Home / Materi Umum / Tes psikotes angka sangat asik untuk latihan

Tes psikotes angka sangat asik untuk latihan

Apabila kita mendengar angka maka pikiran kita pasti tertuju pada matematika. Begitu juga kata tes psikotes angka di mana tes psikotes angka tentunya sangat erat kaitanya dengan bidang ataupun kompetensi matematika. Tes psikotes angka di dalam tes psikotes itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Masing-masing jenis dari tes psikotes angka tentunya memiliki perbedaan di dalam fungsi dan tujuannya. Oleh sebab itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan sedikit mengulas mengenai jenis-jenis tes psikotes angka sekaligus nantinya bisa berfungsi sebagai bahan referensi bagi anda untuk melengkapi koleksi soal tes psikotes angka tersebut.

Tes psikotes angka sangat asik untuk latihan

Tes psikotes angka yang pertama terdiri dari tes psikotes deret aritmatika. Tes psikotes deret aritmatika ini merupakan tes psikotes angka yang sudah bisa dipastikan akan digunakan pada proses seleksi penerimaan karyawan baru. Fungsi dari tes psikotes deret aritmatika ini adalah untuk mengukur seberapa jauh kemampuan anda di bidang logika dan perhitungan matematika. Oleh sebab itu, anda harus memiliki logika yang matang untuk bisa menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan tes psikotes deret matika angka tersebut.

Sebagai contoh untuk soal tes psikotes angka deret aritmatika adalah sebagai berikut. Misalnya ada sebuah deret angka 78,88,…,108,118. Apabila kita lihat contoh soal tersebut, terus kita perhatikan angka yang pertama dengan yang kedua maka selisih kenaikannya adalah 10 angka. Kemudian dua angka terakhir dari angka 108 sampai dengan 118 kenaikan angkanya juga 10. dari logika tersebut maka bisa kita simpulkan bahwa kenaikan dari masing-masing angka adalah 10. Dari kesimpulan tersebut maka bisa kita jawab pertanyaan tersebut bahwa bagian yang kosong dari soal tersebut bisa kita isi dengan angka 98 yang merupakan hasil kenaikan angka dari 88.

Nantinya soal-soal yang merupakan tes psikotes angka deret aritmatika akan memiliki pola persepsi yang berbeda sehingga membutuhkan teknik logika yang berbeda pula. Tes psikotes angka yang berikutnya adalah tes psikotes koran. Walaupun namanya tes psikotes koran, ternyata soal-soal yang ada di dalamnya berisi kumpulan deret angka yang tersusun secara vertikal dan horizontal dengan jumlah yang sangat banyak. Tugas dari anda adalah untuk menentukan kombinasi angka yang nantinya menghasilkan angka tertentu. Angka-angka yang menjadi pertanyaan merupakan angka yang didapat dari penjumlahan, pengurangan, pembagian maupun perkalian.

Tes psikotes angka jenis koran ini tentunya bertujuan untuk mengukur seberapa cepat anda di dalam menghitung angka sekaligus seberapa cepat anda menemukan angka-angka yang dimaksud. Walaupun angka yang menjadi soal pada tes psikotes angka koran ini hanya satuan saja namun tetap saja dibutuhkan kecepatan dan kejelian didalam menemukannya.

Itulah dua jenis tes psikotes angka yang sering sekali digunakan pada proses perekrutan karyawan baru di sebuah perusahaan. Mudah-mudahan penjelasan diatas bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Check Also

contoh soal tes psikotes sma

Kumpulan soal tes psikotes

Setiap orang yang hendak mengikuti ujian tes psikotes tentunya mencari berbagai macam kumpulan soal tes ...