Home / Contoh Soal / Soal Tes Psikotes Online Dan Cara Menjawabnya

Soal Tes Psikotes Online Dan Cara Menjawabnya

Setiap orang tentu ingin memiliki pekerjaan yang bagus di sebuah perusahaan besar dan dengan gaji yang juga besar tentunya. Namun untuk mewujudkannya, seseorang juga harus memiliki kemampuan yang memadai untuk melakukan suatu pekerjaan. Dalam hal ini, umumnya perusahaan akan mengadakan beberapa tahap seleksi untuk memilih karyawan yang tepat diantara beberapa kandidat yang ada untuk dipekerjakan. Dalam seleksi ini juga biasanya terdapat tes psikotes yang bertujuan untuk mengetahui sekaligus menilai kondisi psikologis calon karyawan. Terkadang tes psikotes ini juga dilakukan secara online untuk memberikan kemudahan dalam merekap semua hasilnya. Nah bagi anda yang akan menghadapi tahap seleksi kerja, sebaiknya pelajari soal tes psikotes online dan cara menjawabnya dengan baik.

Macam-Macam Soal Psikotes Online

Secara umum, ada 4 macam tes psikotes dalam dunia kerja yaitu tes kepribadian, tes IQ, tes kreatifitas dan juga tes kemampuan. Pada prakteknya, kemudian beberapa tes ini diujikan dalam beberapa bentuk soal yang harus dijawab seluruhnya oleh para calon karyawan. Bentuk soal tes psikotes online tersebut diantaranya adalah soal logika penalaran. Pada soal seperti ini, biasanya diminta untuk memprediksi sebuah kecenderungan atau pola-pola tertentu. Disini anda harus benar-benar teliti dan menggunakan nalar anda dengan baik agar jawaban yang anda berikan tepat.

Selanjutnya ada juga soal tes psikotes online yang berupa soal wartegg. Dalam soal ini, anda akan diminta untuk menggambar seperti pada contohnya. Namun yang perlu anda lakukan disini adalah menggambar secara acak atau tidak sesuai dengan urutan pada contoh. Hal ini akan memberikan nilai bahwa anda adalah orang yang kreatif dan juga inovatif. Berbeda jika anda menggambar sesuai dengan urutan, maka anda akan dianggap orang yang bergerak dan berpikiran kaku.

Kemudian dalam soal tes psikotes online ini juga terdapat bentuk soal tes psikotes yang berupa soal tes koran atau soal yang diberikan untuk mengukur kemampuan anda dalam menghitung secara cepat. Tes ini juga bertujuan untuk mengukur ketelitian, konsisten, ketahanan dan kemampuan dalam penyesuaian diri. Selain itu, masih banyak soal lainnya yang akan anda hadapi seperti logika aritmatika, sinonim, antonim dan lain sebagainya.

Check Also

Latihan tes psikotes online

Latihan tes psikotes online

Salah satu bentuk persiapan dari pelaksanaan tes psikotes adalah melaksanakan latihan tes psikotes online. Latihan tes psikotes online ini ...