Cara Jitu Taklukkan Tes Potensi Akademik (TPA)

Cara Jitu Taklukkan Tes Potensi Akademik (TPA) Agar Tidak Menakutkan

Aktivitas perekrutan ketika pendaftaran karyawan ataupun pada saat CPNS barangkali sudah pernah Anda lalui ketika sedang meniti karir. Salah satu tahapan ketika perekrutan adalah pelaksanaan TPA atau tes potensi akademik. Tentu, dibutuhkan cara jitu untuk mengikuti tes potensi akademik supaya tidak menjadi momok yang menakutkan.

Dapat dipastikan, sebelum kandidat diterima bekerja di lembaga pemerintahan atau perusahaan swasta, tes potensi akademik hampir pasti akan dilewatinya. Bahkan, tidak hanya pada proses perekrutan tenaga kerja baru, pendaftaran di dunia pendidikan juga akan menggunakan Tes Potensi Akademik sebagai salah satu metode filterisasi.

Sebagai informasi bahwa Tes Potensi Akademik tidak hanya diberlakukan di negara Indonesia saja, namun juga diterapkan di seluruh dunia titik akan tetapi, di luar negeri istilah tes potensi akademik memiliki nama graduate record examination atau GRE. Metode tes GRE sangat mirip dengan Tes Potensi Akademik yang yang diterapkan di Indonesia.

Terdapat empat bagian penting pada pelaksanaan TPA. Pada setiap bagian juga dijabarkan lagi menjadi di sejumlah kategori pertanyaan yang memiliki perbedaan, yaitu tes logika, tes gambar, tes yang berhubungan dengan angka atau tes numerik dan tes bahasa.

Supaya memperoleh nilai yang tinggi, maka setiap peserta tes harus menjawab pertanyaan sebanyak mungkin. Bahkan, semakin canggih teknologi sekarang ini ini membuat ketersediaan Tes Potensi Akademik bisa diakses secara online.

Tentunya, memperoleh nilai Tes Potensi Akademik yang tertinggi merupakan bentuk perlombaan yang dilakukan oleh calon tenaga kerja maupun calon mahasiswa. Sebab, diterima atau tidaknya seorang kandidat sangat dipengaruhi oleh hasil tes potensi akademik.

Cara Mengikuti Tes Potensi Akademik Dengan Baik

Anda bisa menyimak beberapa cara jitu untuk menaklukkan Tes Potensi Akademik atau TPA supaya bisa memperoleh nilai terbaik titik silakan disimak.

1. Awali Dengan Berdoa Supaya Diberi Kelancaran

Pastikan bahwa kondisi batin Anda benar-benar dalam kondisi sehat, di samping kondisi fisik Anda juga cukup sehat. Metode terbaik untuk mendapatkan kedua hal tersebut yaitu lewat berdoa serta memohon restu kepada kedua orang tua apabila dimungkinkan.

Aktivitas tersebut akan menjadikan Anda menjadi jauh lebih siap untuk berjuang di dalam menyelesaikan soal-soal Tes Potensi Akademik.

Supaya bisa menyelesaikan soal tes potensi akademik dengan baik diperlukan pikiran yang tenang. Pada saat mengerjakan, konsentrasi tidak akan mudah pudar. Oleh sebab itulah, selalu Awali aktifitas Anda dengan berdoa supaya kegiatan mengerjakan tes potensi akademik diberikan kelancaran serta memperoleh nilai yang tinggi.

2. Istirahat Yang Cukup Sebelum Pelaksanaan Tes

Disediakan waktu beberapa jam untuk Anda di dalam mengerjakan ratusan soal tes potensi akademik. Otak Anda akan digunakan secara ekstra dan terus menerus untuk berpikir dalam waktu tersebut. Oleh sebab itu, sebelum hari pelaksanaan harus dipastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan fit dan sehat.

Baca Juga   Cara Lulus Tes Psikotes Paling Efektif

Resiko terkena penyakit juga bisa diminimalisir dengan cara cara mengistirahatkan tubuh dalam waktu yang cukup. Sebagai pelengkap, supaya kondisi tubuh Anda selalu dalam keadaan prima sampai pelaksanaan TPA dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin atau suplemen. Efek positifnya adalah nilai perolehan TPA bisa lebih tinggi.

3. Konsentrasi Pada Kategori Yang Dikerjakan

Untuk memaksimalkan hasil, fokuskan diri Anda pada kategori soal yang dikerjakan. Hal tersebut tentunya sama ketika Anda mengerjakan ujian atau tes secara umum.

Adapun tujuannya supaya konsentrasi Anda tidak pudar yang bisa berakibat kurang baik di dalam pelaksanaan tes potensi akademik. Ketika sedang mengerjakan soal TPA, diwajibkan untuk menghilangkan berbagai macam pikiran dan keresahan yang bisa mengganggu. Berusahalah untuk fokus pada soal tes potensi akademik yang sedang dikerjakan.

Seperti biasa, usahakan untuk mengerjakan soal yang yang paling cepat diselesaikan dan paling mudah. Fungsinya untuk menjaga Anda supaya waktu tidak habis hanya untuk menjawab soal-soal yang sulit ataupun yang membutuhkan proses pengerjaan yang cukup panjang.

4. Teknik Mengerjakan Soal Kategori Numerik Tes Potensi Akademik

Apabila dilihat dari namanya, Tes Potensi Akademik yang masuk ke dalam kategori numerik berkaitan erat dengan rumus matematika dasar dan angka. Kategori tersebut kerap kali dianggap sebagai kategori yang cukup sulit untuk diselesaikan dan kerap kali menjadikan nilai yang diperoleh jelek.

Perlu digarisbawahi, supaya Anda bisa memperoleh nilai Tes Potensi Akademik yang baik, Anda tidaklah harus bersekolah di Jurusan Matematika lebih dulu. Pada dasarnya, soal matematika yang kerap diujikan pada Tes Potensi Akademik kategori numerik masih dalam tingkat dasar. Artinya, soal-soal yang harus Anda kerjakan adalah soal yang kerap kali dikerjakan oleh Anda ketika masih duduk di bangku SD sampai dengan SMA.

Ada beberapa bagian yang wajib Anda persiapkan sebelum Anda mengerjakan soal tes Psikotes kategori numerik. Salah satu contoh yang kerapkali ditemui yaitu metode menghitung cepat.

Pada tes ini, Anda diwajibkan untuk bisa menghitung dengan baik dan juga cepat karena batasan waktu di dalam menyelesaikan soal tes Potensi Akademik tersebut. Ketika Anda bisa mengerjakan soal-soal dengan cukup cepat, maka waktu yang disediakan tidak terbuang secara percuma.

Disamping itu, soal-soal yang masuk ke dalam kategori mudah dan dan cepat dikerjakan untuk diprioritaskan diselesaikan terlebih dahulu. Ketika Anda menyelesaikan soal-soal yang masuk ke dalam kategori mudah dengan cukup cepat, maka nilai tes yang Anda dapatkan tidak akan berkurang.

Baca Juga   Cara Belajar Psikotes Yang Paling Efektif

Teknik yang bisa Anda terapkan pada metode ini adalah membaca secara cepat terlebih dahulu seluruh soal yang tersedia. Selanjutnya, Anda bisa mulai untuk memilih dan mengerjakan soal-soal yang masuk ke dalam kategori mudah.

Bagian yang sangat mempengaruhi keberhasilan di dalam mengerjakan tes Potensi Akademik kategori numerik adalah kemampuan berlogika. Anda tentunya dapat dengan mudah menyelesaikan soal-soal kategori numerik apabila kemampuan logika yang Anda miliki cukup baik.

Untuk itulah, guna memperoleh skor yang tinggi pada pelaksanaan tes ini Anda harus sering berlatih menggunakan pikiran yang logis.

5. Teknik Mengerjakan Soal Kategori Verbal Tes Potensi Akademik

Ketika Anda mengerjakan soal kategori verbal Tes Potensi Akademik, Anda diwajibkan untuk bisa menyelesaikan berbagai macam soal yang berhubungan dengan bahasa.

Rata-rata, soal-soal yang ditanyakan pada ada tes potensi akademik kategori verbal diantaranya adalah sinonim antonim, peribahasa, arti sebuah kata dan lain-lain. Disamping itu, kadangkala ditambahkan pula soal yang berkaitan dengan Bahasa Indonesia.

Kegiatan yang perlu dikerjakan secara rutin agar bisa menyelesaikan Tes Potensi Akademik kategori verbal adalah sering melihat berita atau membaca buku di sela-sela kesibukan. Fungsinya, Anda akan memperoleh cukup banyak kosakata baru serta bisa memahami artinya.

Disamping itu, membiasakan untuk melakukan kegiatan tersebut juga bisa menambah kosakata atau kata-kata baru yang barangkali jarang dipakai di komunikasi sehari-hari.

Efek positifnya adalah meningkatnya kemampuan Anda ketika mengerjakan soal di kategori verbal tes psikotes akademik. Tentunya, akan diikuti dengan naiknya skor yang diperoleh.

Bisa disimpulkan bahwa Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk belajar mengenai soal tes potensi akademik kategori verbal, sebab tes ini juga masuk ke dalam kategori mudah sehingga sangat bisa membantu untuk meningkatkan skor secara keseluruhan.

6. Membiasakan Diri Menggunakan Soal TPA Terupdate Atau Terbaru

Walaupun mempunyai peranan yang sama, yaitu guna mengetahui skill akademik yang dimiliki oleh calon karyawan, TPA juga memiliki beragam tingkat kesulitan. Kondisi tersebut dikarenakan adanya perbedaan penyelenggara tes potensi akademik dan berbeda pula dari sisi tujuan perekrutan.

Oleh sebab itu, persiapkanlah diri Anda semaksimal mungkin, sebab dimungkinkan adanya perbedaan tingkat kesulitan dari pelaksanaan tes potensi akademik.

Misalnya, Ketika Anda mengerjakan soal-soal tes potensi akademik sebagai syarat masuk kuliah pascasarjana tentu memiliki tingkat kesulitan yang berbeda ketika Anda mengerjakan soal-soal tes potensi akademik yang dibuat oleh Bappenas.

Berikutnya, Anda perlu untuk mencari karakteristik dari soal-soal TPA yang kerap kali digunakan oleh pihak penyelenggara. Metode ini tentu bisa berpeluang untuk memberikan kepada Anda nilai minimal yang akan didapat supaya bisa masuk ke dalam kategori lolos seleksi.

Baca Juga   Cara Menjawab Soal Psikotes Biar Nilainya Tambah Baik

Kesimpulannya, wajib bagi Anda untuk selalu mengupdate soal-soal TPA yang terbaru sebagai media untuk latihan mengerjakan soal-soal tes potensi akademik agar bisa sukses melewatinya.

7. Sering Mengikuti Simulasi Tes Potensi Akademik

Peribahasa yang berbunyi proses tidak akan menghianati hasil tentu sangat sesuai dengan fakta yang terjadi. Dengan sering berlatih dan belajar, dimungkinkan Anda dapat memperoleh hasil TPA yang cukup tinggi. Anda akan memperoleh nilai yang tinggi seiring dengan semakin seringnya Anda di dalam berlatih mengerjakan soal TPA

Sebelum mengikuti tes potensi akademik, rata-rata Anda akan diberikan kesempatan beberapa bulan untuk persiapan. Carilah materi-materi yang kerapkali ditanyakan pada pelaksanaan TPA ada di waktu yang sudah disediakan tersebut. Kondisi ini tentu sebagai sebuah harapan keberhasilan Anda memperoleh nilai tertinggi pada pelaksanaan TPA.

Usaha lain yang bisa Anda tempuh adalah dengan membeli buku yang berisi kumpulan tes potensi akademik pada range waktu tertentu beberapa tahun terakhir. Apabila Anda telaten, Anda juga dapat mencari kumpulan soal tes potensi akademik yang bersifat gratis di internet.

Akan tetapi, supaya soal-soal latihan yang Anda gunakan lebih kredibel, membeli buku merupakan salah satu metode yang cukup baik dan tentunya tidak merugikan.

Selanjutnya, Anda juga wajib secara rutin mempelajari berbagai macam bahan belajar yang sudah didapat baik dari buku yang dibeli maupun dari download di internet. Anda juga bisa mencoba berlatih mengerjakan simulasi tes potensi akademik ketika mempunyai waktu luang di akhir pekan.

Tujuan dari hal tersebut supaya Anda bisa membangun strategi pada saat mengerjakan berbagai macam soal yang diberikan dengan efektif. Disamping itu, Anda juga tentunya akan terbiasa dengan jenis soal yang kerap kali ditanyakan ketika pelaksanaan tes TPA.

Tidak kalah pentingnya, dengan sering Berlatih mengerjakan simulasi tes potensi akademik, perasaan gugup di dalam diri Anda bisa dihilangkan. Pada akhirnya, skor yang akan Anda dapat bisa lebih maksimal karena bisa mengerjakan soal dengan teliti dan cermat.

Kesimpulan

Tes potensi akademik memang memiliki peluang yang cukup besar di dalam menentukan diterima atau tidaknya calon karyawan atau calon peserta didik. Dari alasan tersebut menjadikan cukup banyak para peserta tes yang kerap kali merasa gugup.

Permasalahan tersebut bisa diatasi dengan cara memahami berbagai macam soal yang kerapkali ditanyakan pada saat tes potensi akademik dan berlatih mengerjakan sebaik mungkin. Pada akhirnya, Tes Potensi Akademik tidak lagi menjadi sesuatu yang menakutkan. Terima kasih dan tetap semangat meraih cita-cita.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Hal Yang Harus Anda Miliki Ketika Mengikuti Tes Psikotes

5 Hal Yang Harus Anda Miliki Ketika Mengikuti Tes Psikotes

Tes psikotes merupakan salah satu jenis tes yang digunakan pada proses penerimaan karyawan atau pegawai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *