Home / Materi Umum / Pengertian Tes Kemampuan Umum (TKU) Pada Tes Psikotes

Pengertian Tes Kemampuan Umum (TKU) Pada Tes Psikotes

Tes Kemampuan Umum (TKU) Pada Tes Psikotes merupakan bagian dari proses seleksi pegawai, terutama pada ranah pegawai hegeri sipil. Tes Kemampuan Umum (TKU) Pada Tes Psikotes memang cocok diterapkan pada proses penerimaan pegawai negeri sipil, karena secara tidak langsung isi dari materi tes mempunyai cakupan global tentang kewarganegaraan.

Dengan adanya kesesuaian cakupan materi tes untuk calon pegawai negeri sipil tersebut membuat anda yang memang berminat untuk mendaftar sebagai CPNS bisa lebih mempersiapkan diri lebih matang, terutama pada segi latihan soal yang berkaitan dengan materi tentang kenegaraan.

Pengertian Tes Kemampuan Umum (TKU) Pada Tes Psikotes

Adapun Tes Kemampuan Umum (TKU) Pada Tes Psikotes berisi cakupan materi sebagai berikut:

  1. Tes Bidang Pancasila, pengetahuan dasar mengenai pancasila, nilai-nilai yang terkandung didalam pancasila, serta pemahaman mengenai pancasila
  2. Tes Undang-undang Dasar 1945 dan Amandemen, memahami seluruh pasal-pasal yang ada dalam undang-undang dasar 1945 lengkap dengan penjabaran dan makna yang ada didalamnya.
  3. Tes Kebijakan Pemerintah, memahami dengan benar mengenai seluruh kebijakan yang muncul dari pemerintah, biasanya bersumber dari peraturan pemerintah atau permen.
  4. Tes Tata Negara, memahami ketatanegaraan yang baik, mengerti akan struktur dan fungsi dari seluruh aspek organisasi yang ada di dalam negara republik indonesia
  5. Tes Sejarah, memahami sejarah yang pernah terukir di negara indonesia. Sejarah proses kemerdekaan sampai dengan sejarah perjalanan menuju ke era sekarang.
  6. Tes Pengetahuan Umum, memahami dengan sebenarnya mengenai informasi-informasi umum yang banyak muncul di media, ilmu pengetahuan yang sudah pernah didapat di sekolah, namun tetap memperhatikan kebenarannya
  7. Tes Bahasa Indonesia, memahami penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar serta paham dengan materi yang pernah didapat disekolah.
  8. Tes Bahasa Inggris, bisa mengerti dan paham dengan penggunaan bahasa Inggris yang baik dan benar, minimal penggunaan bahasa inggris pasif.
  9. Tes Pengetahuan Agama, mengerti dan memahami seluruh aspek pengetahuan dan ketrampilan dibidang agama.

Dengan memahami seluruh aspek diatas, maka kemungkinan besar Tes Kemampuan Umum (TKU) Pada Tes Psikotes bisa anda lalui dengan mudah dan mulus. Selamat belajar, semoga anda sukses mencapai cita-cita.

Check Also

Tes psikotes lengkap dan gratis

Semenjak pelaksanaan tes psikotes diterapkan, banyak orang yang berburu contoh soal tes psikotes lengkap dan gratis. ...