Home / Contoh Soal / Tes gambar psikotes yang sering dipakai

Tes gambar psikotes yang sering dipakai

Secara umum tes gambar psikotes yang sering dipakai pada tahapan seleksi penerimaan calon karyawan baru adalah tes gambar orang dan tes gambar pohon. Kedua jenis tes ini memiliki aturan yang sama di dalam tahapan penyelesaian nya berbeda yang berbeda hanyalah pada bentuk objek sebagai hasil finalisasi ataupun hasil akhir dari penggambaran soal.

Tes gambar orang psikotes

Walaupun teknik dan proses penyelesaian serta penilaian dari tes gambar psikotes adalah sama, namun proses pembelajarannya adalah berbeda. Hal tersebut tentu dikarenakan antara bentuk tes gambar orang dengan tes gambar pohon adalah berbeda. Hal tersebut tentunya sudah anda pahami bersama memang antara kedua objek yaitu gambar orang dan gambar pohon adalah berbeda berhati masing-masing bagian dari gambar orang dengan gambar pohon juga berbeda.

Untuk mensukseskan anda di dalam menempuh tes gambar psikotes maka tentunya anda wajib untuk mempelajari dan wajib belajar terlebih dahulu. Tahapan belajar yang paling baik untuk dilakukan pada persiapan tes gambar psikotes adalah menggambar. Menggambar yang dimaksud disini bukanlah menggambar yang menggunakan estetika seni rupa ataupun seni lukis, namun menggambar yang menggunakan kaidah penilaian dari tes gambar psikotes.

Kaidah yang diterapkan pada proses pelaksanaan tes gambar psikotes adalah kejelian dan ketelitian didalam setiap menggoreskan alat gambar. Masing-masing bagian goresan yang anda buat pada kertas gambar harus membentuk sebuah objek dengan makna tertentu. Misalnya adalah gambar tangan maka goresan-goresan yang ada pada kertas gambar haruslah gambar yang membentuk tangan. Tidak boleh ada bagian lain selain bagian tersebut kecuali nantinya bagian tersebut bisa memiliki arti yang berbeda.

Demikian juga ketika kita membuat gambar pohon maka detil yang ada pada gambar pohon juga harus ada mulai dari bagian bawah pohon, bagian batang pohon, bagian daun pohon, bagian ranting, bagian akar dan bagian-bagian yang lainnya. Apabila anda sudah menyelesaikan membuat bagian pohon tersebut maka tentunya anda bisa menghapus bagian-bagian yang tidak diperlukan apabila sudah diteliti beberapa kali.

Untuk sukses bisa menyelesaikan tes gambar psikotes maka salah satu bagian yang terpenting adalah belajar dan belajar pada tahapan menggambar. Anda bisa mengatur waktu sedemikian rupa sehingga anda memiliki waktu yang cukup ruang gambar anda cepatan tidaklah menggambar maka proses penyelesaian dari tes gambar psikotes juga apa cepat.

Pembahasan mengenai tes gambar psikotes yang sering dipakai dan mudah-mudahan bisa berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat belajar.

Check Also

Tes psikotes di bank paling populer

Tes psikotes di bank paling populer

Pelaksanaan tes psikotes dibank tentunya hampir sama dengan perasaan tes psikotes di perusahaan. Yang membedakan ...