Home / Materi Umum / Tes psikotes pohon yang perlu diperhatikan

Tes psikotes pohon yang perlu diperhatikan

Secara umum, tes psikotes dibagi menjadi dua bagian penting yaitu tes psikotes pohon dan tes psikotes orang. Maksudnya adalah pekerjaan untuk menggambar pohon dan untuk menggambar orang. Namun pekerjaan menggambar ini berbeda jauh dengan konsep dan teknik penilaian pada proses menggambar di bidang seni lukis berenti oleh karena itu tentunya anda harus memahami kriteria penilaian apa saja yang diterapkan pada pelaksanaan tes psikotes pohon tersebut.

Tes psikotes pohon yang perlu diperhatikan

Pada dasarnya, siapa pun yang memiliki kompetensi atau kemampuan di bidang menggambar pastinya akan mampu menyelesaikan tes psikotes pohon tersebut hanya saja hasil yang didapatkan nantinya akan berbeda antara masing-masing peserta karena memang ada kriteria khusus yang perlu kita ketahui supaya kita bisa mendapatkan hasil ataupun nilai yang maksimal.

Bagian pertama yang harus anda ketahui mengenai kriteria penilaian dari pelaksanaan tes psikotes pohon adalah gambar yang anda buat haruslah memiliki arti dan makna sehingga nantinya anda bisa menjabarkan arti dari masing-masing bentuk bagian ataupun bentuk objek dari pohon yang anda buat tersebut. Anda tidak diperkenankan untuk membuat bagian-bagian lain di luar soal yang sudah diminta. Misalkan pada soal anda diminta untuk menggambar pohon saja maka tugas anda hanyalah menggambar pohon saja. Ada dilarang memberikan aksesoris tambahan misalkan pagar ataupun yang lainnya.

Kriteria yang selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah proses tes psikotes pohon tidak mengedepankan estetika keindahan pada hasil akhir objek yang digambar. Artinya adalah asalkan objek yang anda gambar sudah membentuk dan sudah bisa terlihat sebagai sebuah gambar pohon maka hal tersebut sudahlah cukup. Kembali lagi ke kriteria yang pertama adalah masing-masing bagian dari gambar yang sudah anda goreskan di atas kertas memiliki arti tersendiri.

Itulah hal-hal yang perlu anda perhatikan manakala anda mengikuti tes psikotes pohon sehingga nantinya hasil penilaian yang anda dapatkan bisa lebih maksimal dan diharapkan anda bisa mengalahkan para peserta yang lain sehingga anda bisa tertawa untuk bisa masuk bekerja di tempat kerja keinginan anda. Terima kasih dan selamat belajar.

Check Also

contoh soal tes psikotes sma

Kumpulan soal tes psikotes

Setiap orang yang hendak mengikuti ujian tes psikotes tentunya mencari berbagai macam kumpulan soal tes ...