Home / Tips dan Trik / Tips Jitu Mengerjakan Tes Psikotes Menggambar Orang

Tips Jitu Mengerjakan Tes Psikotes Menggambar Orang

Ada banyak tes psikotes yang digunakan untuk menilai karakteristik seseorang, salah satunya adalah tes psikotes menggambar orang. Jenis tes ini merupakan tes yang paling sederhana, tes yang juga dikenal dengan istilah DAP atau Draw A Person ini merupakan salah satu tes yang paling sering digunakan dalam assesment psikologi dengan meminta peserta uji untuk menggambar manusia. Namun bukan bagus tidaknya hasil gambar yang dinilai, melainkan visualisasi dan karakteristik goresan tangan anda.

Tujuan Tes Psikotes Menggambar Orang

Tes psikotes menggambar orang merupakan bentuk tes yang dikembangkan oleh Machover di tahun 1949 yang memiliki tujuan utama untuk mengukur kepribadian seseorang seperti tanggung jawab, ketahanan dan kestabilan kerja, rasa percaya diri hingga pandangan hidup. Mengukur kecepatan dalam mengambil keputusan juga dapat dilihat dari tes ini dengan melihat keutuhan gambar, tingkat simetris gambar serta konsep gambar. Sedangkna karakteristik kepribadian seseorang dapat dilihat dari ilustrasi gambar, penekanan garis, serta ukuran gambar, semakin besar anda menggambar maka akan menunjukkan semakin dominan diri anda.

Tips Mengerjakan Tes Psikotes Menggambar Orang

Mengingat hasil tes psikotes menggambar orang sangat penting untuk menentukan kelulusan anda dalam mendapatkan pekerjaan, maka anda harus mempersiapkan uji tes ini dengan memahami trik dan tips menggambar yang mendukung kepribadian anda. Tips yang pertama sesuaikan gambar anda dengan posisi pekerjaan yang anda kehendaki, dan gambar manusia serealistis mungkin beserta anggota badan dan panca indra yang lengkap dan utuh. Untuk menunjukkan anda memiliki antusias yang cukup tinggi terhadap pekerjaan pastikan gambar anda menunjukkan kebahagiaan yang terpancar dari wajah orang yang anda gambar.

Buatlah gambar secara proporsional tidak besar ataupun kecil untuk menunjukkan anda dapat bekerja sama dengan baik, dan gambar sesuai perintah dengan kreatifitas seperlunya. Dan untuk mendapatkan hasil gambar yang baik, maka anda dapat mengaplikasikan tips tes psikotes menggambar orang dengan berlatih beberapa kali sebelum tes. Semoga dapat beruntung dan berhasil dalam mengerjakan tes psikotes menggambar orang.

Check Also

Sukses tes psikotes  Inilah yang harus dilakukan

Sukses tes psikotes ? Inilah yang harus dilakukan

Siapa pun pasti ingin sukses tes psikotes. Apalagi jika tes psikotes tersebut dilaksanakan oleh perusahaan ...