Home / Wawancara / Tips Wawancara Kerja Di Bank Terbukti Bisa Lolos Ke Tahap Berikutnya

Tips Wawancara Kerja Di Bank Terbukti Bisa Lolos Ke Tahap Berikutnya

Kegiatan interview kerja adalah salah satu proses yang wajib untuk dilewati Pada saat Anda Hendak bekerja pada sebuah perusahaan contohnya adalah Bank. Kadangkala, untuk sebagian orang, interview kerja atau wawancara merupakan sesuatu hal yang cukup menakutkan. Oleh sebab itulah, Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi tips wawancara kerja di bank sebagai bahan Anda supaya Anda memiliki rasa percaya diri untuk mengikuti wawancara kerja tersebut.

Tips Wawancara Kerja Di Bank

Berdasarkan pelaksanaan wawancara nantinya akan bisa menentukan Anda diterima atau tidak pada bank yang anda lamar. Nantinya berbagai macam jenis pertanyaan akan diberikan oleh pihak pewawancara yang bertindak sebagai interviewer. Rata-rata, seorang interviewer berasal dari HRD atau human resources departemen dan mempunyai latar belakang pada sisi psikologis maupun hukum yang memang mampu untuk meneliti perilaku dan sikap manusia.

Pada saat Anda membuat keputusan untuk melamar pekerjaan pada sebuah bank, maka sudah bisa dipastikan anda memiliki kesiapan untuk mengikuti pelaksanaan wawancara kerja tersebut. Bisa dipastikan pula bahwa anda wajib untuk memberikan kesan yang paling baik di mata interviewer.

Tips wawancara kerja yang baik di bank

Pada saat Anda melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan perbankan, sejumlah pertanyaan wajib untuk Anda Jawa. Berikut ini adalah tips wawancara di bank yang harus Anda pahami dan anda ketahui supaya Anda bisa lulus tes wawancara kerja di bank tersebut. Silahkan disimak.

1. Pahamilah produk-produk perbankan

Adapun tips wawancara kerja di bank yang perdana yaitu mengenai produk perbankan. Pertanyaan diatas adalah salah satu jenis pertanyaan yang bersifat umum, di mana sebuah perusahaan bisa dipastikan akan menanyakan kepada setiap kandidat karyawannya, apakah kandidat tersebut benar-benar sudah memahami pekerjaan yang nantinya akan mereka laksanakan.

Baca Juga   Alasan Ingin Bekerja Di Perusahaan, Pertanyaan Yang Kadang Sulit Untuk Dijawab
Rata-rata, bentuk pertanyaan yang sering diajukan adalah sebagai berikut:
  1. Apa sajakah yang menjadi produk dari bank ini?

Pertanyaan di atas sangatlah sering muncul. Bagian Bang pastinya hendak memahami seberapa besar keinginan anda Untuk bisa masuk bekerja pada bank tersebut. Oleh sebab itulah, anda dapat belajar terlebih dahulu seluruh produk yang ada pada bank tersebut, contohnya adalah macam-macam tabungan, hutang, cek, giro beserta produk yang lainnya.

  1. Menurut pendapat anda, apa sajakah kelebihan pada bank ini dibandingkan dengan Bank yang lainnya?

Supaya Anda dapat memberikan Jawaban dari pertanyaan di atas, maka beberapa saat sebelum sesi wawancara dimulai, Anda dapat mengambil brosur maupun browsing terlebih dahulu yang kadangkala memang disediakan pada bank yang anda lamar tersebut. Galilah sejumlah informasi agar anda dapat memperoleh informasi tentang kelebihan pada bank tersebut.

2. Alasan keinginan bekerja pada bank tersebut

Secara umum, pihak bank akan memberikan sejumlah pertanyaan yang sifatnya adalah untuk menjebak, dan pada saat Anda memperoleh pertanyaan yang bersifat menjebak tersebut, anda wajib untuk berhati-hati di dalam memberikan jawabannya. Pertanyaan diatas diberikan hanya untuk memahami sebesar Apa keinginan dari setiap kandidat karyawan untuk bekerja pada bank tersebut. Tujuan lain dari pertanyaan di atas adalah untuk mengukur seberapa besar keinginan dari setiap kandidat karyawan untuk masuk bekerja pada bank tersebut.

3. Apakah ada sesuatu hal yang akan anda tanyakan?

Apabila pihak pewawancara sudah menanyakan hal di atas, maka anda dapat memberikan pertanyaan sesuatu hal yang belum Anda pahami, akan tetapi masih masuk akal. Kesempatan inilah yang cukup tepat untuk anda menanyakan tentang gaji dan sejumlah hal lainnya yang memang belum Anda pahami.

Baca Juga   Contoh Wawancara Singkat Dengan Penjual Sayur

Akan tetapi, ada satu yang wajib untuk diingat, Silakan anda tanyakan dengan memakai bahasa yang benar dan baik, jangan menanyakan dengan memakai kalimat yang salah. Contohnya adalah Anda dapat menanyakan tentang gaji. Apakah imbalan yang nantinya bisa saya peroleh setelah saya mengerjakan kewajiban saya jika saya nantinya diterima bekerja pada bank ini?

Hindarilah untuk menanyakan besarnya gaji dengan menggunakan kalimat ” berapakah nominal gaji yang nantinya saya peroleh?”. Apabila hal tersebut anda lakukan, maka tentunya akan membuat Anda hancur dan kesempatan anda untuk diterima bekerja pada bank tersebut hilang dengan cukup mudah.

4. Apa saja target yang anda miliki apabila diterima bekerja pada bank ini?

Dari seluruh pertanyaan yang diajukan, maka pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang paling penting. Apabila anda salah di dalam memberikan jawaban, maka sangat dimungkinkan Anda tidak akan bisa lolos pada sesi wawancara kerja tersebut.

Oleh sebab itu, usahakan untuk memberikan jawaban yang cukup realistis, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu berlebihan. Contohnya adalah anda akan berusaha semaksimal mungkin guna mengerjakan sejumlah strategi guna mendapatkan penjualan yang paling banyak. Jawaban tersebut sangat cocok apabila bagian yang dilamar adalah pada sisi Sales marketing di bank.

Namun, Bagaimanakah jawabannya jika anda Hendak bekerja pada bank pada bagian administrasi? Berusahalah untuk menyampaikan apabila anda akan mencoba untuk mencari berbagai macam celah kekurangan pada sistem yang telah ada dan akan mencoba melakukan perbaikan. Dan sampaikan pula bahwa anda akan tetap bekerja sama pada tim dengan sebaik-baiknya.

Tentunya, tips wawancara kerja di bank diatas bisa berguna untuk menambah pengetahuan Anda pada saat Anda hendak mengikuti wawancara kerja di bank. Oleh sebab itulah, Diharapkan anda mampu untuk mempelajari beberapa tips wawancara kerja di bank di atas dengan sebaik-baiknya Sehingga anda bisa dengan mudah untuk lolos mengikuti tes wawancara atau interview kerja tersebut. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Baca Juga   Apa Saja Pertanyaan Saat Interview

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Trik Menghadapi Interview Kerja

Trik Menghadapi Interview Kerja Agar Bisa Melewatinya Dengan Mudah

Bisa dikatakan bahwa Wawancara adalah suatu proses yang sangat penting guna memperoleh pekerjaan. Gagal atau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *