Home / Wawancara / Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Paling Disukai HRD

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Paling Disukai HRD

Ternyata, sekarang kita sudah masuk bulan kelima pada tahun 2018 ini. Bagaimanakah kabar pada bulan-bulan sebelumnya? Apakah cukup menyenangkan, atau Bahkan sebaliknya, cukup membosankan untuk mengerjakan berbagai macam rutinitas harian yang begitu-begitu saja? Apabila Anda sudah mulai merasakan bosan dan memerlukan tantangan yang lebih dari biasanya, maka anda bisa mempertimbangkan untuk berpindah tempat kerja. Waktunya juga kelihatannya cukup tepat, yakni di awal tahun. Tentunya, Sudah saatnya anda mencoba sesuatu yang baru yang dapat menghantarkan Anda ke tingkat yang lebih baik lagi.

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara

Ketika anda sudah membuat keputusan untuk pindah tempat kerja, tentu anda tidak dapat serta-merta mengerjakan hal tersebut langsung begitu saja. Anda tentunya wajib untuk melihat kondisi yang ada pada perusahaan atau kantor anda sekarang, mengerjakan sejumlah riset kantor yang anda targetkan, menyusun berkas lamaran, dan juga mempersiapkan diri apabila mendapatkan panggilan untuk mengikuti wawancara kerja atau interview pada kantor target anda.

Tips menjawab pertanyaan wawancara kerja

Di bawah ini akan saya coba jabarkan tips menjawab pertanyaan saat interview Dimana tips tersebut bisa anda terapkan Ketika anda sedang menghadapi interview atau wawancara kerja tersebut. Tips menjawab interview kerja yang akan saya ulas pada bagian bawah berisi sejumlah pertanyaan yang sangat sering keluar dan ditanyakan Pada pelaksanaan wawancara kerja tersebut. Silahkan disimak.

1. Kenapa Anda berhenti Bekerja dari tempat kerja yang lama

Apabila ini adalah bukan pekerjaan pertama Anda, maka pertanyaan diatas hampir pasti akan muncul pada sesi interview kerja. Pihak pewawancara tentunya hendak mengetahui seperti apa situasi yang ada pada tempat kerja yang lama sehingga menjadikan anda untuk berpindah tempat kerja. Akan tetapi, tentu tidak ada manfaatnya apabila anda menebar aura negatif mengenai tempat kerja Anda yang lama pada calon tempat kerja Anda yang baru.

Baca Juga   Hasil Wawancara Dengan Narasumber

Apabila anda membicarakan mengenai sejumlah hal yang buruk pada calon tempat kerja yang baru, maka bisa jadi calon tempat kerja yang baru dapat melihat anda sebagai karyawan yang tidak dapat menjaga rahasia. Silahkan anda sampaikan jawaban dengan sejujur-jujurnya seperti apa yang Anda rasakan didalam hati contohnya adalah Anda memerlukan tantangan yang lebih besar, anda melihat dengan bekerja pada perusahaan baru tersebut, perkembangan karir anda akan menjadi lebih baik, serta beberapa alasan yang lainnya.

2. Bagaimanakah anda melihat diri pribadi dalam kurun 5 tahun ke depan

Tips menjawab interview yang kedua berisi tentang pertanyaan Bagaimana anda melihat diri pribadi dalam kurun waktu 5 tahun mendatang. Tentunya, pertanyaan di atas merupakan pertanyaan interview yang cukup Sticky. Tujuannya adalah guna mengetahui karakter yang sebenarnya pada setiap kandidat karyawan baru. Apabila anda mencoba menjawab dengan kebohongan, maka pihak pewawancara dapat mengetahui kondisi tersebut dari gaya bicara dan gerak tubuh anda. Oleh sebab itu, berikan jawaban dengan sejujur-jujurnya akan tetapi masih Dalam pertimbangan yang cukup realistis.

Apabila anda termasuk orang yang cukup memiliki Memiliki mimpi yang tinggi dan ambisius, Kemudian Anda menjawab bahwa target 5 tahun kedepan adalah jabatan yang jauh dari posisi yang sebelumnya, maka pihak pewawancara dapat mengetahui Anda sebagai orang yang tidak realistis. Memang, tidak ada yang salah memiliki mimpi-mimpi besar, namun juga harus memperhatikan adanya jenjang karir yang telah disediakan masing-masing perusahaan dan dapat anda capai dalam kurun waktu 5 tahun. Apabila anda tetap membuat target seperti itu, maka anda bisa mencoba untuk memberikan contoh riil sejumlah hal besar yang dapat anda kerjakan untuk mencapai cita-cita tersebut.

Baca Juga   Cara Jawab Interview Yang Baik

3. Sebutkan kelebihan-kelebihan yang sudah anda miliki

Tips menjawab pertanyaan interview yang berikutnya adalah pertanyaan tentang kelebihan dari kandidat karyawan. Silakan Anda jawab pertanyaan diatas secara akurat dengan membagi kekuatan Anda yang sebenar-benarnya, bukanlah mengada-ada kelebihan-kelebihan yang sebenarnya tidak anda miliki. Anda juga harus relevan di dalam menyampaikan kelebihan yang sangat berkaitan dengan posisi atau jabatan yang anda lamar tersebut.

Tentunya, seluruh jawaban yang Anda berikan wajib untuk spesifik, Janganlah bersifat generik. Contohnya, apabila anda melamar pada perusahaan yang bergerak di bidang periklanan, dibandingkan dengan memberikan jawaban mampu berkomunikasi dengan cukup baik, lebih baik anda mengganti jawaban dengan komunikasi yang bersifat persuasif. Kemudian, jangan lupa pula untuk memberikan sejumlah contoh Bagaimana anda bisa mendemonstrasikan kelebihan yang anda miliki di dalam konteks profesionalisme bekerja.

4. Sebutkan kekurangan kekurangan yang anda miliki

Setelah anda ditanya kelebihan yang dimiliki,  pertanyaan dari tips menjawab pertanyaan interview kerja yang berikutnya adalah berkaitan dengan kekurangan yang anda miliki. Tujuan dari memberikan pertanyaan di atas adalah guna mengukur tingkat kejujuran dari masing-masing kandidat karyawan. Usahakan untuk menghindari jawaban dengan kalimat bahwa anda tidak mempunyai kelemahan sedikit pun. Silakan Anda mencoba untuk mendapatkan sesuatu yang tidak termasuk keunggulan, namun sedang anda usahakan untuk diperbaiki.

Contohnya adalah kemungkinan anda tidak memiliki skill pada bidang skill public speaking yang cukup baik, namun tentunya diikuti dengan penjelasan bahwasanya anda sedang mencoba membiasakan diri lebih banyak bertemu serta menghadapi sejumlah orang guna meningkatkan kemampuan ataupun skill public speaking.

5. Berapakah jumlah gaji yang anda harapkan

Tips menjawab interview yang berikutnya berisi pertanyaan tentang nominal gaji yang anda inginkan. Pertanyaan diatas merupakan pertanyaan yang sulit untuk dijawab, sebab kadangkala ada bidang pekerjaan yang memiliki posisi sama, namun gaji yang diminta ternyata berbeda. Oleh karena itulah, memikirkan besarnya gaji tentu memerlukan pemikiran yang lebih baik.

Baca Juga   Cara Menginterview Pelamar Kerja

Adapun aturan inti untuk bisa menjawab pertanyaan di atas yaitu dengan terlebih dahulu menyiapkan riset mengenai kisaran gaji pada posisi yang anda lamar tersebut. Alangkah baiknya apabila anda mengajukan nominal besarnya gaji dalam bentuk range. Tentunya, menggunakan range termasuk hal yang masuk akal, berdasarkan dengan latar belakang, pengalaman, pendidikan dan juga skill yang sudah anda miliki tersebut.

Oleh sebab itulah, sebelum anda mengikuti wawancara kerja, Anda harus melakukan survei terlebih dahulu pada perusahaan yang anda lamar tersebut. Silakan Anda memperhitungkan sejumlah faktor seperti pengalaman dan juga tingkat kesulitan pada pekerjaan yang nantinya akan ditangani. Silakan Berikan penjelasan tentang ekspektasi anda, Akan tetapi anda harus memastikan masih berada pada standar perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan nilai maksimal dari sebuah standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Selanjutnya, Anda harus memastikan pihak pewawancara memahami bahwa anda dapat bersikap lebih fleksibel serta terbuka untuk melakukan negosiasi. Anda bisa menyampaikan bahwasanya anda mengerti skill yang anda miliki sangatlah berguna dan berharga.

Demikianlah ulasan singkat tentang tips menjawab pertanyaan wawancara kerja yang bisa saya ulas pada posting di kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan, walaupun artikel di atas jumlahnya sedikit, semoga saja tetap mampu untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk setiap pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Check Also

Contoh Wawancara Kerja Di Bank

Contoh Wawancara Kerja Di Bank

Pekerjaan di bank merupakan pekerjaan yang cukup diminati oleh banyak orang. Tentu hal tersebut tidak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *