Home / Materi Umum / Rahasia tes psikotes yang belum banyak diketahui

Rahasia tes psikotes yang belum banyak diketahui

Ada beberapa rahasia tes psikotes yang perlu anda ketahui supaya pada saat pelaksanaan tes psikotes anda tidak lagi merasa kaget dan kesulitan di dalam menyelesaikan beragam soal tes psikotes yang diberikan oleh panitia penyelenggara pelaksanaan tes psikotes tersebut. Rahasia tes psikotes tersebut tentunya mencakup berbagai macam jenis tes psikotes yang digunakan dan tentunya diterapkan guna menjaring serta menyaring dan memfilter calon tenaga kerja sebuah perusahaan sehingga perusahaan mendapatkan karyawan yang terbaik.

Rahasia tes psikotes yang belum banyak diketahui

Rahasia tes psikotes yang belum banyak diketahui terutama oleh para pemula adalah jenis-jenis dari tes psikotes itu sendiri. Oleh sebab itu tentunya sangat disarankan bagi siapapun yang hendak mengikuti ujian tes psikotes untuk mempelajari jenis-jenis tes psikotes tersebut yang nantinya diikuti dengan mempelajari contoh-contoh soal yang sesuai dengan jenis tes psikotes yang hendak diujikan. Pelaksanaan tes psikotes tidaklah dilakukan hanya satu tahap saja. Namun, tes psikotes bisa dilakukan dalam berbagai macam tahap mulai dari tahapan yang tertulis sampai dengan tahapan praktek.

Supaya anda bisa menyiapkan diri untuk mencari berbagai macam referensi contoh-contoh soal berdasarkan jenis dari tes psikotes itu sendiri maka berikut ini akan saya sampaikan rahasia tes psikotes yang belum banyak diketahui untuk anda. Berikut adalah ulasannya.

Rahasia tes psikotes yang pertama adalah untuk jenis tes logika aritmatika. Untuk bisa menyelesaikan jenis tes psikotes logika aritmatika anda harus menguasai kompetensi matematika. Minimal nilai matematika yang ada di bangku sekolahan adalah diatas 8. Soal-soal pada logika aritmatika biasanya berupa darat darat angka dimana angka-angka tersebut harus anda logika sendiri supaya anda bisa mengetahui angka yang diminta. Soal untuk tes psikotes logika aritmatika biasanya cukuplah banyak. Oleh sebab itu janganlah terpaku pada satu soal yang sulit saja. Apabila anda menganggap 1 soal sulit maka tentunya anda harus menuju ke soal berikutnya yang lebih mudah sehingga waktu anda tidak terbuang percuma hanya untuk mengerjakan soal yang sulit saja.

Rahasia tes psikotes yang berikutnya adalah tes logika penalaran. Untuk bisa menyelesaikan tes logika penalaran ini tentunya anda harus memiliki daya imajinasi yang baik sehingga anda nantinya bisa menyusun berbagai macam bentuk pola dari objek dasar yang diberikan. Soal untuk tes logika penalaran ini adalah berupa objek objek dasar yang mana nantinya dari objek dasar tersebut anda harus susun sedemikian rupa sehingga membentuk suatu objek yang memiliki maksud dan makna serta arti tersendiri.

Rahasia tes psikotes yang lainnya lagi adalah tes psikotes kraepelin ataupun pauli. Tes kraepelin atau pauli ini juga hampir sama dengan tes deret ataupun logika matematika. Isinya berubah angka-angka yang terbentuk ataupun tersusun secara membujur ataupun secara lajur. Untuk bisa menyelesaikan tes kraepelin atau pauli ini memang dibutuhkan konsentrasi yang tinggi serta ketahanan untuk selalu berhitung angka-angka yang ada.

Rahasia tes psikotes berikutnya adalah tes psikotes warteg. Tes psikotes warteg ini untuk soalnya adalah berupa simbol-simbol dasar seperti simbol titik, simbol garis, simbol kurva, simbol garis lengkung dan berbagai macam simbol lainnya. Tugas dari anda adalah membuat objek baru berdasarkan dari simbol dasar yang sudah ada pada soal. Tentunya untuk bisa menyelesaikan tes psikotes jenis warteg ini anda haruslah memiliki imajinasi yang kuat apa yang hampir sama dengan proses penyelesaian tes logika penalaran. Anda harus bisa menggambar berbagai macam bentuk objek yang diawali dari objek dasar tersebut.

Rahasia tes psikotes yang terakhir adalah tes psikotes menggambar atau sering disebut dengan istilah draw a man test. Sebenarnya tes psikotes menggambar biasanya dikategorikan menjadi 2 bagian . yaitu selain menggambar orang juga menggambar pohon. Namun nantinya kembali lagi ke pihak penyelenggara tes psikotes tersebut apakah akan mengeluarkan tes untuk menggambar orang sekaligus menggambar pohon atau hanya mengambil salah satu saja. Rahasia yang digunakan untuk bisa menyelesaikan tes psikotes menggambar ini juga lah sama saja. Anda harus meneliti sedetail mungkin goresan-goresan gambar yang anda lakukan di atas kertas. Setiap goresan yang anda lakukan haruslah memiliki makna. Jadi, janganlah anda membuat garis-garis gambar yang tidak memiliki arti lantaran hal tersebut nantinya akan mengurangi penilaian anda.

Demikianlah beberapa informasi mengenai rahasia tes psikotes yang belum banyak diketahui sehingga anda bisa lebih awal memantapkan diri serta mempersiapkan diri supaya benar-benar siap di dalam menghadapi tes psikotes. Terima kasih atas kunjungan anda dan selamat mencoba.

Check Also

contoh soal tes psikotes sma

Kumpulan soal tes psikotes

Setiap orang yang hendak mengikuti ujian tes psikotes tentunya mencari berbagai macam kumpulan soal tes ...