Home / Materi Umum / Sejumlah Manfaat Magang Kerja Pada Perusahaan Startup
Manfaat Magang Kerja Pada Perusahaan Startup

Sejumlah Manfaat Magang Kerja Pada Perusahaan Startup

Sejumlah Mahasiswa memiliki anggapan bahwa perusahaan yang besar merupakan perusahaan yang paling pas untuk mereka sebagai tempat kerja magang. Sehingga, lumayan banyak mahasiswa yang sangat mengidam-idamkan agar dapat mempunyai kesempatan untuk melaksanakan proses kerja magang pada sejumlah perusahaan yang mempunyai karyawan dengan jumlah cukup besar, yang telah dilengkapi dengan sebuah kantor pada area perkantoran yang berkelas dan elit, serta dilengkapi dengan sejumlah kesibukan yang cukup padat. Lantas, Apakah sesungguhnya yang dicari oleh para mahasiswa ketika sedang praktek kerja magang tersebut?

Perlu di ketahui bersama bahwa terdapat mahasiswa dalam jumlah yang sangat banyak yang membidik nama besar sebuah perusahaan dibandingkan dengan berbagai macam pengalaman yang dapat mereka peroleh ketika sedang magang. Pada umumnya, mereka mengharapkan memperoleh berbagai macam keuntungan dari perusahaan tempat mereka megang, contohnya adalah sebagai sebuah referensi pada saat mencari pekerjaan jika nantinya sudah selesai kuliah.

Proses ini pada dasarnya bukanlah suatu tindakan yang keliru, sah-sah saja apabila seorang mahasiswa mengharapkan suatu perusahaan besar yang akan dijadikan sebagai tempat untuk mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya selama belajar di bangku kuliah. Akan tetapi, yang nantinya akan menjadi suatu pertanyaan yaitu seberapa efektifkah ilmu yang sudah dimilikinya dapat diaplikasikan pada perusahaan tersebut?

Apabila dibandingkan antara cara suatu perusahaan besar yang mempunyai karyawan berjumlah ratusan dengan sebuah perusahaan startup yang cuma mempunyai puluhan atau mungkin belasan orang karyawan, maka diantara keduanya akan mempunyai sejumlah perbedaan yang cukup mencolok. Kondisi ini juga akan terjadi di sejumlah pengalaman kerja magang yang diperoleh pada kedua tempat tersebut, tentunya akan jauh berbeda.

Janganlah menyepelekan perusahaan startup yang ukurannya masih tergolong kecil, karena sangat banyak keuntungan yang dapat diperoleh pada saat ikut kerja magang di sana. Bahkan, kadangkala akan jauh lebih besar Apabila dibandingkan dengan apa yang nantinya akan diberikan oleh perusahaan yang sudah besar.

Baca Juga   Inilah Syarat Dan Cara Lengkap Pendaftaran Pada SBMPTN Terbaru

Beberapa Keuntungan Magang Kerja Di Perusahaan Startup

Sejumlah point berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa kerja magang pada perusahaan startup memberikan cukup banyak manfaat kepada mahasiswa.

1. Mahasiswa Akan Bertanggung Jawab Dan Terlibat Secara Langsung

Pada saat ikut magang pada suatu perusahaan yang sudah besar, maka ada kemungkinan seorang mahasiswa Bisa jadi Tidak pernah mengenal atau berkomunikasi secara langsung dengan pihak pimpinan perusahaan. Situasi ini tentunya cukup banyak terjadi sekarang ini. Namun, pada skala perusahaan startup, kondisi tersebut cukup langka atau bahkan tidak akan terjadi.

Pada perusahaan startup yang cuma mempunyai belasan orang karyawan, Mahasiswa magang tentunya akan dengan mudah bertemu serta melakukan kerjasama dengan seluruh tim yang ada didalamnya. Lingkup kerja pada perusahaan startup juga cukup kecil sehingga seluruh karyawan akan cukup dekat serta cukup tergantung antara yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, lupakan saja hubungan yang cukup formal serta cukup terbatas di sekat-sekat jabatan, di mana startup tidak berjalan menggunakan aturan yang kaku seperti pada perusahaan besar.

Secara umum, perusahaan start up akan secara langsung melibatkan pihak mahasiswa yang bekerja magang serta memberikan kepada mereka sejumlah kesempatan dan tanggung jawab yang hampir sama dengan karyawan tetap yang sudah ada sebelumnya. Pada perusahaan startup mereka mendapatkan tuntutan agar bisa mandiri serta mempunyai tanggung jawab secara penuh terhadap pekerjaan yang yang sedang ditanganinya.

Para mahasiswa tentunya akan diberikan kesempatan guna bisa merasakan bagaimana kondisi dunia kerja dapat berjalan, sehingga seluruh kemampuan para mahasiswa dapat digunakan di lapangan kerja secara utuh. Tentunya, kondisi seperti itu begitu menyenangkan.

2. Cukup Banyak Belajar Tentang Berbagai Macam Hal Di Perusahaan

Ruang lingkup yang cukup kecil akan menjadikan para mahasiswa yang bekerja magang dapat menyaksikan dengan langsung bagaimana sesungguhnya seluruh tim pada perusahaan startup bekerja serta menyelesaikan suatu proyek. Kondisi tersebut tentunya tidak akan diperoleh pada saat ikut magang pada perusahaan yang sudah besar, karena seorang mahasiswa magang cuma akan ada pada suatu Departemen khusus, dimana dia cuma akan melihat serta bertemu dengan beberapa orang yang ada di departemen tersebut.

Baca Juga   Inilah Beberapa Manfaat Dari Digital Learning Pada Proses Pengembangan SDM

Sebuah tanggung jawab yang begitu kecil, tentunya hanya akan menjadi sebuah pengalaman kerja yang yang kecil, dan dan hal tersebutlah yang nantinya bisa diperoleh pada saat magang pada ada Sebuah departemen di perusahaan yang sudah besar.

Perusahaan startup akan mampu memberikan tambahan pengalaman yang berbeda, di mana masing-masing mahasiswa mempunyai suatu lingkungan kerja yang kecil serta melibatkan seluruh orang dengan langsung. Kondisi kerja seperti itu yang nantinya dapat memberikan cukup banyak pengalaman kerja, termasuk di dalamnya adalah bagaimana teknik menjalankan suatu perusahaan dengan kinerja suatu tim di dalamnya.

3. Bisa Mengenal Cukup Banyak Hal Baru Sekaligus

Pada prakteknya, suatu perusahaan tentunya memakai cukup banyak teknologi serta aplikasi didalam mendukung seluruh kegiatan kerja yang dikerjakan oleh mereka. Akan tetapi, pada saat magang pada suatu departemen di perusahaan yang berskala besar, adanya kesempatan untuk bisa belajar sejumlah aplikasi tersebut cukup terbatas yang dipakai pada departemen yang bersangkutan.

Akan tetapi, kondisi tersebut tentu akan berbeda pada saat kerja magang di perusahaan startup, sebab hampir seluruh aplikasi dapat ditemukan serta dapat dipelajari dengan cukup cepat. Perusahaan startup akan mampu memberikan kesempatan agar bisa belajar cukup banyak hal, utamanya yang berhubungan dengan kinerja perusahaan, dan bagian itulah yang menjadi suatu keuntungan untuk mahasiswa yang sedang magang. Para mahasiswa yang sedang magang di sebuah perusahaan startup akan mempunyai berbagai macam ilmu yang belum tentu dapat diperoleh di dalam suatu perusahaan yang besar.

4. Dapat Bekerjasama Dengan Sejumlah Orang Berbakat

Perusahaan startup tentu mampu memberikan suatu pengalaman kerja yang begitu menyenangkan, di mana sejumlah orang berbakat serta mempunyai motivasi yang lebih bagus dibandingkan orang lain yang berkumpul di dalamnya. Kondisi ini tentu merupakan suatu pengalaman yang cukup berharga, sebab mahasiswa yang kerja magang mempunyai kesempatan untuk bisa melihat serta dapat terlibat pada suatu proyek yang sedang digarap bersama dengan sejumlah Orang yang ahli dibidangnya tersebut.

Baca Juga   Beberapa Jurusan Pendidikan Yang Pernah Ditempuh Oleh Para Presiden Indonesia

Tidak hanya bekerja sama saja, akan tetapi beberapa orang tersebut juga memiliki peran sebagai pendiri dari perusahaan startup. Silakan Anda bayangkan Bagaimana rasanya bisa bekerjasama dengan sejumlah orang hebat serta memiliki motivasi kerja yang cukup tinggi di atas rata-rata, dengan menggunakan sistem kerja yang cukup unik serta menyenangkan. Perusahaan startup tentu akan mampu memberikan seluruh pengalaman bagi mahasiswa yang sedang magang di situ.

5. Suasana Kerja Dan Lingkungan Yang Cukup Nyaman

Perusahaan startup akan mampu memberikan suatu kesempatan untuk mengerjakan sesuatu secara tuntas. Maksudnya adalah pekerjaan tersebut akan dimintai pertanggungjawabannya secara penuh oleh mereka yang melaksanakan, termasuk di dalamnya adalah mahasiswa yang kerja magang.

Oleh sebab itu, kerahkanlah seluruh yang terbaik dan nantinya Tim akan melihat prestasi masing-masing berdasarkan apa yang sudah diselesaikan oleh orang tersebut. Pada bagian ini, Mahasiswa magang tentunya mempunyai kesempatan yang cukup luas untuk belajar, memulai serta memperbaiki suatu pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Akan tetapi, Mahasiswa magang tentunya tidak perlu khawatir, sebab sejumlah orang akan dengan senang hati membantu anda. Apabila memang seseorang yang sedang mengalami kesulitan di dalam bekerja.

Sebuah situasi kerja yang seperti itu hampir Pasti akan sangat membuat para Mahasiswa magang menjadi betah dan nyaman. Bukan cuman di situ saja, perusahaan startup juga mempunyai ruangan yang unik dan berbeda Apabila dibandingkan dengan kantor di suatu perusahaan besar. Suatu fasilitas permainan maupun desain kantor yang unik rata-rata akan ditemui pada perusahaan startup.

Dapatkanlah Pengalaman Yang Sangat Berharga Pada Saat Magang

Pekerja magang tentunya tidak hanya sekedar untuk persyaratan yang harus dikerjakan sebagai sebuah proses menuju ke kelulusan. Akan tetapi, kerja magang dapat memberikan Anda cukup banyak pengalaman serta kesempatan untuk bisa belajar cukup banyak hal tentang dunia kerja itu sendiri. Perusahaan startup dapat menjadi suatu pilihan yang tepat sebagai tempat magang, utamanya untuk mahasiswa yang cukup menyenangi berbagai macam hal baru serta lingkungan kerja yang berbeda dari sebelumnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.nya

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Nilai UNBK Memiliki Manfaat Sangat Penting

Nilai UNBK Memiliki Manfaat Sangat Penting, Ternyata Ini 5 Faktornya

Pada tulisan kali ini, penulis akan mencoba menguraikan 5 buah alasan yang menjadikan nilai UNBK ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *