Home / Materi Umum / Pengertian Tes Skala Kematangan (TSK) Pada Tes Psikotes

Pengertian Tes Skala Kematangan (TSK) Pada Tes Psikotes

Tes Skala Kematangan (TSK) Pada Tes Psikotes dilaksanakan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kedewasan dan kematangan berfikir seseorang. Berfikir dewasa pada seseorang tentunya sangat dibutuhkan pada kondisi dan situasi tertentu supaya bisa mengatasi kondisi-kondisi yang cukup sulit sekalipun. Tes Skala Kematangan (TSK) Pada Tes Psikotes merupakan proses yang cukup sulit dan mengharuskan peserta untuk bisa menempatkan diri pada posisi yang terbaik.

 Pengertian Tes Skala Kematangan (TSK) Pada Tes Psikotes

Ragam dan jenis Tes Skala Kematangan (TSK) Pada Tes Psikotes cukup banyak dan bervariasi. Sebuah perusahaan pasti akan memiliki standar khusus sebagai penentu dari jenis Tes Skala Kematangan (TSK) Pada Tes Psikotes yang akan diberikan. Akan tetapi secara umum, Tes Skala Kematangan (TSK) Pada Tes Psikotes bisa dilaksanakan pada beberapa bagian, yaitu :

  1. Integritas (Kebaikan/ketulusan hati), tes tersebut akan memberikan informasi seberapa besar nilai toleransi dan kebaikan hari seseorang, yang nanti bisa menjadi partner kerja dalam kegiatan sehari-hari.
  2. Kejujuran, dengan kejujuran yang tinggi, pastinya perusahaan akan memberikan peluang yang cukup tinggi. Kejujuran juga merupakan kunci utama keberhasilan dalam mengikuti Tes Skala Kematangan (TSK) Pada Tes Psikotes dan juga pada kegiatan kerja sehari-hari.
  3. Tanggung Jawab, berani mempertanggung jawabkan segala jenis perilaku dan kegiatan yang dilakukan, baik yang memiliki skala kecil maupun besar.
  4. Kemampuan Beradaptasi, sangat penting untuk mempermudah berkomunikasi, membaur dan bergaul dengan teman sesama kerja. Kemampuan adaptasi yang tinggi juga akan membuat seseorang mudah mendapatkan banyak teman.
  5. Pengendalian Diri, disaat situasi tidak baik dan mamicu emosi, tetap harus bisa mengendalikan emosi dalam diri, sehingga tidak mengedepankan keegoisan, namun tetap menjaga agar kondisi dan situasi kerja tetap kondusif.
  6. Semangat Berprestasi, selalu menunjukan semangat yang tinggi dalam bekerja, baik pekerjaan yang berat sekalipun. Tidak menunjukan rasa keluh kesah dalam bekerja tentunya akan sangat membantu anda dalam memberikan citra yang bagus dalam bekerja.
  7. Inisiatif (Kemauan), memiliki kemauan yang tinggi dalam bekerja juga akan sangat bagus pengaruhnya dalam memberikan citra positif pada posisi anda di perusahaan nantinya.
  8. Kreatifitas Kerja, memiliki ide-ide yang bagus dan baru serta fress adalah kunci keberhasilan anda dalam mengikuti Tes Skala Kematangan (TSK) Pada Tes Psikotes. Anda harus selalu memiliki ide-ide baru dari brilian.
  9. Ketekunan, tekun dalam bekerja akan bisa menyelesaikan pekerjaan yang jumlahnya banyak dan menjenuhkan. Perusahaan besar akan sangat membutuhkan pegawai yang tekun bekerja.
  10. 10 Penghargaan Terhadap Orang Lain, bagaimana kita menghargai orang lain merupakan proses pengukuran kedewasaan yang bisa kita tunjukan pada Tes Skala Kematangan (TSK) di Tes Psikotes.
  11. Ketegasan, tegas namun tetap lembut adalah ciri kematangan dalam berfikir, sehingga mencerminkan kedewasaan yang cukup baik.
  12. Kepercayaan Diri, kedewasaan dan kematangan juga identik dengan percaya diri. Tunjukanlah pada penguji bahwa anda memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dalam segala macam kondisi.
  13. Toleransi (Sikap menghargai orang lain) wajib dimiliki oleh setiap orang. Dalam dunia kerja, sikap toleransi akan sangat dibutuhkan. Jadi jangan heran jika sekarang anda masih belum bisa bekerja karena sikap egois yang anda miliki masih tinggi.
  14. Kepedulian Lingkungan, saling membantu jika ada teman yang sedang butuh bantuan merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap orang.
  15. Efisiensi Cara Kerja, memanfaatkan waktu kerja sebaik mungkin, tidak bertele-tele, suka praktek dari pada sekedar ngomong saja.

Demikianlah beberapa hal yang bisa digunakan sebagai tolak ukur dalam Tes Skala Kematangan (TSK) Pada Tes Psikotes. Semoga anda bisa memaksimalkan seluruh tolak ukur diatas. Terima kasih dan selamat untuk belajar.

Check Also

Tes psikotes lengkap dan gratis

Semenjak pelaksanaan tes psikotes diterapkan, banyak orang yang berburu contoh soal tes psikotes lengkap dan gratis. ...