Home / Tips dan Trik / Tips tes psikotes menggambar dengan baik

Tips tes psikotes menggambar dengan baik

Salah satu penentu dari keberhasilan kita mengikuti tes psikotes adalah keberhasilan di dalam menggambar. Menggambar di dalam tes psikotes tentunya berbeda dengan menggambar di bidang seni lukis maupun seni rupa. Pada bidang seni lukis maupun seni rupa, menggambar sangat identik dengan estetika keindahan, di mana gambar akan semakin menarik apabila estetika keindahan yang dimilikinya semakin baik. Berbeda dengan tes psikotes menggambar dimana aspek penilaian dari menggambar di tes psikotes adalah keunikan, fungsi dan juga maksud dan makna yang terkandung di dalamnya.

Tips tes psikotes menggambar dengan baik

Untuk itulah perlu kiranya disampaikan tips tes psikotes menggambar supaya anda mengetahui bagaimana proses menyelesaikan pekerjaan menggambar tersebut sehingga nantinya anda mampu membuat gambar sesuai dengan kriteria penilaian yang diinginkan. Tes psikotes menggambar sebenarnya dibagi menjadi 2 objek yaitu tes psikotes menggambar orang dan tes psikotes menggambar pohon. Tentunya dua objek gambar yang dibuat memiliki fungsi yang berbeda di dalam mendeklarasikan karakter dan sifat yang dimiliki oleh seseorang tersebut. Namun, kembali lagi ke fungsi dasar dari tes psikotes menggambar, yaitu digunakan untuk memahami karakter yang dimiliki oleh setiap peserta tes psikotes.

Tips tes psikotes menggambar yang pertama adalah anda harus memiliki gambaran dan rancangan secara umum mengenai gambar yang hendak dibuat. Apabila anda hendak menggambar tes psikotes orang maka tentunya anda harus mampu mengimajinasikan gambar orang dalam berbagai macam aktivitas. Ada banyak aktivitas yang bisa diterapkan untuk tes psikotes menggambar, misalnya adalah gambar tes psikotes orang yang sedang melamun . gambar tes psikotes orang yang sedang bekerja di sawah, gambar orang yang sedang mendaki gunung, gambar orang yang sedang berlari dan gambar orang dalam segala macam aktivitas yang lainnya.

Setelah anda bisa mengimajinasikan beberapa aktivitas orang, maka pada langkah selanjutnya adalah anda harus mampu memahami bagian dari masing-masing gambar yang hendak dibuat. Misalnya pada saat anda menggambar tes psikotes pohon, maka anda harus mampu memahami bagian-bagian dari pohon itu sendiri mulai dari batang ape ranting, daun dan juga buahnya.

Setelah anda memahami dua bagian di atas, maka tips tes psikotes yang lain adalah anda bisa mulai belajar bagaimana cara menggoreskan alat gambar diatas kertas. Tentunya, kebiasaan menyalin gambar baik gambar orang maupun gambar pohon akan berdampak positif terhadap hasil akhir dari tes psikotes menggambar tersebut. Untuk itulah sangat diharapkan bagi anda yang ingin mahir di dalam menyelesaikan tes psikotes menggambar untuk selalu rutin berlatih menggambar baik dengan cara menduplikat gambar yang sudah ada ataupun dengan memanfaatkan daya imajinasi sendiri sehingga nantinya membentuk objek gambar baik gambar orang maupun gambar pohon.

Tips tes psikotes menggambar yang lain adalah anda diharapkan hanya membuat gambar sesuai dengan yang dibutuhkan. Bagian-bagian dari masing-masing gambar haruslah spesifik dan bisa anda jabarkan kegunaan dan fungsinya masing-masing. Untuk itulah sangat disarankan untuk menghilangkan garis-garis yang tidak dibutuhkan pada kertas gambar yang terlanjur dibuat.

Itulah beberapa tips tes psikotes menggambar dengan baik yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini. Mudah-mudahan berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih.

Check Also

Menghadapi tes psikotes dengan tenang

Siapapun pastinya akan merasa tidak tenang ketika hendak menghadapi tes psikotes. Perasaan tidak tenang itulah yang kadangkala ...