawab kepada pekerjaan yang diberikannya. Usahakan memberikan Jawaban dari pertanyaan ini secara jujur Apabila Anda memang mempunyai cara tersendiri di dalam menenangkan diri, misalnya adalah mengambil waktu beberapa menit guna berjalan-jalan di sekitar kantor, mencoba untuk memejamkan mata atau bahkan mengambil cuti beberapa hari untuk berwisata. Pada bagian ini tidaklah terdapat jawaban yang salah. Adapun kesalahan bisa terjadi apabila anda memaksakan diri untuk memilih pilihan yang tidak Anda senangi dan memiliki kesan berbohong.

13. Apakah Anda Juga Melamar Pekerjaan Di Perusahaan Lain Selain Perusahaan Ini?

Apabila terdapat option yang ada ada di dalam diri anda memang lebih dari satu perusahaan, berikan jawaban seperti itu. Apabila pada kenyataannya sejumlah perusahaan yang telah disebutkan mempunyai karakteristik yang baik dan sama pada budaya serta sistem kerjanya, maka kondisi ini akan menguatkan alasan anda mengapa melamar pekerjaan pada perusahaan tersebut pada posisi yang diinginkan, yang artinya adalah anda benar-benar ingin bekerja dengan baik menggunakan peralatan yang mendukung supaya dapat berkembang dengan lebih baik lagi, bukan hanya memiliki slogan “supaya bisa kerja”.

14. Menurut Anda, Berapakah Besaran Gaji Yang Diharapkan?

Perkirakan pada diri anda dengan harga yang sesuai dan pantas dengan beban kerja serta kemampuan yang telah anda perkirakan apabila diterima bekerja serta berikan penjelasan Uraikan alasan mengapa harga tersebut layak untuk diajukan. Bisa jadi, anda akan memperoleh jawaban ” rata-rata, Honor pada posisi seperti itu dan memiliki pengalaman bekerja yang sudah banyak, maka nominal Rp. Sekian sampai dengan Rp. Sekian dirasa cocok untuk diri saya”.

Secara umum, makan muncul proses negosiasi tentang besaran gaji setelah anda mengajukan nominal gaji yang diharapkan, sehingga tidak masalah apabila anda mengajukan besaran gaji dengan harga yang lumayan tinggi di awal proses negosiasi.

15. Apakah Terdapat Pertanyaan Untuk Kami?

Hindari untuk menjawab “tidak memiliki pertanyaan”. Sebab, kondisi tersebut akan menjadikan pihak perusahaan merasa bahwa anda tidak cukup tertarik untuk bekerja. Berikan jawaban dengan sejumlah pertanyaan tentang sistem perusahaan, peraturan perusahaan, dan budaya perusahaan dan lain sebagainya.

Selain itu, ada pula pertanyaan mengenai Apakah terdapat Uang lembur?, berapakah durasi waktu istirahat yang disediakan?, benefit apakah yang bisa saya peroleh apabila diterima bekerja pada perusahaan ini? Dan pertanyaan yang lainnya.

Lewati sesi wawancara dengan sukses

Bermodalkan tips di dalam menjawab 15 pertanyaan jebakan ketika interview atau wawancara kerja, diharapkan dapat membantu anda untuk melewati sesi interview atau wawancara kerja secara maksimal. Silakan untuk mulai mempelajari, memaknai, serta menerapkan pada sesi wawancara berikutnya. Jika Anda paham dengan sejumlah pertanyaan serta jawaban dari tim HRD, efeknya adalah anda bisa menimpali seluruh pertanyaan dengan benar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali

Kumpulan Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali Dan Dilengkapi Dengan Jawabannya

Spesial buat Anda yang telah merampungkan pendidikan di bangku kuliah baik di sekolah tinggi maupun ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *