Home / Contoh Soal / Pengertian tes psikotes dan contoh soal lengkap dengan jawabannya

Pengertian tes psikotes dan contoh soal lengkap dengan jawabannya

Pengertian tes psikotes dan contoh soal lengkap dengan jawabannya – Bagi anda yang sering melamar kerja ke sebuah perusahaan dan mendapatkan panggilan untuk proses awal seleksi masuk, yang tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah tes psikotes. Tes psikotes adalah salah satu bagian tahapan yang pastinya akan dilalui pada proses seleksi penerimaan pegawai atau karyawan pada sebuah perusahaan.

Tes psikotes merupakan sebuah tahapan yang digunakan oleh para psikolog yang tentunya diberikan mandat oleh sebuah perusahaan untuk mendapatkan berbagai macam informasi mengenai kondisi psikologis dari seseorang yang merupakan calon pegawai ataupun karyawan tersebut. Pada tes psikolog akan didapat berbagai macam gambaran secara utuh mengenai berbagai macam aspek psikologis individu, sehingga kepribadian atau karakter seseorang bisa terlihat.

Karakter yang terlihat hasil dari tes psikotes tersebutlah yang nantinya akan digunakan oleh sebuah perusahaan sebagai sebuah kriteria apakah individu tersebut bisa diterima bekerja atau tidak. Tentunya ketika seseorang mendapatkan nilai yang bagus pada proses tes psikotes akan menjadikan yang bersangkutan memiliki poin yang lebih banyak. Walaupun seperti yang kita ketahui bersama bahwa proses penilaian pada kegiatan seleksi penerimaan pegawai atau karyawan tidak hanya terletak pada tes psikotes saja.

Supaya kita lebih terbiasa dalam mengerjakan soal-soal tes psikotes, makan sangat disarankan untuk banyak berlatih mengerjakan contoh soal tes psikotes. Contoh soal tes psikotes sebenarnya sudah cukup banyak beredar, baik dalam bentuk buku yang dijual di toko buku ataupun dalam bentuk ebook yang sudah banyak tersebar di internet. Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba berbagi dengan anda contoh tes psikotes yang bisa anda jadikan sebagai salah satu bahan belajar supaya anda bisa lebih siap dan lebih mengenal karakter dari soal psikotes itu sendiri.

Contoh soal tes psikotes yang akan saya tampilkan pada postingan kali ini hanyalah berupa contoh saja, yang tentunya dengan jumlah yang sangat terbatas. Tujuan dari pemberian contoh soal tes psikotes tersebut adalah untuk memberikan gambaran umum kepada anda bagaimana sebenarnya bentuk dan karakter soal dari tes psikotes itu sendiri.

Ketika anda sudah memahami bentuk dan pola dari soal tes psikotes maka tentunya anda akan lebih mudah untuk belajar mengenai contoh soal tes psikotes tersebut. Dan tentunya ketika anda sudah paham dengan karakter soal tes psikotes, maka anda akan lebih mudah untuk mengerjakannya.

Di bawah ini adalah salah satu contoh soal tes psikotes lengkap dengan pembahasannya:

Pengertian tes psikotes dan contoh soal lengkap dengan jawabannya

Demikianlah informasi singkat pada postingan kali ini mengenai tes psikotes, contoh soal lengkap dengan jawabannya yang tentunya bertujuan supaya anda lebih terbantu untuk memahami karakteristik dari soal tes psikotes. Mudah-mudahan artikel singkat pada kesempatan kali ini bisa memberikan tambahan wawasan dan ilmu bagi anda sekalian, walaupun sedikit. Terima kasih.

Check Also

Latihan tes psikotes online

Latihan tes psikotes online

Salah satu bentuk persiapan dari pelaksanaan tes psikotes adalah melaksanakan latihan tes psikotes online. Latihan tes psikotes online ini ...