Home / Wawancara / Tips Saat Interview Pekerjaan Dengan Baik Dan Benar

Tips Saat Interview Pekerjaan Dengan Baik Dan Benar

Saat anda sedang mengikuti interview atau wawancara kerja, apakah yang harus anda sampaikan? Tentu, cukup banyak orang yang merasa nervous. Pada saat interview, maka sebenarnya kesempatan kita untuk memperkenalkan diri sekaligus memperkenalkan keahlian yang kita miliki kepada pewawancara. Supaya lebih maksimal di dalam memberikan penyampaian, maka dibutuhkan tips saat interview kerja sehingga potensi yang ada didalam diri kita benar-benar bisa tersampaikan dengan sempurna.

Tips Saat Interview Pekerjaan

Pihak HRD tentunya akan memberikan penilaian berdasarkan sikap, perilaku, pandangan dan pola pikir kita. Untuk Anda kandidat karyawan baru, Alangkah baiknya apabila benar-benar memahami tips pada saat interview kerja sehingga anda benar-benar memiliki performa yang maksimal dan kegiatan interview Anda dapat berjalan dengan lancar dan pada akhirnya HRD perusahaan cukup bangga terhadap diri anda.

Pada sejumlah kasus, pelaksanaan wawancara kerja bisa berjalan dengan sangat sederhana dan simpel. Hanya terdapat sejumlah kecil calon pelamar kerja yang ditolak oleh pihak HRD.

Tips saat wawancara kerja

Untuk anda para kandidat karyawan yang sedang berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan, tentunya panggilan wawancara kerja sangatlah diidam-idamkan. Terlebih Apabila Anda sedang mencari pekerjaan pertama. Tentu berbagai macam hal harus Anda persiapkan, salah satunya adalah Memahami tips saat interview kerja.

1. Rasa percaya diri

Sikap percaya diri amatlah diperlukan di dalam mengikuti interview atau wawancara kerja. Pihak HRD amat menyenangi orang yang mempunyai tingkat percaya diri yang cukup tinggi. Tentunya, merasa percaya diri di sini tidaklah berlebihan dan melampaui batas sehingga pada akhirnya bisa berubah menjadi kesombongan. Namun, memiliki kepercayaan terhadap kemampuan yang dimilikinya guna bisa membantu perusahaan lebih berkembang.

Adanya sikap percaya diri akan menjadikan semua hal dapat berjalan lebih mudah. Dengan rasa percaya diri, anda akan dapat memberikan jawaban seluruh pertanyaan yang diberikan oleh pihak HRD ketika wawancara kerja.

Baca Juga   Jawaban Interview Rencana 5 Tahun Kedepan Paling Disukai Perusahaan

2. Memahami latar belakang perusahaan

Pada pelaksanaan interview, ada kemungkinan Anda diberikan Pertanyaan tentang beberapa data mengenai perusahaan. Oleh sebab itu, untuk Anda yang memperoleh panggilan wawancara kerja, Alangkah baiknya apabila anda mampu untuk mencari informasi tentang latar belakang pada perusahaan tersebut. Contohnya adalah perusahaan tersebut bergerak di bidang apa saja, perusahaan tersebut bekerja sama dengan siapa saja, serta produk yang dihasilkan Berupa apa saja. Pada intinya, anda wajib memahami sejumlah informasi yang bersifat penting pada perusahaan tersebut.

Pihak HRD tentu akan sangat suka jika anda merupakan orang yang telah memahami dengan sebenar-benarnya mengenai perusahaannya. Sangat dimungkinkan, Jika anda sudah memahami sejumlah informasi penting tentang perusahaan, anda bisa diterima sebagai karyawan.

3. Sejumlah informasi mengenai pencapaian paling baik anda

Pada sesi wawancara kerja, tentunya anda tidak wajib untuk berbicara tentang diri pribadi saja, namun tentunya Anda juga bisa membicarakan sejumlah pencapaian paling baik yang pernah anda capek. Kondisi ini bisa menjadi poin tambahan untuk pelamar yang belum mempunyai pengalaman kerja sebelumnya.

Adapun arti dari pencapaian paling baik contohnya adalah ketika anda bisa merintis sebuah bisnis baju online, dan Sampai dengan saat ini pun masih berjalan dengan cukup baik. Tentu, pihak perusahaan akan lebih mengapresiasi pencapaian anda. Pihak HRD tentunya akan berpikir bahwa anda merupakan calon karyawan yang cukup bersemangat dan cukup aktif serta kreatif.

Dengan adanya pencapaian terbaik pada diri Anda, maka anda telah mempunyai poin plus dari pihak HRD perusahaan Dimana anda nantinya bisa bekerja. Pencapaian terbaik tentunya tidak harus selalu berkaitan dengan bisnis, bisa pula berupa pekerjaan di mana anda menjadi seorang penulis lepas, dan pekerjaan-pekerjaan yang lainnya.

Baca Juga   Contoh Wawancara Dengan Narasumber Beberapa Kalangan

4. Hindari terlalu fokus untuk memikirkan gaji

Tentunya tidak ada seorang pun yang tidak menginginkan gaji yang besar. Tentunya semua orang yang mempunyai pikiran jernih pasti menginginkan gaji yang besar. Namun untuk anda para pelamar, alangkah baiknya untuk menghindari terlalu fokus pada hal gaji. Sebab, hal tersebut bisa menjadikan Anda terlalu labil. Ditambah lagi, Kondisi tersebut merupakan pekerjaan pertama untuk anda.

Sekarang ini, cukup banyak pelamar kerja yang memiliki keluhan disebabkan penawaran gaji yang sangat minim. Padahal sebenarnya, selagi Anda dapat makan dan minum serta mencukupi sejumlah kebutuhan sehari-hari, hal tersebut sudah sangat cukup.

Pada pelaksanaan interview perdana, anda tentunya wajib untuk lebih fokus kepada kenyamanan. Berkaitan dengan gaji tentunya bisa berubah ubah sesuatu. Apabila dimungkinkan, Seandainya Anda diminta untuk memilih antara:

  • Sebuah lingkungan kerja yang cukup nyaman dan gaji yang tidak terlalu besar, namun bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, atau
  • Lingkungan kerja Dengan gaji sangat besar namun sangat tidak nyaman.

Ada kemungkinan, calon karyawan memilih pilihan yang kedua Sebagai jawabannya. Padahal individu yang bisa melihat Ke arah depan, maka rata-rata mereka akan memilih kenyamanan dibandingkan hanyalah gaji yang tinggi.

Kenyamanan pada saat bekerja adalah hal yang sangat langka di dapat. Meskipun gajinya Masih belum begitu besar, apabila rasa nyaman dan sejumlah kebutuhan sudah terpenuhi maka hal tesebut akan lebih menyenangkan.

Oleh sebab itulah, ketika anda mendapatkan eksempatan undangan untuk wawancara kerja perdana, janganlah anda terlalu fokus kepada urusan gaji atau honor semata.

5. Berusahalah untuk tampil wangi dan rapih

Ketika anda sedang berpapasan dengan pihak HRD perusahaan, berusahalah untuk selalu tampil rapi, siap dan juga wangi. Situasi tersebut tentu akan menjadikan kesan yang cukup baik pada pihak HRD perusahaan. Artinya adalah, anda akan mampu menunjukkan bahwasanya anda cukup siap untuk bekerja pada perusahaan tersebut.

Baca Juga   Kiat Kiat Wawancara Kerja Yang Sesuai Dengan Standart Perusahaan

Pakaian yang Anda kenakan mampu memberikan cerminan diri anda. Gunakanlah pakaian yang rapi dan sopan ketika mengikuti wawancara kerja. Janganlah mencoba untuk menggunakan kaos, terlebih jaket ketika mengikuti wawancara kerja. Hal tersebut bisa mencerminkan anda tidak mempunyai etika di dalam bekerja.

Tentunya, masing-masing perusahaan mempunyai standarisasi terhadap pegawainya, ada yang tidak diperkenankan memakai jaket ketika di kantor dan ada pola kantor yang hanya memperbolehkan menggunakan sweater. Silakan Anda buat diri Anda senyaman nyamannya ketika sedang mengikuti wawancara kerja dengan pihak HRD perusahaan.

Yang tidak kalah pentingnya yaitu berusahalah untuk menjaga diri supaya tetap wangi dan tetap bersih. Sebab, hal tersebut merupakan kesan utama Ketika anda berhadapan dengan HRD perusahaan.

Sekian ulasan singkat mengenai tips saat interview pekerjaan yang bisa saya bagikan pada kesempatan yang baik ini. Semoga saja, usaha dan jerih payah anda di dalam mempersiapkan segala macam sesuatu sebagai usaha untuk mengikuti tes interview atau wawancara kerja bisa berhasil. Semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Melaksanakan kegiatan wawancara di TV atau televisi bisa jadi menjadi hal yang cukup rumit untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *