Home / Materi Umum / Sejumlah Bidang Kerja Bagi Jurusan Astronomi Yang Perlu Diketahui
Bidang Kerja Bagi Jurusan Astronomi

Sejumlah Bidang Kerja Bagi Jurusan Astronomi Yang Perlu Diketahui

Bisa dikatakan bahwa jurusan astronomi merupakan satu-satunya jurusan yang ada di Universitas atau Institut Teknologi Bandung/ ITB di negara Indonesia. Dalam konteks ini, Institut Teknologi Bandung atau ITB adalah perguruan tinggi yang sangat banyak diminati oleh masyarakat, akan tetapi, tidak terlalu banyak dari mereka yang bisa diterima untuk bisa kuliah di Universitas tersebut.

Sebab, agar bisa diterima di ITB yang merupakan perguruan tinggi ternama dan terkemuka tersebut memerlukan proses yang begitu rumit. Program studi astronomi merupakan suatu jurusan yang didalamnya mempelajari mengenai berbagai macam bentuk dan juga benda ada yang berada di luar angkasa.

Artinya adalah, mata kuliah astronomi tersebut masuk ke dalam kategori jurusan MIPA. Untuk wilayah Indonesia, jurusan perkuliahan astronomi bisa dikatakan masih sedikit sekali yang minat, akan tetapi di luar negeri sana jurusan astronomi begitu banyak yang yang minat.

Hal tersebut disebabkan gaji yang nantinya diperoleh ketika menjadi seorang astronomi lumayan besar untuk wilayah luar negeri, sehingga tidak mengherankan apabila begitu banyak hak warga yang berkeinginan untuk dapat bekerja di luar negeri. Akan tetapi, pada wilayah Indonesia, pekerjaan astronomi tidak terlalu banyak yang minat.

Bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan perkuliahan dari jurusan astronomi akan memperoleh gelar sains. Akan tetapi, tidak hanya di situ saja wilayah pekerjaan dari lulusan astronomi di mana mahasiswa yang sudah menyelesaikan perkuliahan jurusan astronomi akan menjadi seorang astronom. Tentunya, terdapat bidang lain yang bisa digarap oleh lulusan jurusan astronomi tersebut.

Sejumlah Peluang Kerja Dari Jurusan Astronomi

Kesempatan kerja yang menjadi sejumlah prospek pekerjaan dari Anda yang baru saja meluruskan perkuliahan jurusan astronomi yaitu sebagai berikut:

1. Pada Lembaga Penelitian, Lembaga Antariksa Dan Lembaga Observatorium

Mahasiswa lulusan jurusan astronomi merupakan mahasiswa yang bisa bekerja di pemerintahan pada bidang astronomi baik pada lembaga penelitian, Lembaga Antariksa dan juga lembaga observatorium. Pada umumnya, seorang karyawan bisa bekerja di dalam negeri maupun di luar negeri.

Baca Juga   Nilai UNBK Memiliki Manfaat Sangat Penting, Ternyata Ini 5 Faktornya

Sebab, seorang ilmuwan di bidang astronomi jika sudah menjadi seorang ahli dibidangnya wajib harus mau dan harus mampu untuk dapat ditempatkan kerja di manapun juga, baik di luar negeri atau di dalam negeri. Dalam kondisi ini, seorang astronomi wajib untuk bisa menerimanya.

Akan tetapi, tidak. Disitu saja, seorang astronom juga kerap kali memperoleh gaji yang lumayan besar sehingga lulusan jurusan astronomi jumlahnya cukup banyak di luar negeri yang memiliki minat untuk bisa bekerja menjadi seorang astronomi yang cekatan serta mampu bekerja pada sebuah lembaga pemerintahan serta bekerja pada bagian yang yang cukup disenangi, yakni pada bidang astronomi pada lembaga penelitian, Lembaga Antariksa dan juga lembaga observatorium.

2. Pada Bidang Tenaga Pendidik

Lulusan yang sudah memiliki keahlian pada bidangnya serta menginginkan agar dapat bekerja di bidang akademis, bisa bekerja menjadi bagian dari tim pengajar maupun bisa pula menjadi seorang dosen yang profesional. Sebab, pada kondisi ini, agar bisa bekerja sebagai dosen adalah suatu hal yang cukup diidam-idamkan.

Akan tetapi, guna memperoleh gelar menjadi dosen bisa merampungkan pendidikan terlebih dahulu dari jenjang S1 ke S2, baru nantinya bisa bekerja menjadi dosen yang handal dan profesional. Anda yang hendak bekerja menjadi seorang dosen wajib mempunyai kemampuan ketika menyampaikan mata kuliah yang diampu olehnya supaya pihak mahasiswa bisa lebih cepat di dalam memahami serta menerima dengan senang hati.

Akan tetapi, masih banyak mahasiswa yang belum memiliki minat untuk jadi seorang astronomi yang benar-benar ahli di bidangnya. Akan tetapi, tidak saja wajib menjadi dosen yang bekerja untuk mengisi mata kuliah Fisika mengenai astrofisika juga bisa diberikan pihak mahasiswa. Disamping itu, juga bisa bekerja sebagai tenaga pendidik SAINS pada sebuah lembaga pengajar atau pun bisa di bimbel atau bimbingan belajar bersama orang lain.

3. Pada Bidang Media/ Media Astronomi

Seseorang yang bekerja pada jurusan astronomi tersebut, juga bisa bekerja sebagai seorang penulis maupun mencari sejumlah berita mengenai astronomi serta luar angkasa. Mereka yang kuliah di jurusan astronomi bisa bekerja sebagai karyawan yang bekerja pada media/ media astronomi dalam umum maupun pemerintahan pada suatu lembaga.

Baca Juga   Sejumlah Materi Yang Dipelajari Serta Peluang Kerja Sastra Inggris Lengkap Dengan Asal-Usulnya

Dengan kata lain, pada dasarnya seorang astronomi juga bisa bekerja sebagai apa saja, baik di dalam negeri ataupun di luar negeri, tergantung di saat itu seorang astronomi tersebut bisa diposisikan di bagian mana. Seorang astronomi juga bisa menjadikan hal tersebut peluang pekerjaan yang begitu menarik ketika ingin menjadi seorang astronomi yang bijaksana serta handal. Diikuti pula dengan menjadi seorang astronom yang profesional pada bidangnya.

4. Pada Bidang Umum

Mahasiswa yang sudah lulus dari jurusan astronomi bisa bekerja pada bidang yang lain. Misalnya adalah menjadi seorang ahli dan profesional di dalam pekerjaannya. Tidak sampai disitu saja, seorang ilmu astronomi tidaklah wajib bekerja di dalam melakukan penelitian serta mencari kabar mengenai luar angkasa lengkap dengan sejumlah planet yang ada dilangit. Akan tetapi, lulusan jurusan astronomi bisa bekerja sebagai apapun juga pada bidang yang mana pun yang bisa mendatangkan uang yang lumayan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

5. Pada Bidang Wirausahawan

Lulusan jurusan astronomi tidaklah wajib menjadi dosen ataupun profesi yang lainnya. Akan tetapi, lulusan astronomi juga bisa bekerja sebagai wirausahawan. Bahkan, pekerjaan ini bisa langsung terlihat keuntungannya setiap hari.

Seseorang yang bisa menjadi pengusaha sangat dimungkinkan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, hal tersebut terlihat dari antusiasme para lulusan jurusan astronomi yang belajar untuk berwiraswasta. Pekerjaan wiraswasta tersebut memang sudah lumayan banyak yang mencarinya, utamanya bagi mereka yang telah mempunyai bakat berwiraswasta.nya kondisi ini bisa dijadikan sebagai suatu peluang kerja yang sangat menguntungkan untuk para lulusan jurusan astronomi yang masih merasa bingung di dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya.

6. Pada Bidang Programmer

Dapat disimpulkan bahwa programmer merupakan Orang yang benar-benar ahli pada bidangnya, yaitu ahli di dalam menggunakan komputer dan ahli di bidang desain.nya pekerjaan ini juga bisa dikerjakan oleh lulusan perguruan tinggi jurusan astronomi perhentian sebab, pada pekerjaan sebagai programmer, bisa dijadikan sebagai tolak ukur yang cukup baik untuk diri mereka.

Baca Juga   Inilah Beberapa Manfaat Dari Digital Learning Pada Proses Pengembangan SDM

Jadi seorang astronomi tidaklah terlalu sulit apabila anda benar-benar memiliki keinginan untuk menjadi seorang astronomi profesional. Dalam kondisi tersebut, para lulusan jurusan astronomi bisa bekerja sebagai seorang programmer yang cukup handal. Disamping itu, seorang programmer handal bisa memperoleh peluang pekerjaan yang jauh lebih baik apabila orang tersebut bisa menjadi programmer yang benar-benar ahli di bidangnya. Pada bagian ini, seorang programmer memiliki keinginan menjadi apa yang selama ini diinginkannya.

7. Pada Bidang Pemerintahan, Yaitu Menjadi Pegawai Negeri Sipil Atau PNS/ASN

Masyarakat yang memiliki pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil atau PNS merupakan orang-orang yang benar-benar ahli pada bidangnya. Tentunya, Sampai dengan saat ini sangat banyak di masyarakat yang berusaha untuk mencari peluang pekerjaan menjadi pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara tersebut.

Sebab, terdapat sangat banyak bidang ilmu pengetahuan yang yang mampu menjadikan seseorang menjadi PNS seperti apa yang di harapkan. Bisa menjadi PNS merupakan sebuah impian yang sangat diinginkan oleh banyak sekali orang. Besarnya gaji yang menggiurkan serta lumayan besar dan bisa dijadikan sebagai tolak ukur orang tersebut untuk bisa mendaftar serta berminat menjadi pegawai negeri sipil.

Berprofesi menjadi pegawai negeri sipil atau PNS tidak hanya pada jurusan astronomi saja, akan tetapi juga pada jurusan di bidang lain yang dapat menjadi seorang PNS yang yang handal serta ahli di bidangnya.nya dari dasar itulah, PNS memang sangat diminati oleh sejumlah kalangan baik kalangan atas maupun kalangan bawah.

8. Pada Bidang Pemerintahan Yang Bekerja Sebagai Peneliti Benda-Benda Langit Atau Antariksa

Pada bagian ini, mahasiswa yang baru saja menyelesaikan kuliahnya bisa menjadi seorang peneliti benda-benda langit dan antariksa. Pada pekerjaan ini, peluang yang ditawarkan begitu menguntungkan bagi mahasiswa jurusan astronomi yang sedang merasa bingung di dalam mendapatkan pekerjaan, sebab pekerjaan tersebut begitu cocok dijadikan sebagai pekerjaan bagi mereka yang mengambil jurusan antariksa tersebut. Kesimpulannya, lumayan banyak mahasiswa yang mendaftar pada pekerjaan tersebut. Harapannya Adalah gaji yang nantinya akan didapat lumayan besar.

Sekian Uraian singkat mengenai peluang kerja para lulusan perguruan tinggi di bidang astronomi perhentian harapan penulis, dengan adanya sharing artikel ini, peluang untuk bisa bekerja sebagai ahli di bidang astronomi semakin lebar. Sekian dan terima kasih.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Nilai UNBK Memiliki Manfaat Sangat Penting

Nilai UNBK Memiliki Manfaat Sangat Penting, Ternyata Ini 5 Faktornya

Pada tulisan kali ini, penulis akan mencoba menguraikan 5 buah alasan yang menjadikan nilai UNBK ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *