Home / Materi Umum / Persiapan Mengahadapi Tes Psikotes Polri

Persiapan Mengahadapi Tes Psikotes Polri

Penerimaan calon didik Polri memang menjadi bagian yang ditunggu oleh mereka yang menginginkan menjadi anggota polri. Dari sekian jenis seleksi yang dilakukan terdapat tes tertulis yang harus dilakukan oleh para pendaftar. Tes tertulis tersebut adalah tes psikotes polri. Dimana tingkat kesulitannya cukup menyita waktu. Tidak hanya itu dibutuhkan ketelitian dan konsentrasi yang tinggi. Walaupun demikian ketika soal tersebut dikerjakan dengan benar, tentunya akan mudah untuk diselesaikan. Nah berikut ini akan kami sajikan sedikit contoh soal tes psikotes polri

Gambaran Ujian Psikotes

contoh soal tes psikotes polri yang pertama adalah tes logika penalaran, yang biasanya disajikan gambar dengan jumlah tertentu dan dimensi yang berbeda. Tes ini mengharapkan anda bisa memahami pola kencederungan suatu gambar tertentu berdasarkan gambar pola tersebut. Dalam mengerjakan soal ini perlu di butuhkan konsentrasi yang tinggi,pikiran tenang dan juga ketelitian. Tes selanjutnya adalah tes Papi (Perception and Preferene Inventory) yang ingin mengetahui motivasi atau gaya kepemimpinan anda, tidak hanya itu diperlukan juga kevel energy, tingkat emosi, dan hubungan sosial dengan kawan atau guru.

Selain itu masih terdapat contoh soal tes psikotes polri selanjutnya yaitu Army Alpha Intelegence Test. Dalam teset ini terdapat 12 soal yang terdapat kombinasi deretan angka dan deretan ruang. Dalam mengerjakan soal ini anda hanya perlu memikirkan apa yang menjadi kecenderungan anda dari kedua pilihan yang ada. Tes selanjutnya adalah Braum Tree Test yang meminta anda untuk menggambar pohon. Peserta diperbolehkan menggambar berbagai jenis gambar pohon. Penilaian dari jenis tes pskologi Braum ini tentunya untuk mengidentifikasi berbagai ketelitian, kedisiplinan dan keteggapan peserta.

Jenis contoh soal tes psikotes polri selanjutnya adalah House Tree Person test atau disebut juga sebagai HTP. Dalam mengikuti tes ini peserta di minta untuk menggambar rumah yang disertai dengan orang dan pohon. Dimana ketiga gambar tersebut dapat mewakili karakter atau kepribadian seseorang. Tentunya dalam menghadapi ujian tes Psikolog polri tersebut perlu di siapkan perencanaan yang matang. Semoga bermanfaat.

Check Also

contoh soal tes psikotes sma

Kumpulan soal tes psikotes

Setiap orang yang hendak mengikuti ujian tes psikotes tentunya mencari berbagai macam kumpulan soal tes ...