Home / Contoh Soal / Tes gambar orang psikotes

Tes gambar orang psikotes

Tes psikotes menggambar dibedakan menjadi dua yaitu tes gambar orang dan tes gambar pohon. Sebenarnya tes gambar orang psikotes juga sama kriterianya dengan tes gambar pohon. Yang membedakan hanyalah objek yang dibuat saja. Namun karena perbedaan objek kadangkala ada yang merasa kesulitan sebenarnya bagaimana cara menggambar orang di dalam tes psikotes sehingga nantinya hasil yang didapat memang sesuai dengan kriteria yang diminta.

Tes gambar orang psikotes

Untuk membantu anda di dalam menyelesaikan tes gambar orang psikotes maka alangkah baiknya anda mencari beberapa contoh gambar tes psikotes yang bisa anda jadikan sebagai bahan belajar. Teknik belajar untuk tes gambar orang tersebut bisa dilalui dengan cara menyalin contoh-contoh tes gambar orang yang sudah ada. Berikut ini adalah contoh-contoh tes gambar orang yang bisa anda gunakan untuk belajar.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat kita melakukan tes gambar orang pada tahapan tes psikotes adalah gambar yang kita buat haruslah benar-benar memiliki makna dan arti. Anda harus membuang jauh-jauh bagian bagian yang tidak diperlukan, misalnya adalah sketsa bantu. Sketsa bantu biasanya digunakan oleh mereka yang belum yakin di dalam menggoreskan garis utama secara langsung pada kertas gambar.

Biasanya, untuk mempermudah di dalam mengawali menggambar maka membuat sketsa terlebih dahulu. Setelah sketsa jadi dan sudah terlihat baik maka langkah berikutnya adalah dengan menebalkan garis dari masing-masing lekukan gambar tersebut. Teknik ini sebenarnya sah-sah saja dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Namun yang perlu diperhatikan adalah setelah anda selesai didalam menebalkan garis utama pada gambar maka jangan lupa untuk menghilangkan garis-garis yang lain di mana garis yang lain itu tidak diperlukan.

Tes gambar orang psikotes menuntut gambar yang benar-benar bermakna dan memiliki arti. Masing-masing garis haruslah memiliki arti, misalnya adalah garis yang membentuk tangan maka garis yang ada haruslah mencerminkan bentuk tangan. Begitu juga untuk garis pembentuk objek yang lain, masing-masing harus bermakna.

Tes gambar orang psikotes biasanya dilakukan dengan menggambar berbagai macam bentuk orang dengan berbagai macam aktivitas. Ada tes gambar orang yang sedang mencangkul, tes gambar orang yang sedang membawa hidangan di restoran tes menggambar orang yang sedang memanjat tebing, tes menggambar orang yang sedang berjalan, facebook gambar orang yang sedang bersepeda dan tes menggambar orang dengan aktivitas ya lainnya.

Apabila anda sudah meng teori mengenai tes gambar orang psikotes maka tentunya anda tidak akan mengalami masalah karena secara konsep dan dasar cara menyelesaikan tes gambar orang adalah sama saja. Demikianlah sedikit informasi mengenai tes gambar orang di bidang tes psikotes. Mudah-mudahan berguna dan bermanfaat untuk seluruh pengunjung. Terima kasih.

Check Also

Tes logika psikotes paling mudah

Tes logika psikotes adalah salah satu bentuk tes yang digunakan oleh pihak penyelenggara ujian tes psikotes untuk ...