Home / Wawancara / Tips Dan Trik Mengatasi Pertanyaan Yang Sulit Dijawab Pada Saat Wawancara

Tips Dan Trik Mengatasi Pertanyaan Yang Sulit Dijawab Pada Saat Wawancara

Kita tidak akan mengetahui pertanyaan yang akan keluar pada saat dilaksanakan tes wawancara. Namun, bisa dipastikan munculnya pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Bagi pemula, menjawab pertanyaan yang sulit biasanya akan dilakukan sebisanya tanpa menggunakan tips dan trik khusus. Setelah anda membaca tutorial singkat Tips Dan Trik Mengatasi Pertanyaan Yang Sulit Dijawab Pada Saat Wawancara ini, pasti anda akan lebih sukses lagi dalam menghadapi tes wawancara.

Tips Dan Trik Mengatasi Pertanyaan Yang Sulit Dijawab Pada Saat Wawancara

Bagi anda yang sekarang kebetulan hendak melaksanakan tes wawancara, maka ada baiknya luangkan sedikit waktu guna memahami beberapa pertanyaan yang berpotensi sulit untuk dijawab dan biasanya akan ditanyakan pada saat wawancara. Beberapa pertanyaan yang sulit untuk dijawab dan juga merupakan pertanyaan jebakan adalah :

Alasan perusahaan menerima dan mempekerjakan anda disini ?

Gunakan selalu jawaban “Iya” dilanjutkan dengan penyampaikan kelebihan dari kemampuan anda. Anda juga bisa menyampaikan pengalaman bekerja ditempat sebelumnya jika memiliki.

Kemampuan bekerja dalam sebuah tim ?

Jawab pertanyaan tersebut dengan “Iya”. Lanjutkan juga dengan menyampaikan pengalaman positif anda ketika anda bekerja dalam tim yang pernah dilaksanakan. Jika anda belum pernah bekerja dalam tim, anda bisa menjelaskan pengalaman anda ketika berorganisasi disekolah.

Ditanya mengenai kelebihan anda ?

Jawabannya pasti akan sangat banyak. Anda tidak perlu menyampaikan semuanya. Cukup pilih yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang menjadi target lamaran anda.

Ditanya juga mengenai kelemahan anda ?

Jawablah pertanyaan tersebut yang sekiranya tidak berkaitan langsung dengan calon pekerjaan anda. Ditambah juga dengan proses yang sedang dilakukan guna mengurangi kelemahan anda tersebut. Contohnya, saya sulit untuk mengemukankan pendapat didepan umum. Padahal bidang kerja yang sedang di incar adalah development software yang tidak membutuhkan interaksi dengan banyak orang.

Biasanya akan diberikan kesempatan untuk bertanya ? Anda tentunya boleh bertanya

Pada kesempatan tersebut, jangan anda menolaknya. Gunakan kesempatan bertanya dengan memberikan beberapa pertanyaan, minimal 3. Dengan bertanya, maka akan memberikan persepsi dan kesan bahwa anda antusias akan perkerjaan yang sedang dilamar. Ajukan pertanyaan yang berkaitan dengan perusahaan yang dilamar.

Dengan memahami beberapa Tips Dan Trik Mengatasi Pertanyaan Yang Sulit Dijawab Pada Saat Wawancara diatas, anda akan lebih memiliki antisipasi dalam menjawabnya. Setidaknya anda bisa menghindari beberapa kesalahan kecil yang nantinya akan berakibat cukup fatal.

Check Also

Cara Mengerjakan Soal Tes Psikotes Gambar Wartegg Dengan Benar

​Pada kesempatan yang lalu saya sudah pernah memposting artikel dengan judul contoh soal tes psikotes kerja ...