Home / Wawancara / Wawancara Dengan Polisi Yang Dapat Dijadikan Inspirasi

Wawancara Dengan Polisi Yang Dapat Dijadikan Inspirasi

Polisi adalah seorang yang bertugas untuk menjaga situasi dan kondisi keamanan. Tentunya, tugas seorang polisi cukuplah berat, terlepas dimana dia bekerja, baik itu sebagai polisi lalu lintas maupun polisi yang ada di kantor. Guna mengetahui salah satu aktivitas yang dilakukan oleh polisi, maka pada kesempatan yang baik ini penulis akan mencoba sharing tentang wawancara dengan polisi.

Wawancara Dengan Polisi

Setelah anda membaca contoh dari wawancara dengan polisi berikut, maka nantinya anda akan memahami lebih jauh tentang kinerja dari seorang polisi sekaligus bisa lebih memahami jerih payah beliau yang setiap harinya memiliki jasa di dalam menjaga berbagai macam kondisi di masyarakat umum.

Wawancara Dengan Polisi

Baiklah, berikut ini adalah contoh dari wawancara dengan polisi silakan. Disimak.

Saya : apakah yang menjadi tujuan bapak bekerja menjadi seorang polisi?

Polisi : adapun tujuan saya bekerja menjadi seorang polisi yang paling perdana yaitu saya ingin mengabdikan diri kepada bangsa dan negara. Selanjutnya, tujuan yang kedua yakni guna mencari pekerjaan.

Saya : kalau boleh tahu, siapakah yang memberikan motivasi kepada bapak untuk bekerja menjadi seorang polisi?

Polisi : tentunya, yang memberikan motivasi paling besar kepada saya untuk bekerja menjadi seorang polisi yaitu kedua orangtua saya.

Saya : di sini, berapakah jumlah polisi yang bekerja bersama bapak?

Polisi : di polsek ini, polisi yang bekerja adalah 24 personil, termasuk di dalamnya adalah polisi lalu lintas dan seluruh unit.

Saya : hal-hal apa sajakah yang bapak sukai pada saat menjadi polisi?

Polisi : hal yang cukup bapak sukai ketika bekerja sebagai polisi yakni ketika melaksanakan tugas, sebab dapat bisa lebih dekat dengan masyarakat, dapat mengerjakan bimbingan kepada masyarakat.

Baca Juga   Tips Agar Lulus Interview Dan Sudah Terbukti Berhasil

Saya : lalu, hal-hal apa sajakah yang tidak dapat sukai pada saat bekerja menjadi polisi?

Polisi : hal yang tidak bapak sukai ketika bekerja menjadi polisi adalah banyaknya masyarakat yang melakukan tindakan pelanggaran hukum.

Saya : apakah sebenarnya cita-cita bapak pada saat masih anak-anak?

Polisi : di saat masih anak-anak, bapak memiliki cita-cita menjadi seorang polisi. Alhamdulillah, cita-cita tersebut bisa terwujud.

Saya : bagaimanakah metode bapak pada saat menghadapi orang-orang yang tidak menyukai seorang polisi?

Polisi : apabila ada orang yang tidak begitu menyukai polisi, langkah awal yang saya lakukan adalah melakukan pendekatan. Selanjutnya, saya akan mencoba melakukan koreksi secara intern supaya kita mengetahui mengapa mereka tidak menyukai profesi sebagai polisi.

Saya : sudah mulai kapankah bapak bekerja di polsek ini?

Polisi : saya sudah bekerja di polsek ini mulai tahun 2013

Saya : apa sajakah yang ingin bapak capai selama bapak bertugas di polsek ini?

Polisi : tentunya adalah keamanan dan ketertiban pada semua bidang, termasuk adalah masyarakat yang dapat tertib, tidak melakukan pelanggaran lalu lintas, serta tidak melakukan pelanggaran terhadap peraturan di semua bidang.

Saya : jenis pelanggaran lalu lintas yang seperti apa yang kerap kali dilakukan di wilayah ini?

Polisi : pelanggaran yang kerap kali dilakukan masyarakat di wilayah ini adalah tidak mengenakan helm dan tidak memiliki surat kendaraan

Saya : apakah yang dijadikan alasan orang yang melakukan pelanggaran itu?

Polisi : yang pertama, mereka memang belum cukup. Yang kedua, mereka tidak mengetahuinya. Dan yang ketika mereka memang sengaja melakukan pelanggaran.

Saya : siapakah yang rata-rata melakukan pelanggaran terhadap peraturan lalu lintas tersebut?

Polisi : yang sering kali melanggar peraturan lalu lintas di wilayah ini adalah anak sekolah. Artinya, pelanggaran yang bisa langsung terlihat mata. Sebab pelanggaran tersebut ada kategorinya, yakni pelanggaran ringan sampai pelanggaran sedang dan pelanggaran berat.

Baca Juga   Contoh Formulir Interview Karyawan Baru

Saya : lalu, bagaimanakah metode yang bapak tempuh untuk mengatasi pelanggaran lalu lintas tersebut?

Polisi : langkah yang pertama yang saya lakukan adalah melakukan sosialisasi. Selanjutnya melakukan pembinaan dan diteruskan dengan proses penegakan hukum.

Saya : jenis hukuman apa yang rata-rata bapak berikan untuk mereka para pelanggar lalu lintas?

Polisi : jika tingkat pelanggaran jaringan, maka kita hanya memberikan teguran saja. Namun, apabila pelanggarannya masuk ke dalam kategori berat, maka kita tentunya melakukan proses penegakan hukum.

Saya : siapakah yang selalu memberikan peringatan kepada bapak ketika bapak melakukan suatu kesalahan?

Polisi : sebagai seorang penegak hukum maka harus profesional. Tentunya kita tidak boleh melakukan kesalahan kesalahan ketika bertugas.

Saya : apakah metode yang telah bapak lakukan supaya masyarakat di wilayah sini tidak melakukan pelanggaran terhadap peraturan lalu lintas?

Polisi : langkahnya yaitu dengan cara melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah, lalu kita melakukan pembinaan lewat program saka bhayangkara.

Saya : siapakah yang memberikan inspirasi kepada bapak?

Polisi : orang yang memberikan inspirasi kepada saya untuk bisa menjadi polisi yaitu saudara yang terlebih dahulu menjadi seorang polisi.

Saya : idola bapak siapa?

Polisi : orang yang menjadi idola saya pertama adalah orang tua saya.

Saya : di manakah bapak menempuh pendidikan formal?

Polisi : pendidikan di sd bapak tempuh di sd lampung tengah. Sementara itu pendidikan smp dan sma ditempuh di paramarta. Selanjutnya bapak pindah ke surabaya. Untuk pendidikan s1 bapak tempuh di metro um, selanjutnya bapak melanjutkan sarjana ekonomi di way jepara.

Saya : pertama kali menjadi polisi, bapak bertugas di mana?

Polisi : pertama kalinya, bapak bertugas di brimob polda lampung, yakni ada di bandar lampung.

Saya : biasanya, di manakah bapak melakukan refreshing bareng dengan keluarga?

Baca Juga   Contoh Wawancara Kerja Paling Banyak Ditanyakan

Polisi : rata-rata, saya bersama keluarga pergi ke berbagai macam tempat wisata, misalnya adalah pantai maupun resort yang telah saya sarankan.

Saya : apakah bapak sudah merencanakan untuk pensiun? Kapan rencananya?

Polisi : pada umumnya, polisi akan diberikan batas umur untuk mengambil pensiun, yakni pada usia 58 tahun sampai dengan 60 tahun.

Saya : apakah rencana bapak setelah pensiun?

Polisi : setelah pensiun, saya akan mencoba untuk kembali ke dalam masyarakat serta berusaha untuk tetap mengabdi kepada nusa dan bangsa.

Demikianlah uraian tentang contoh wawancara dengan seorang polisi yang bisa saya bahas di kesempatan kali ini. Tentunya, setelah anda membaca uraian singkat lewat wawancara di atas, maka anda sudah memahami betapa pentingnya peran dari seorang polisi di masyarakat dan betapa beratnya mereka di dalam mengabdikan diri untuk nusa dan bangsa. Terima kasih dan selamat beraktifitas, semoga sukses.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Melaksanakan kegiatan wawancara di TV atau televisi bisa jadi menjadi hal yang cukup rumit untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *