Home / Materi Umum / Sejumlah Materi Yang Dipelajari Serta Peluang Kerja Sastra Inggris Lengkap Dengan Asal-Usulnya
Peluang Kerja Sastra Inggris Lengkap Dengan Asal-Usulnya

Sejumlah Materi Yang Dipelajari Serta Peluang Kerja Sastra Inggris Lengkap Dengan Asal-Usulnya

Kuliah pada jurusan English literature atau jurusan sastra Inggris sekarang ini lumayan banyak diminati oleh sejumlah pelajar di beberapa wilayah di Indonesia. Sejumlah perguruan tinggi baik swasta maupun Negeri tentunya menyediakan jurusan tersebut sebagai salah satu program studi yang ada di dalamnya. Namun, Seperti apakah kuliah pada jurusan English literature atau sastra Inggris tersebut? Apakah benar informasi yang beredar saat ini bahwa jurusan sastra Inggris cukup sulit di dalam memperoleh pekerjaan setelah lulus?

“saya ya ingin belajar bahasa Inggris Supaya ya cepat bisa. Di manakah tempat kuliah yang tepat?”.

“tentunya ada di sastra Inggris. Silakan mendaftar lewat SBMPTN”.

“iya ya, benar juga informasinya”.

Namun, Janganlah Salah kaprah terlebih dahulu. Meskipun ke depan anda akan belajar berbahasa Inggris pada jurusan sastra Inggris, tidak berarti kuliah pada jurusan tersebut merupakan jalan keluar yang tepat untuk anda mempelajari bahasa Inggris supaya lebih cepat untuk menguasainya.

Sebab nantinya pada semester awal jurusan dari sastra Inggris akan menghadapi beberapa mata kuliah misalnya adalah listening, speaking, writing, reading dan juga grammar. Intinya adalah tidak lagi belajar bahasa Inggris tingkat dasar.

Pada jurusan sastra Inggris, anda akan difokuskan belajar di kemampuan pada bidang literatur atau kesusastraan, linguistik atau kebahasaan dan juga budaya yang berkaitan dengan penggunaan bahasa Inggris. Kuliah pada jurusan sastra Inggris tentunya tidak sama dengan hanya sekedar mengikuti kursus bahasa Inggris di LPK.

Lantas, Apa Sajakah Yang Nantinya Dipelajari Pada Sastra Inggris?

Ada sangat banyak materi yang nantinya akan didapatkan oleh mahasiswa yang kuliah di sastra Inggris. Akan tetapi, apabila dirangkum dari sejumlah sumber, bagian berikut ini yang merupakan bagian yang paling penting yang nantinya akan dipelajari.

Baca Juga   Inilah Syarat Dan Cara Lengkap Pendaftaran Pada SBMPTN Terbaru

1. Materi Bahasa

Kuliah pada jurusan sastra Inggris akan memberikan pelajaran kepada anda bahasa, baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Tentunya anda akan lebih jauh di dalam memahami struktur gramatika, kosakata, lengkap dengan kemampuan di dalam berbicara, menulis, mendengarkan serta membaca menggunakan bahasa Inggris. Mata kuliah pada bagian ini yang berperan aktif membuat Anda dapat menguasai bahasa Inggris.

2. Materi Sastra

Apakah yang disebut dengan sastra itu? Kuliah pada jurusan sastra Inggris, anda akan mempelajari bagaimana langkah mengkaji suatu karya sastra, baik itu film, drama, dongeng, puisi, novel, prosa dan bahkan sampai ke lagu. Akan tetapi, jangan salah bahwa pada saat mengkaji karya sastra sangat berbeda dengan membuat review. Sebab, mengkaji diwajibkan mengambil dasar dari sejumlah teori serta metode analisa yang benar dan baik. Belajar pada mata kuliah ini akan menjadikan Anda Gemar Membaca.

3. Materi Linguistik

Bagi Anda yang belum paham, kata linguistik memiliki arti ilmu tentang bahasa. Pada mata kuliah ini, anda akan belajar apa saja yang dikenal sebagai bunyi sebuah bahasa/ fonologi, bentuk kata dalam suatu bahasa/ morfologi, bentuk frasa serta Klausa pada suatu bahasa/ sintaksis, makna pada suatu bahasa/ semantik serta ujaran pada suatu bahasa/ pragmatik.

4. Materi Penterjemahan

Tentunya, anda tidak akan berperan sebagai kamus berjalan setelah lulus dari pendidikan ini. Pada mata kuliah ini, anda akan mempelajari teknik serta proses di dalam menerjemahkan teks dengan baik dan benar. Nantinya, anda wajib untuk menambahkan sebanyak-banyaknya kosakata serta wawasan pada sejumlah bidang, misalnya adalah politik, ekonomi, kedokteran, Sain, komputer dan bidang yang lainnya supaya bisa paham terhadap padanan Padanan kata yang pas pada sejumlah istilah asing pada bidang tersebut.

Baca Juga   Sejumlah Bidang Kerja Bagi Jurusan Astronomi Yang Perlu Diketahui

5. Materi Sejarah Serta Budaya

Pada jurusan sastra Inggris, anda tentunya tidak hanya sekedar mempelajari bahasa saja, namun juga mengenai sejarah serta budaya bahasa Inggris tersebut. Berbagai macam pengetahuan sejarah serta budaya yang berhubungan dengan bahasa Inggris tentunya akan dipelajari secara menyeluruh.

Sejumlah Kemampuan Dasar Sebelum Masuk Pada Jurusan Sastra Inggris

Berdasarkan pendapat dari Rabiana Nur Awali, lulusan dari jurusan sastra Inggris pada Universitas Indonesia kemampuan dasar yang wajib ada pada calon mahasiswa di sastra Inggris adalah sebagai berikut:

  1. Paham terhadap dasar-dasar bahasa Inggris
  2. Paham terhadap gambar, diagram, huruf dan simbol
  3. Paham serta memiliki kemampuan di dalam mengelola sejumlah informasi berupa sejumlah kata, termasuk di dalamnya adalah memahami cara membaca, menyampaikan ide lewat tulisan dan juga ucapan.

Poin pertama dari 3 unsur diatas sangatlah penting. Sebagai mahasiswa di jurusan sastra Inggris, anda wajib terbiasa untuk dapat berbicara memakai bahasa Inggris, utamanya pada aktivitas perkuliahan. Selama kegiatan KBM di dalam kelas, dosen rata-rata juga menggunakan bahasa Inggris di dalam pengantarnya. Bahkan, kegiatan presentasi, penyampaian tugas, essai dan lain sebagainya wajib menggunakan bahasa Inggris.

Disamping itu, anda juga wajib teliti, tekun dan menyenangi kegiatan analisa. Harap diingat bahwa anda sedang mempelajari tentang bahasa yang tentunya menuntut diri Anda agar rajin di dalam membaca buku.in sejumlah kemampuan dasar seperti tersebut minimal sudah anda miliki.

Setelah Lulus Dari Jurusan Sastra Inggris Akan Bekerja Sebagai Apa?

Tidak usah mempercayai jika ada ada yang menyampaikan bahwa lulusan dari sastra Inggris akan sulit memperoleh pekerjaan. Sebab, secara fakta lulusan jurusan sastra Inggris dapat bekerja pada sejumlah bidang, mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa internasional.

Baca Juga   Sejumlah Manfaat Magang Kerja Pada Perusahaan Startup

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari youtuber manual, peluang kerja dari lulusan sastra Inggris begitu lebar. Setelah lulus kuliah, anda dapat bekerja sebagai guru bahasa Inggris, penerjemah, penulis buku, jurnalis, editor artikel, Manager social media, copywriter dan content writer.

Intinya, lulusan dari jurusan sastra Inggris akan mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang cukup baik, yang tentunya dapat bermanfaat di dalam kehidupan Anda kelak di masa yang mendatang guna dapat berkomunikasi dengan cukup lancar ke sejumlah orang dari seluruh penjuru dunia.

Demikianlah penjabaran tentang materi-materi yang akan didapatkan pada kuliah sastra Inggris termasuk peluang kerja yang bisa diambil dan juga seluk-beluknya. Apabila anda sedang memiliki rencana untuk kuliah, maka bisa mempertimbangkan jurusan ini. Semoga saja apa yang artikel ini bisa bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Bidang Kerja Bagi Jurusan Astronomi

Sejumlah Bidang Kerja Bagi Jurusan Astronomi Yang Perlu Diketahui

Bisa dikatakan bahwa jurusan astronomi merupakan satu-satunya jurusan yang ada di Universitas atau Institut Teknologi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *