Home / Wawancara / Tata Cara Menghadapi Interview Yang Baik Dan Benar

Tata Cara Menghadapi Interview Yang Baik Dan Benar

Disamping kemampuan dan kecerdasan, tata cara interview kerja juga merupakan salah satu hal yang diperhatikan oleh pihak pewawancara untuk menentukan apakah Anda layak untuk diterima kerja atau tidak. Bahkan, tata cara menghadapi interview sering kali dijadikan sebagai bagian utama yang menjadi pertimbangan pihak perekrut pada saat menerima seorang kandidat karyawan baru. Bagi sejumlah pelamar yang belum pernah mengikuti interview kerja pasti sangat wajar apabila merasa gugup dan juga kikuk.

Tata Cara Menghadapi Interview

Akan tetapi, kondisi tersebut tentunya dapat diatasi dengan mudah. Bagaimanakah caranya? Langkah pertama yaitu Anda wajib untuk menyukai bagian kerja pada industri yang anda lamar tersebut. Selain itu, tentunya Ada sejumlah tata cara menjawab interview yang wajib untuk Anda pahami bersama sebelum anda mengikuti wawancara kerja tersebut.

Tata cara saat interview

Baiklah, Berikut ini akan saya sampaikan teknik interview yang baik yang bisa anda terapkan supaya Anda benar-benar mampu untuk mengikuti wawancara kerja dengan sebaik-baiknya sehingga pada akhirnya Anda bisa diterima kerja pada perusahaan yang dilamar.

1. Teknik di dalam berjabat tangan

Teknik wawancara kerja yang pertama yang harus anda perhatikan setelah Sisi penampilan yaitu di dalam berjabat tangan. Seorang ahli pada bidang bahasa tubuh, yakni David Alssema, memberikan saran supaya Anda bisa mengikuti atau menyamakan teknik bersalaman dengan pihak perekrut atau pewawancara. Dengan menerapkan teknik tersebut, maka anda akan dapat lebih mudah untuk disukai. Contohnya adalah ketika pihak perekrut menjabat tangan dengan sedikit ditahan dan erat, maka tentunya Janganlah terburu-buru untuk melepas halamannya. Akan tetapi, Jangan pula terlalu bersemangat, sebab dapat memberikan gambaran bahwa anda merupakan orang yang cukup senang mendominasi.

Baca Juga   Pertanyaan Wawancara Satpam Paling Baru Dan Gress

2. Duduklah dengan berdekatan

Tata cara wawancara yang berikutnya yaitu duduk dengan berhadapan dimana metode tersebut merupakan metode duduk paling umum pada saat wawancara kerja. Namun, menurut seorang ahli pidato, yakni Nick Morgan, teknik tersebut akan memudahkan Bagian perekrut untuk melihat anda, akan tetapi bisa membuat kita kesulitan di dalam membuat impresi. Dia memberikan saran apabila dapat, anda dapat sedikit memindahkan posisi kursi supaya lebih dekat ataupun duduk pada sisi yang sama. Selanjutnya, silahkan Anda mulai berbicara dengan sedikit mendekat, akan tetapi Janganlah berlebihan. Nick Morgan menyampaikan bahwasanya kita hendak meningkatkan nilai kepercayaan dan juga koneksi dengan orang pada saat kita lebih berdekatan, walaupun tidak terlalu banyak.

3. Hindarilah kegiatan menyilang tangan

Entah disebabkan karena kebiasaan maupun gugup, sejumlah pelamar seringkali menyilangkan tangan pada saat sesi wawancara sedang berlangsung. Apabila anda tidak ingin dianggap sebagai orang yang berkepribadian tertutup, silakan Anda hindari kegiatan tersebut. Kegiatan menyilangkan tangan merupakan teknik interview kerja yang dapat memberikan gambaran bahwa anda merupakan orang yang tidak cukup tertarik dengan sejumlah kegiatan maupun orang yang tidak mau untuk belajar.

4. Selalu jaga kontak mata

Pada saat kegiatan wawancara, hindarilah untuk melihat ke sejumlah penjuru ruangan. Sebab, hal tersebut dapat menjadikan Anda terlihat sedang Merasa bosan. Namun, Jangan juga terlalu intens pada saat menatap mata pihak pewawancara. Seorang ahli bahasa tubuh yaitu Patti Wood menyampaikan apabila kita mengalihkan pandangan merupakan hal yang wajar ketika sedang memberikan jawaban atas pertanyaan, sebab otak kita memang Sedang berpikir. Akan tetapi, selalu ingat untuk kembali menatap mata perekrut ketika sudah selesai memberikan jawaban. Teknik interview yang baik Seperti itulah yang bisa Anda coba Praktekkan.

Baca Juga   Contoh Pertanyaan Wawancara Call Center Yang Wajib Anda Ketahui

5. Bernafaslah dengan tenang

Pada saat seseorang merasa cukup gugup, maka ritme bernapasnya akan jauh lebih pendek. Kadangkala, hal tersebut akan menjadikan orang berfikir kurang jernih. Oleh sebab itulah, sangat penting untuk selalu mengambil nafas dalam-dalam serta membuangnya dengan perlahan. Mungkin saja, anda akan menjadi gugup ketika wawancara kerja sehingga tidak dapat mengontrol teknik bernafas. Untuk itulah, teknik interview selalu berlatih bernafas panjang sebelum interview kerja sangatlah dibutuhkan.

Demikianlah penjabaran singkat tentang tata cara menghadapi interview yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, sejumlah penjelasan mengenai teknik interview yang baik di atas mampu anda jadikan sebagai bahan rujukan dan bahan belajar guna menyongsong pelaksanaan tes wawancara kerja yang sebentar lagi Anda ikuti. Terima kasih dan selamat beraktifitas, semoga sukses..

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Melaksanakan kegiatan wawancara di TV atau televisi bisa jadi menjadi hal yang cukup rumit untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *