Home / Wawancara / Tips Terbaik Cara Sukses Wawancara

Tips Terbaik Cara Sukses Wawancara

Menghadapi tes wawancara cukuplah menegangkan. Pada beberapa pemula di dunia kerja, menghadapi tes wawancara menimbulkan berbagai macam persoalan. Persoalan yang tidak teratasiyang nantinya akan menyebabkan wawancara menjadi gagal. Oleh sebab itulah, diperlukan tips terbaik cara sukses menghadapi wawancara. Tujuannya supaya segala macam aktivitas yang kita lakukan disaat pelaksanaan tes wawancara bisa diatur.

Tips Terbaik Cara Sukses Wawancara

Untuk menghadapi wawancara banyak sekali hal-hal yang perlu dilakukan supaya kita mendapatkan penilaian positif dari pihak pewawancara. Kadangkala karena ketidaktahuan kita membuat segala macam karakter yg kita membuat pewawancara memberikan penilaian yang kurang baik. Apalagi jika didukung oleh sikap kita yang tidak terlalu baik. Tentunya, potensi diterimanya kita untuk bekerja di tempat yang kita lamar menjadi lebih kecil.

Cara menghadapi wawancara juga bisa kita atur sedemikian rupa sehingga ada feed back positif dari pewawancara.minimal kita berusaha untuk mendapatkan penilaian yang baik dari pewawancara. Berikut ini akan dijabarkan tips terbaik cara sukses wawancara yang bisa anda coba dan praktekkan:

1. Stress harus dikelola dan dilatih dengan baik

Stres merupakan bagian yang tidak bisa ditinggalkan. Pada kondisi tertentu pastinya seseorang akan mengalami stres. Kondisi inilah yang harus kita kendalikan dan latih. Pada saat menunggu antrian tes wawancara kemungkinan besar juga kita bisa mengalami stres. Apalagi jika kita diharuskan menunggu berjam-jam sampai dengan giliran kita. Anda harus mempersiapkan sebaik mungkin dalam menghadapi kemungkinan kemungkinan yang kurang baik.

2. Bahasa tubuh harus digunakan sebaik mungkin

Bahasa tubuh harus dijaga supaya tidak menimbulkan gerakan yang tidak diperlukan. Pada kondisi tertentu, kita bisa menggerakkan anggota bagian tubuh hanya dari hasil respect saja. Oleh sebab itulah, gerakan gerakan yang tidak diperlukan harus dihilangkan. Misalnya ketika menghadapi pertanyaan sulit, jangan lantas kita menggaruk kepala. Atau ketika ada pertanyaan yang mudah kita jawab lantas kita menyilangkan kaki. Posisikan diri kita pada posisi pihak yang diwawancarai dimana mencerminkan sikap rendah hati.

3. Baju warna putih atau biru merupakan baju yang terbaik digunakan pada saat wawancara

Walaupun tidak ada yang melarang untuk menggunakan baju dengan warna yang lain, berdasarkan nilai psikologi, baju warna biru merupakan putih atau baju yang memiliki sifat paling umum. Gunakan juga celana jenis kaindengan warna paling umum yaitu warna hitam. Warna biru juga cukup banyak digunakan di perusahaan besar,karena warna biru merupakan warna yang bisa memberikan kesan profesional dan elegan.

4. Mengenali dan mempelajari beragam pertanyaan yang berpotensi keluar 

Anda bisa mempelajari berbagai macam jenis soal yang biasanya keluar pada saat wawancara. Contoh contoh soal yang berpotensi keluar pada saat wawancara bisa anda dapatkan melalui internet ataupun buku-buku yang banyak dijual di toko. Persiapkan pula jawaban terbaik dari pertanyaan yang berpotensi keluar tersebut.

5. Pesan yang baik harus ada pada saat wawancara

Berikan kesan terbaik pada saat wawancara. Jangan memberikan kesan negatif, seperti membicarakan kejelekan perusahaan lain atau perusahaan tempat kerja anda sebelumnya.

6. Perjelas pertanyaan untuk diklarifikasi

Mengklarifikasi sebuah pertanyaan dari pewawancara bukanlah hal yang dilarang. Bukan juga membuat anda seolah-olah kurang memperhatikan pertanyaan. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari salah jawaban atau jawaban yang tidak sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara.

7. Anda harus mampu berfikir keras pada saat wawancara

Anda harus berpikir keras untuk bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan pewawancara. Jangan sampai anda menjawab dengan kalimat “saya tidak tahu”. Apapun pertanyaannya anda harus jawab semaksimal mungkin dan berfikirlah sejauh-jauhnya.

8. Resume yang anda miliki silahkan dipelajari

Perusahaan dalam mencari calon tenaga kerja biasanya menyesuaikan dengan resume yang dimiliki oleh seseorang. Pahamilah dengan selasar resume yang anda miliki. Yang kala pada saat wawancara, anda juga akan ditanya mengenai resume anda sendiri. Jangan sampai terjadi anda malah tidak paham dengan resume anda, padahal anda sendiri yang mengetiknya.

9. Galilah segala informasi mengenai perusahaan yang anda lamar

Sebelum anda melaksanakan tes wawancara carilah informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan yang hendak anda datangi dalam sesi wawancara. Berikan kesan bahwa anda sudah benar benar mengerti akan perusahaan yang anda lamar. Dengan mengetahui lebih jauh mengenai perusahaan tersebut, maka pihak perusahaan tidak perlu lagi menjelaskan panjang lebar mengenai perusahaan yang dimilikinya. Dan pastinya kesan positif akan anda dapatkan.

Sekian pembahasan mengenai tips terbaik cara sukses wawancara. Semoga tutorial diatas bisa anda coba terapkan pada saat anda melaksanakan wawancara. Diharapkan juga setelah anda menerapkan tutorial diatas, anda bisa diterima bekerja pada perusahaan yang anda lamar tersebut. Terima kasih dan salam sukses untuk anda.

Check Also

Tips Dan Trik Mengatasi Pertanyaan Yang Sulit Dijawab Pada Saat Wawancara

Tips Dan Trik Mengatasi Pertanyaan Yang Sulit Dijawab Pada Saat Wawancara

Kita tidak akan mengetahui pertanyaan yang akan keluar pada saat dilaksanakan tes wawancara. Namun, bisa ...